Cara Setting GPRS Telkomsel untuk SimPATI dan KartuHALO

18 Oct 2011 14:00 35351 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sebagai provider seluler pertama di Indonesia, Telkomsel selalu berusaha untuk memudahkan para penggunanya untuk berkomunikasi dengan orang lain. Bagi Anda yang suka berbagi informasi melalui dunia maya via ponsel pastinya mengingikan sebuah koneksi GPRS yang baik. Berikut ini adalah cara untuk mensetting GPRS secara manual untuk operator Telkomsel.

Sebagai provider seluler pertama di Indonesia, Telkomsel selalu berusaha untuk memudahkan para penggunanya untuk berkomunikasi dengan orang lain. Bagi Anda yang suka berbagi informasi melalui dunia maya via ponsel pastinya mengingikan sebuah koneksi GPRS yang baik.

Beli Anda baru membeli SIM card Telkomsel (SimPATI dan kartuHALO hal yang akan Anda lakukan setelah melakukan registrasi & kartu adalah melakukan setting GPRS Telkomsel di ponsel Anda. Berikut ini Plimbi akan membantu Anda melakukan setting GPRS telkomsel baik untuk kartu simPATI maupun kartuHALO.

SimPATI

Sebelum melakukan setting GPRS Telkomsel sebaiknya Anda memastikan kartu simPATI Anda memiliki pulsa minimum 500 rupiah. Selanjutnya Anda harus melakukan registrasi sebagai pelanggan GPRS melalui SMS dengan format GPRSnomor kartu, contohnya GPRS 6210012345678 dan kirimkan ke nomor 6616. SMS ini akan dikenakan biaya Rp 350/SMS. Nomor kartu yang dimaksud adalah nomor ICCID (Integrated Circuit Card Identification) yang terdapat di belakang chip kartu simPATI dan terdiri dari 16 digit.

Berikutnya Anda mendapatkan SMS balasan yang memberitahukan bahwa proses aktivasi akan dilakukan dalam jangka waktu maksimal 48 jam. Jika proses aktivasi belum berhasil, Anda bisa melakukan setting GPRS Telkomsel pada ponsel Anda secara manual dengan membuka menu Connection Setting dan mengisi beberapa parameter settingan berikut ini:

Connection Name : APN Telkomsel
Data Bearer : GPRS
Acces Point Name (APN) : Telkomsel
Username : WAP
Prompt Password : No
Password : WAP123
Authentication : Normal
Homepage : http://wap.telkomsel.com
WAP Gateway : 10.1.89.130
Port : 9201 (Standart), 8000 (Proxy)

Kini setting GPRS Telkomsel untuk artu simPATI Anda telah selesai. Untuk menggunakan layanan GPRS pastikan Anda berada di wilayah yang memiliki layanan GPRS dan pastikan setting ponsel Anda menggunakan APN Telkomsel.

KartuHALO

Untuk melakukan setting GPRS Telkomsel untuk kartuHALO, Anda harus mendaftar sebagai pelanggan GPRS. Cara mendaftar GPRS untuk kartuHALO ada beberapa cara yaitu melakukan pendaftaran langsung di GraPARI, menghubungi layanan bebas pulsa atau customer service di nomor 111, atau mendaftar melalui SMS.

Untuk mendaftar melalui SMS Anda cukup mengetik pesan dengan format GPRS dan kirim ke 6616. Pesan ini dikenakan tarif sebesar Rp 250/SMS. Selanjutnya Anda akan mendapat SMS balasan yang memberitahukan bahwa proses aktivasi GPRS akan dilakukan dalam jangka waktu maksimal 48 jam. Bila proses aktivasi telah berhasil dilakukan maka Anda akan mendapat SMS notifikasi melalui SMS dari nomor 6616.

Langkah berikutnya untuk melakukan setting GPRS Telkomsel untuk kartuHALO Anda jika aktivasi melalui SMS gagal adalah dengan melakukan setting secara manual. Caranya bukalah menu Connection Setting dan isilah beberapa kolom dengan parameter berikut ini:

Connection Name : APN Telkomsel
Data Bearer : GPRS
Acces Point Name (APN) : Telkomsel
Username : WAP
Prompt Password : No
Password : WAP123
Authentication : Normal
Homepage : http://wap.telkomsel.com
WAP Gateway : 10.1.89.130
Port : 9201 (Standart), 8000 (Proxy)

Kini setting GPRS Telkomsel untuk kartuHALO telah berhasil Anda lakukan. Untuk menggunakan layanan GPRS pastikan Anda berada di wilayah layanan GPRS dan setting ponsel APN Anda adalah Telkomsel.

Lalu, bagaimana cara men-setting GPRS untuk operator lainnya seperti XL, Indosat, Axis, dan 3 (tri)? Tunggu review dari Plimbi pada artikel mendatang. EK

 

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel