Cortado Workplace - Cara Print File Langsung dari BlackBerry

7 Sep 2011 14:01 6936 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mungkin, setelah membaca artikel Paseban beberapa waktu lalu mengenai print file dari iPhone dan Android, Anda bertanya-tanya bisakah BlackBerry lama milik Anda melakukan hal tersebut? Meskipun BlackBerry adalah varian lain dari smartphone, maka jawabannya adalah bisa!

Mungkin, setelah membaca artikel Plimbi beberapa waktu lalu mengenai print file dari iPhone dan Android, Anda bertanya-tanya bisakah BlackBerry lama milik Anda melakukan hal tersebut? Meskipun BlackBerry adalah varian lain dari smartphone, maka jawabannya adalah bisa!

Untuk print langsung dari BlackBerry, Paseban menggunakan aplikasi tambahan bernama Cortado Workplace. Sedikit berbeda dengan cara print langsung dari iPhone atau Android, print langsung dari BlackBerry menggunakan Cortado Workplace memanfaatkan teknologi cloud bernama cloud printing.

Berikut langkah-langkah cara print file menggunakan Cortado Workplace pada BlackBerry Anda:

-. Download dan install Cortado Workplace di perangkat BlackBerry Anda. Aplikasi gratis ini bisa Anda temukan di BlackBerry App World.

-. Pertama Anda membuka aplikasi, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email Anda sebagai syarat registrasi. Setelah registrasi sukses, dengan otomatis Anda akan mendapatkan media penyimpanan online sebesar 2GB.

-. Pada aplikasi Cortado Workplace, semua file Anda akan tersimpan pada "Workplace -> myDocuments".

-. Setelah Anda memindahkan file yang ingin Anda print pada folder 'myDocuments', pilih 'Prints -> Bluetooth Printers/WiFi Printers'. Apabila Anda menggunakan Bluetooth Printers, pilihan printer yang tersedia akan langsung muncul berbentuk list, tetapi bila Anda menggunakan WiFi Printers, Anda harus memasukkan IP address dari jaringan WiFi yang Anda gunakan.

Selain fungsi print, Cortado Workplace juga memiliki fitur menarik lain seperti mengirim fax, dan export file menjadi PDF atau ZIP. Sayangnya, untuk menggunakan fitur ini Anda harus upgrade ke versi premium yang mana membutuhkan biaya sekitar $1.99 hingga $7.19.

Kelebihan lain Cortado Workplace adalah mendukung platform iPhone dan iPad, Android serta Symbian, di mana hanya dengan satu akun Anda bisa mengakses media penyimpanan cloud milik Anda dari berbagai mobile platform dan juga dari browser internet di PC. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel