Komponen Internet Penting beserta Fungsinya yang Perlu Anda Ketahui

13 Dec 2011 13:00 6349 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang memiliki berbagai macam ukuran jaringan komputer di seluruh dunia. Untuk sebuah PC, ukuran jaringan mulai dari jaringan-jaringan lokal berskala kecil, kelas menengah hingga jaringan utama yang menjadi tulang punggung internet. Untuk itulah setiap pemakai setiap jaringan bisa saling mengakses semua layanan yang disediakan oleh jaringan lainnya.

Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang memiliki berbagai macam ukuran jaringan komputer di seluruh dunia. Untuk sebuah PC, ukuran jaringan mulai dari jaringan-jaringan lokal berskala kecil, kelas menengah hingga jaringan utama yang menjadi tulang punggung internet.

Untuk itulah setiap pemakai setiap jaringan bisa saling mengakses semua layanan yang disediakan oleh jaringan lainnya.

Beberapa komponen internet yang perlu Anda ketahui dan kenali di antaranya adalah sebagai berikut:

Email (Electronic Mail) Email merupakan komponen internet utama yang paling banyak digunakan dalam bidang komunikasi dan informasi saat ini, bukan hanya di internet saja namun juga di Outernet (jaringan di luar internet).

Mayoritas pemakai jaringan di seluruh dunia hampir memiliki alamat *email*, dan *email* tidak hanya terbatas digunakan untuk bertukar informasi di wilayah jaringan internet dan outernet saja , tetapi juga bias dijadijan sarana pendukung untuk mengakses berbagai macam komponen internet seperti layanan Gopher, WAIS, WWW, Arhie dan sebagainya. Melalui layanan *email*, sebagai pemakai internet dan outernet Anda juga bisa membentuk semacam forum diskusi yang bisa diakses khusus melalui *email* yang disebut sebagai *Internet Discussion Lists*.

Saat ini, terdapat lima program *mail server* populer yaitu Listserv (sering juga disebut Bitnet Listserv), Listproc (Unix ListProcessor), Mailbase, Mailserv, dan Marjodomo. Kelima *mail server* ini masing-masing memiliki *mailing list* sendiri dengan jumlahnya yang fantastis hingga mencapai ribuan member karena tiap *mailing list* memungkinkan setiap orang membahas satu topik tertentu.

**Telnet** Telnet merupakan suatu program aplikasi komunikasi interaktif dua arah yang berbasiskan protocol TCP/IP, program ini digunakan untuk mengemulasi terminal ke *remote* komputer dari lokal komputer atau terminal server.

Biasanya, ketika Anda akan *login*, Anda harus mengisi identitas seperti *username* dan *password*. Jika apa yang Anda isikan benar dan sesuai maka *remote* computer akan membawa Anda masuk ke dalamnya di mana Anda dapat melakukan berbagai aktivitas dengan kebijakan yang telah dibuat oleh sistem administrator yang berupa mesin komputer.

Telnet juga bisa mengakses layanan seperti halnya pada email (WAIS, Archie, Gopher dan WWW), di mana perintah penulisan di dalam Telnet disebut sebagai *Telnet hostname* atau *Telnet hostaddress*. Hostname merupakan nama DNS sedangkan *hostaddress* merupakan alamat internetnya *(IP address)*. **Intranet** Intranet samar-samar seperti terdengar sama dengan istilah internet, tetapi memiliki pengertian yang berbeda tentunya. Intranet merupakan jaringan komputer yang menggunakan teknologi internet dalam sebuah perusahaan sehingga membentuk suatu lingkungan yang sama seperti internet tetapi memiliki sifat yang lebih privat bagi perusahaan yang bersangkutan. Terkadang, intranet juga sering dihubungkan dengan jaringan internet, yaitu dengan dilengkapinya *firewall* yang merupakan program pada komuter di mana memiliki jabatan sebagai server untuk mencegah akses intranet dari internet. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk mengakses internet di dalam intranet.

**Extranet** Jika ada intranet, berarti ada pula Extranet, komponen internet yang satu ini merupakan sebuah jaringan privat yang menggunakan teknologi internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membentuk hubungan yang aman antara pemasok, vendor, mitra kerja, pelanggan dan pihak bisnis lainnya dalam rangka mendukung operasi bisnis atau pengaksesan informasi bisnis.

Penggunaan Extranet sering dilakukan untuk hal-hal di bawah ini:

- Pertukaran data menggunakan EDI *(Electronic Data Interchange)* dengan volume yang besar, - Berbagi katalog produk dengan pedagang,

- Kerja sama dengan perusahaan lain dalam usaha pengembangan dengan sistem patungan,

- Menyediakan layanan dari sebuah perusahaan terhadap perusahaan lain dalam grupnya,

- Berbagi informasi yang ditujukan secara khusus untuk perusahaan-perusahaan dalam jaringan mitra kerjanya. **Shell** Shell merupakan suatu jenis layanan yang menggunakan perintah-perintah dalam OS Unix.

Perintah-perintah tersebut biasanya berupa *finger*, *who*,* talk*, *ping*, *mail* dan telnet yang sering digunakan sebagai layanan dalam internet.

**File Transfer Protocol (FTP)** FTP merupakan suatu program aplikasi yang merealisasikan konsep *client server*, fungsinya untuk memindahkan *file* antar *host* atau *host* yang memakai protocol TCP sebagai *transport* protocol-nya di internet.

Di sini, FTP menyajikan suasana interaktif antara *client* dengan server di mana memungkinkan *client* untuk mengalokasikan *file* yang diinginkan. **FTPMail** FTPMail dikembangkan oleh Paul Vixie, komponen internet yang satu ini merupakan salah satu utilitas yang memungkinkan file di FTP *server* bisa diakses oleh pemakai internet, melalui *email*. **Archie** Archie merupakan suatu layanan yang akan membantu Anda untuk mengalokasikan *file* dan direktori pada semua FTP *server* melalui *account anonymous* FTP.

Setiap bulannya Archie akan menjalankan program yang mengharuskannya mendata ulang semua *file* dan direktori pada setiap FTP *server* yang telah terdaftar, lalu mengeluarkan sebuah *list* lengkap yang berisi data *file* dan direktori dari FTP server yang bersangkutan.

**World Wide Web (WWW)** World Wide Web merupakan sistem pengaksesan informasi yang paling popular dalam internet. Komponen internet WWW ini juga biasanya disebut sebagai istilah Web, kerena WWW menggunakan protocol yang disebut HTTP *(Hypertext Transfer Protocol)*.

Informasi yang tersemat dalamsebuah Web disebut sebagai *Web page*, di mana berfungsi untuk mengaskses halaman web dari browser.

Dan biasanya Anda harus menyebutkan URL *(Uniform Resource Locator)* untuk bisa mengakses halaman web terbut. [MG]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel