Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi: Masa Modern (Part 2)

7 Dec 2011 15:00 14252 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada masa modern secara umum mungkin Anda sendiri sudah mengetahuinya dan bisa membayangkannya sudah seperti apa. Karena semuanya ada di dalam kehidupan Anda sendiri.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada masa modern secara umum mungkin Anda sendiri sudah mengetahuinya dan bisa membayangkannya sudah seperti apa. Karena semuanya ada di dalam kehidupan Anda sendiri.

Bukti adanya perkembangan teknologi contohnya adalah, dari yang asalnya sebuah mesin tik kini berkembang menjadi sebuah komputer yang bermacam-macam jenisnya, ada komputer PC, laptop, Netbook dan lain sebagainya.

Perkembangan teknologi tersebut tentu saja tidak lepas dari peran seseorang yang berkecimpung di dalam dunia teknologi itu sendiri. Untuk mengetahui siapa saja dan apa saja yang menjadi peran penting terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, tergambar dalam sebuah tabel di bawah ini.

Periode Jenis Perkembangan Teknologi
1455 Johan Gutenberg mengembangkan mesin cetak untuk yang pertama kalinya dengan menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi yang biss diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.
1729 Stephen Gray yang berhasil mengirimkan sinyal listrik melalui kabel.
1830 Agusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia yang bekerjasama dengan Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya yang didesain mampu menyimpan data, mengolah data dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital, yaitu 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC 1 dibentuk.
1837 Samuel Finley Breese Morse (peneliti Amerika) menemukan telegraph /telegraf yang pertama dan mengembangkan telegraph/telegraf dengan kode morse bersama ilmuwan dari Inggris Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone.
1861 Gambar bergerak yang diproyeksi kedalam sebuah layar pertama kali digunakan sebagai cikal bakal film sekarang.
1876 Alexander Graham Bell berhasil mengirimkan suara pertamanya melalui telepon di mana Melvyl Dewey mengembangkan sistem penulisan desimal.
1877 Alexander Graham Bell mengembangkan telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum dengan mendirikan perusahaan Bell Telephone Company, lalu kemampuan fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edweard Maybridge.
1879 Sistem pemanggilan telepon mulai menggunakan nomor,menggantikan sistem pemanggilan nama.
1891 Nikola Tesia, seorang penemu Amerika dari Austria-Hungaria mengumpulkan kumpulan Telsa, sebuah transformer frekuensi tinggi sebagai komponen vital pemancar radio.
1895 Guglieimo Marconi, penemu Italia yang mengkombinasikan ide-ide sulit dengan idenya sendiri sehingga mampu mengirimkan sinyal komunikasi radio pertama melalui udara. Dia menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal-sinyal kode telegraf pada jarak lebih dari 1 mil.
1897
  1. Ferdinand Braun (fisikawan Jerman) mengembangkan sebuah tabung katoda sinar-x (Cathode Ray Tube-CRT) yang digunakan untuk membuat gambar televisi pada tahun 1907.
  2. Tahun 1923, Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama.
  3. Tahun 1927, film-film disertai suara mulai dihasilkan.
  4. Tahun 1936, di London telah dilakukan siaran televisi pertama dalam format hitam putih.
1899 Dipergunakannya sistem penyimpanan dalam tape (pita) magnetik yang pertama.
1933-1936
  1. 1933, Edwin Howard Armstrong memperkenalkan sistem radio FM (frequency modulation yang memiliki kelebihan yaitu dapat memberikan suara yang lebih jernih meskipun cuaca sedang buruk, seperti adanya hujan dan badai.
  2. 1936, terciptanya komputer pertama di dunia dengan nama Z1 telah diciptakan oleh Konrad Zuse.
1938
  1. George Valensi mulai memberi gagasan awal untuk membuat siaran televisi berwarna, karena merasa tampilan televisi hitam putih kurang bagus.
  2. Tahun 1953 siaran berwarna secara resmi tiba di Amerika Serikat, tepatnyapada tanggal 7 Desember 1953.
1945 Vannevar Bush mengembangkan system pengkodean menggunakan Hypertext.
1946 ENIAC 1 dikembangkan,sebagai komputer digital pertama di dunia.
1948 Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan Transiator.
1957 USSR (Rusia) meluncurkan sputnik sebagai satelit bumi buatan yang pertama yang bertugas sebagai mata-mata. Sebagai balasannya Amerika membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) di bawah kewenangan departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam bidang Militer.
1958 Telegraph/telegraf kabel bawah laut pertama kali di bawah laut Samudra Atlantik.
1962
  1. Rand Paul Barand dari perusahaan RAND, ditugaskan untuk mengembangkan suatu sistem jaringan desentralisasi yang mampu mengendalikan sistem pemboman dan peluncuran peluru kendali dalam perang nuklir.
  1. Telstar, satelit komunikasi pertama yang dikirimkan ke orbitnya pada tanggal 10 Juli 1962 yang merupakan hasil kolaborasi NASA dengan Bell system. Telstar kemudian digunakan untuk melayani telepon jarak jauh.
1969 Sistem jaringan yang pertama dibentuk dengan menghubungkan 4 nodes (titik) antara University of California, SRI (Stanford), University California of Santa Barbara dan University of Utah dengan kekuatan 50 Kbps.
1970-1972
  1. 1971, Diciptakannya Disket pertama di dunia.
  2. 1972, Ray Tomlison menciptakan program email yang pertama.
1973-1990
  1. Diperkenalkannya istilah INTERNET
  2. Dilakukannya pengembangan sebuah mengenai TCP/IP
  3. Dilakukannya pengembangan sebuah protokol jaringan yang dikenal dengan nama TCP/IP oleh grup dari DARPA.
  4. 1980, Perusahaan Sony, Jepang membuat Walkman pertama di dunia.
  5. 1981, National Science Foundation mengembangkan backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan.
  6. 1985, Ditemukannya cakram penyimpan data (CD).
  7. 1986, IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi se4bagai alat koordinasi di antara DARPA, ARPANET, DDN dan Internet Gateway.
1991-skrg
  1. 1992 diperkenalkannya istilah World Wide Web (WWW) oleh CERN.
  2. 1993, NSF membentuk Inter NIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh ATT), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc.) dan jasa informasi oleh General Atomics/CERnet.
  3. 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone.
  4. 1999, Munculnya raksasa mesin pencari informasi secara gratis di dunia yaitu Google.com

untuk mengetahui bagaimana perkembangan teknologi sebelum masa modern, Anda bisa membacanya di sini

[MG]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel