Cara Menginstall Aplikasi pada HP TouchPad yang Telah Menjadi Tablet Dual Boot

9 Jan 2012 18:30 4829 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika HP Touchpad Anda sudah diubah menjadi tablet dual boot, lakukan tips cara menginstall aplikasi berikut ini, untuk mulai memiliki aplikasi Android di WebOS Anda.

Dalam artikel sebelumnya, Plimbi telah menjelaskan bagaimana mengubah sebuah HP TouchPad dari yang hanya memiliki satu sistem operasi menjadi tablet dual boot ber-OS Android dan webOS. Namun dalam artikel tersebut, tablet itu sama sekali belum memiliki aplikasi Android apapun yang ter-install. Oleh karena itu, kali ini Plimbi melanjutkan untuk memberikan artikel tentang bagaimana cara menginstall aplikasi Android yang tentunya akan Anda perlukan.

Aplikasi pertama yang tentunya Anda butuhkan adalah Android Market yang memberikan akses mengunduh berbagai jenis aplikasi Android untuk tablet dual boot TouchPad milik Anda. Pertama download file dari gApps package for CyanogenMod di sini http://wiki.cyanogenmod.com/wiki/Gapps#Google_Apps yang telah Plimbi sebutkan dalam artikel sebelumnya. Setelah Anda mengunduh file tersebut, jangan mengekstraknya terlebih dahulu, karena Anda harus menghubungkan TouchPad ke komputer dan browse folder 'cminstall' yang sebelumnya juga telah Anda buat. Copy file 'gApps package for CyanogenMod8 yang telah diunduh dan disimpan ke folder tersebut lalu lakukan reboot pada TouchPad.

Ketika 'moboot' muncul, pilih boot 'ClockworkMod' lalu tekan tombol home. Gunakan tombol volume untuk memilih opsi menginstal file zip dari SDcard dan selanjutnya tekan tombol home. Pilih dari SDcard dan arahkan ke folder 'cminstall' serta pilih file 'gapps"zip'. Arahkan kembali ke layar home dan lakukan reboot. Di sini Anda akan membutuhkan pengaturan Android secara mendasar, tapi selanjutnya Anda akan mendapatkan full akses ke Android Market termasuk aplikasi Gmail, Google Maps dan lain-lain.

Selain itu, dalam proses mengubah TouchPad menjadi tablet dual boot, Anda kemungkinan akan menghadapi berbagai permasalahan. Oleh karena itu, sebelum melakukan cara menginstall aplikasi Android ke dalam tablet, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Yang pertama adalah garansi yang diberikan oleh perusahaan akan hangus. Jadi ketika terjadi kerusakan, maka hal itu akan menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Selain itu, Plimbi juga tidak menyarankan kepada Anda untuk menghapus webOS. Di masa mendatang, Anda kemungkinan membutuhkan webOS untuk melakukan update dan berbagai hal yang diperlukan. Jadi sebagai langkah antisipasi, Anda sebaiknya tetap menggunakan webOS.

Terakhir, dengan dalam artikel cara menginstall aplikasi Android ini Plimbi menghadirkan langkah-langkah mengubah TouchPad menjadi tablet dual boot dengan menggunakan software 'cyanogen alpha'. Jadi kemungkinan terdapat beberapa kekurangan yang terdapat pada tablet tersebut. Meskipun begitu beberapa fitur seperti WiFi, touchscreen dan lain-lain akan tetap ada. [IB]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel