Siri dan Masa Depan Artificial Intelligence

17 Nov 2011 11:00 3953 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Siri adalah aplikasi *smart voice recognition* dengan kemampuan untuk menjawab berbagai macam pertanyaan dari pengguna iPhone secara intuitif. Tetapi Siri lebih dari hanya itu, dilihat sebagai sebuah robot dan **Artificial Intelligence** (AI).

Siri adalah aplikasi smart voice recognition dengan kemampuan untuk menjawab berbagai macam pertanyaan dari pengguna iPhone secara intuitif. Tetapi Siri lebih dari hanya itu, dilihat sebagai sebuah robot dan Artificial Intelligence (AI).

Selama hampir seribu tahun, banyak orang memimpikan untuk menciptakan sesuatu yang bisa didefinisikan mirip manusia, atau lebih sering disebut Artificial Intelligence. Mulai dari patung Mesir hingga Frankenstein dan berbagai macam robot di era 50an. Sementara robot yang bisa berbicara sudah banyak dan dengan mudah diciptakan, robot yang bisa mendengar dan mengerti apa yang kita bicarakan masih belum ditemukan, hingga Siri datang.

Sebuah produk bernama Elektro "Westinghouse's Moto Man" mewakili keinginan manusia untuk menciptakan Artificial Intelligence "duplikat manusia". Elektro adalah sebuah robot yang dipamerkan pada World Fair 1939, dan bisa dikatakan versi jadul dari kemampuan Siri sekarang.

 

1939 ELEKTRO the Smoking Robot!!! New York World's Fair

 

Beberapa tahun kemudian hadir produk Hughes Aircraft Mobot Mark II. Mobot memiliki bentuk yang jauh dari bentuk manusia, namun kemampuan yang lebih canggih daripada Electro.

Kejeniusan Siri adalah menggabungkan jenis baru dari "information bot" (Bot adalah program komputer yang khusus dibuat untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu dan otomatis) dan tipe lama "human-helper bot". Daripada menyematkan Siri pada Artificial Intelligence robot berbentuk manusia, Apple menerapkannya pada sebuah smartphone dengan konsep sekertaris atau asisten pribadi. Untuk melakukannya, Apple memberikan Siri suara dan satu set keterampilan yang tampaknya dirancang untuk membuat semua orang merasa mengerti semuanya dan bisa melakukan segalanya. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Telepathic

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel