Layar Terlalu Terang & Audio Terlalu Keras? Gunakan Program Windows Ini

29 Jan 2013 08:00 3381 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pernahkah Anda berpikir jika *scroll wheel* pada mouse dapat melakukan hal lain selain *scroll* pada suatu laman? Ya, Anda dapat memaksimalkan penggunaan mouse dengan program Windows bernama Volumouse.

Mouse adalah bagian penting dari komputer. Mudah digunakan dan sebagai navigasi merupakan hal yang bisa kita dapatkan dari mouse. Walaupun telah muncul trackpad pada laptop, tidak dapat mengurangi kegunaan dari mouse itu sendiri. Untuk melakukan scroll, mouse adalah rajanya. Namun, benarkah mouse dapat melakukan segala hal? Lalu apa sebenarnya kegunaan mouse? Untuk kebanyakan pengguna, mouse dapat digunakan untuk scroll pada laman web atau document, bisa juga digunakan untuk zoom in dan zoom out.

Itu adalah hal-hal yang biasa dilakukan oleh mouse ketika Anda sedang melakukan kegiatan menggunakan komputer. Namun, pernahkah Anda berpikir jika scroll wheel pada mouse dapat melakukan hal lain selain scroll pada suatu laman? Ya, Anda dapat memaksimalkan penggunaan mouse dengan program Windows bernama Volumouse.

Ide dasar dibalik Volumouse cukup sederhana, yaitu memanfaatkan mouse wheel saat menekan tombol keyboard atau tombol mouse, dan fungsi lain akan muncul. Ini sebenarnya bukan merupakan konsep yang baru, seperti yang biasa terjadi, menekan dan tahan tombol Ctrl atau Shift diikuti dengan scrool pada mouse adalah sesuatu yang umum dilakukan oleh beberapa program Windows lainnya yang biasnya juga akan merespon fungsi seperti zoom in dan zoom out atau mengganti ukuran huruf pada suatu program. Pada Desktop, Anda juga dapat melakukan hal tersebut, serta sering diaplikasikan oleh beberapa pengguna komputer. Tetap, Volumouse di sini menempatkan dirinya pada konsep yang tepat dan logis, membawa Anda untuk memanfaatkan tombol diikuti scroll mouse dengan pengaturan yang penting pada perubahan system setting.

Dalam tampilan pengaturan Volumouse, Anda akan diperlihatkan sesuatu yang tidak terlalu indah, namun rapi dan fungsional. Bagian dari laman akan digunakan sebagai daftar dengan kolom yang terbagi-bagi. Setiap baris pada daftar dibuat sebagai aturan dari Volumouse. Kolom pertama digunakan sebagai konfigurasi utama yaitu sebagai aktifasi pengaturan, tentang apa yang bisa Anda lakukan dalam memanfaatkan scroll mouse. Ada banyak opsi didalamnya, dan Anda dapat memanfaatkan fungsi-fungsi itu.

Dengan banyaknya opsi tersebut, tidak akan muat dalam satu layar. Tetapi, porsi yang Anda lihat akan memberikan satu ide, dan Anda akan diberikan kemudahan dalam menggunakan scroll mouse ketika menekan tombol seperti Ctrl, Shift, Alt, atau mungkin tombol spesifik lainnya. Program Windows ini juga dapat melihat laman secara spesifik, ketika Anda membuka suatu program dalam komputer Anda. Dalam aturan Volumouse, terdapat komponen yang bisa Anda kontrol diantaranya Speaker, Headphone, Styereo Mix, Screen Brightness, dan masih banyak kontrol lainnya.

Secara mendasar, ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh program ini. Dengan daftar bervariasi sistem yang salah satunya berkenaan dengan audio, mengontrol via Volumouse akan menjadikannya lebih mudah. Selain sebagai kontrol audio, Volumouse memiliki keunggulan fitur lain di antaranya:

  • Windows transparency: item ini akan membawa Anda untuk menghilangkan tampilan Windows secara perlahan-lahan, dengan hanya menekan tombol dan scroll mouse. Ingin melihat apa yang ada di balik laman yang sedang Anda gunaka? Transparasikan tampilan dengan menggunakan fitur ini.

  • Screen brightness: Ini adalah satu fitur yang akan sangat bermanfaat ketika kita sering berkegiatan menggunakan komputer. Untuk pengguna laptop, mungkin fungsi ini tidak akan terlalu berguna karena kebanyakan laptop memiliki tombol pintas juga untuk hal ini. Namun, bagi Anda yang menggunakan komputer desktop, mengatur brightness dapat Anda lakukan dengan mudah, terutama jika malam hari. Ini adalah salah satu fitur yang menakjubkan, untuk mengatur pencahayaan ketika Anda bekerja pada ruangan yang gelap atau saat malam hari, agarsesuai dengan kemampuan mata Anda dalam menangkap cahaya.

  • Send Hot Keys: Ini mungkin merupakan fitur yang unik dari Volumouse. Anda dapat berinteraksi dengan berbagai program pada sistem, dan ini akan benar-benar dikontrol oleh Anda sendiri.

Volumouse adalah software dengan user interface yang sederhana, namun memiliki manfaat yang besar, dan dapat membantu pekerjaan kita pada komputer dengan baik. Dengan fungsi yang berkualitas, ini adalah software yang baik digunakan pada sistem Anda. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel