Berbagai Cara Mencegah Penipuan Online (part-2)

18 Nov 2011 15:00 4697 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pada artikel sebelumnya, Plimbi telah memberikan tips untuk mencegah terjadinya penipuan yang dilakukan secara *online* yang sering terjadi akhir-akhir ini. Pada artikel ini, Plimbi akan memaparkan kelanjutan dari artikel tersebut.

Pada artikel sebelumnya, Plimbi telah memberikan tips untuk mencegah terjadinya penipuan yang dilakukan secara online yang sering terjadi akhir-akhir ini. Pada artikel ini, Plimbi akan memaparkan kelanjutan dari artikel tersebut.

Selalu update software Anti Malware

Meskipun virus dan trojan saat ini sudah tidak menjadi headline dan selalu bertambah setiap hari seperti dulu, bukan berarti Anda tidak perlu memiliki software anti malware yang terinstal pada sistem Anda. Sebaiknya, Anda selalu melakukan update karena software anti-malware yang out of date tidak akan berguna dalam upaya untuk mencegah penipuan online.

Selalu gunakan HTTPS sebisa mungkin

Plimbi sudah beberapa kali menekankan untuk penggunaan HTTPS ini, dan tidak akan pernah bosan untuk memberitahukan kembali karena begitu pentingnya hal ini dalam upaya mencegah penipuan online. Tidak semua situs menggunakan HTTPS sebagai default, untuk itu Anda bisa mengetikkannya secara manual seperti https:// sebelum nama situs yang Anda tuju.

Gunakan password yang kuat dan aman, serta berbeda untuk masing-masing situs

Kategori apa yang paling umum digunakan untuk password? Ya, tanggal lahir. Kategori tanggal lahir meupakan kategori yang paling rentan digunakan sebagai password. Selain sangat mudah untuk mendapatkan informasi tanggal lahir seseorang di internet, ia juga sangat pendek untuk memenuhi kriteria sebagai password yang kuat dan aman. Maka, gunakanlah abjad, angka, caps dan spesial karakter jika hal itu memang memungkinkan untuk menciptakan password yang kuat dan aman.

Berbeda kasusnya jika Anda telah menggunakan password yang kuat dan aman tetapi digunakan pada semua akun online Anda, hal ini sama saja bohong, karena bisa jadi salah satu situs memiliki sistem keamanan yang lemah di mata hacker. Dan dari satu situs lemah tersebut itulah, akun Anda yang lain akan sia-sia untuk mencegah penipuan online.

Skeptis, hati-hati dan mencari informasi

Sikap skeptis mungkin merupakan sikap yang negatif. Tetapi dalam konteks mencegah penipuan online, sikap skeptis adalah hal yang diperlukan. Ketidakpercayaan /kecurigaan akan mengarahkan Anda untuk lebih berhati-hati dan kemudian mencari informasi lebih lanjut. Ketiga hal ini sangat penting dalam mencegah penipuan online.

Mungkin memang tidak nyaman untuk menelepon sebuah perusahaan hanya untuk sekedar menanyakan konfirmasi email yang mereka kirim mengenai kartu kredit Anda, dan menanyakan dengan jelas untuk apa mereka membutuhkannya. Tetapi hal ini sangat diperlukan demi sebuah keamanan, siapa tahu sang pengirim adalah mantan karyawan IT perusahaan tersebut yang ingin memperoleh keuntungan dari pengetahuannya tentang seluk-beluk perusahaan dimana ia pernah bekerja saat itu. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel