Mengulik Lebih Jauh Prosesor Quad Core Pertama di Dunia Dari Nvidia

22 Jan 2012 14:00 3029 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Di akhir tahun 2011, dunia dikejutkan dengan kemunculan prosesor Quad core *mobile* pertama di dunia yang dibuat oleh Nvidia, yang diklaim memiliki kecepatan super dibandingkan dengan prosesor lainnya.

Di akhir tahun 2011, dunia dikejutkan dengan kemunculan prosesor Quad core mobile pertama di dunia yang dibuat oleh Nvidia. Prosesor Nvidia Tegra 3 yang diklaim memiliki kecepatan super dibandingkan dengan prosesor-prosesor mobile yang ada di pasaran. Prosesor Tegra 3 merupakan sukesor dari prosesor Nvidia Tegra 2 dual core.

Kemunculan super prosesor Quad core mobile pertama ini pun mendapatkan animo yang cukup tinggi dari masyarakat dunia. ASUS, menjadi perusahaan elektronik pertama yang menggunakan jasa prosesor tersebut. Tablet Transformer Prime pun diluncurkan pada bulan Oktober 2011 dengan menggunakan prosesor Nvidia Tegra Quad core 1.3GHz.

Setelah kemunculan tablet dengan prosesor Quad core pertama di dunia, tablet-tablet serupa lainnya pun mulai bermunculan. ASUS pun berniat memproduksi tablet berprosesor Nvidia Tegra 3 dengan harga yang lebih miring, dan hal ini ditandai dengan kemunculan sebuah tablet ASUS MeMo 370T.

Tak hanya itu, selain ASUS HTC pun tidak mau ketinggalan. Pada waktu yang hampir bersamaan dengan pengenalan Transformer Prime oleh ASUS, HTC juga memunculkan sebuah smartphone yang menggunakan prosesor Quad core bernama HTC EDGE. Smartphone ini bahkan menggunakan prosesor dengan clock 2.5GHz!

Lalu seperti apa sebenarnya teknologi yang ada di dalam prosesor Quad core tersebut? Kali ini, Plimbi mencoba untuk memberikan ulasan singkat mengenai prosesor milik Nvidia tersebut.

Prosesor Quad core milik Nvidia ini diklaim dapat memberikan pengalaman yang hampir sama ketika menggunakan sebuah laptop atau desktop PC. Prosesor ini memungkinkan sebuah tablet atau smartphone menjadi *multitasking. Tentunya, tidak sembarang multitasking melainkan ekstrim multitasking. Terlebih, di bagian yang ada di dalam chipset tersebut, Nvidia membubuhkan GPU ultra low power Nvidia GeForce. Berkat GPU tersebut, tablet ASUS Transformer Prime sanggup memainkan video dengan kualitas HD.

Chipset Nvidia Tegra 3 dibangung dengan berdasarkan prosesor Quad core ARM Cortex A9. Selain itu, Tegra 3 juga memiliki L2 cache 1MB dan L1 cache (I/D) (32KB/32KB) per core. Prosesor ini juga mampu mendukung kamera primer hingga 32MP dan kamera sekunder hingga 5MP.

Dibandingkan dengan suksesornya, prosesor Quad core Nvidia Tegra 3 ini memiliki peningkatan kemampuan yang sangat signifikan. Antara lain adalah fitur 3D stereo, mampu menampilkan gambar kualitas 2048x1536 piksel pada layar LCD, serta mendukung memori hingga 2GB. [IB]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel