Pengertian Construct dan Destruct pada OOP PHP

19 Aug 2019 13:00 5999 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Method yang tidak kalah pentingnya di pemrograman berorientasi pada object.

Pengertian construct dan destruct pada OOP PHP

Masih pada artikel yang membahas tentang OOP pada PHP. Pada artikel kali ini kita kan membahas method yang tidak kalah pentingnya di pemrograman berorientasi pada object, yaitu method construct dan destruct. Apa sih method construct dan destruct itu? Jawabannya akan kita bahas pada artikel kali ini mengenai pengertian construct dan destruct pada OOP PHP. Selain itu kita juga akan membahas tentang pengenalan dan cara penggunaan method construct dan destruct. Yuk simak artikelnya!

Construct dan destruct adalah 2 method yang akan dijalankan secara otomatis. Perbedaannya yaitu construct akan dipanggil ketika objek baru saja dibuat, sedangkan destruct baru akan dijalankan ketika object telah selesai dijalankan.

 

Pengertian Construct

Construct atau konstruktor adalah sebuah method khusus yang dijalankan pertama  kali  secara otomatis pada saat sebuah objek dibuat, yaitu ketika perintah “new” dijalankan. Jadi apabila kita menjalankan atau menginstansi sebuah class, maka jika terdapat method atau function construct maka yang pertama kali dijalankan adalah method construct ini.

Construct ini biasa digunakan untuk membuat proses awal dalam mempersiapkan objek, seperti memberi nilai awal kepada property, memanggil method internal dan beberapa proses lainnya yang digunakan untuk mempersiapkan objek.

Construct juga bisa digunakan sebagai proses awal yang akan selalu dijalankan, seperti koneksi ke database. Sedangkan destruct bisa kita gunakan untuk memutus koneksi tersebut atau hal yang lainnya yaitu ketika objek telah selesai dijalankan.

Dalam PHP, construct dibuat menggunakan method _construct(). Cara penulisannya yaitu diawali dengan syntax function lalu diikuti dengan _construct.

Contoh penulisannya:

 

Perlu kita ketahui, kita tidak perlu lagi memanggil fungsi construct pada saat instansi, hal ini karena construct dan destruct akan dijakankan secara otomatis jika classnya yang diinstansi.

Contoh penggunaan fungsi _consttruct() pada OOP PHP:

Perhatikan contoh diatas, method construct akan dipanggil pertama kali padahal kita tidak memanggilnya, mengapa begitu? Hal ini karena method construct ini dijalankan pertama kali sebelum method yang lainnya secara otomatis.

 

Pengertian Destruct

Destruct atau destruktor adalah sebuah method khusus yang dijalankan seacara otomatis pada saat sebuah objek dihapus. Didalam PHP, seluruh objek secara otomatis dihapus saat objek tersebut selesai diproses. Selain itu, kita juga dapat menghapusnya secara manual.

Destruct biasanya digunakan untuk membersihkan beberapa variabel atau menjalankan proses tertentu sebelum objek dihapus.

Dalam PHP, destruct dibuat dengan menggunaka method “_destruct(). Cara penulisannya sama seperti pada penulisan method construct yaitu diawali dengan syntax function dan diawalnya menguunakan underscore ganda “__”.

Contoh penulisannya:

       

Contoh penggunaan fungsi __destruct () pada OOP PHP:

Perhatikan contoh diatas, disana saya menyertakan method construct agar kita dapat mebedakan perbedaan dari method construct dan destruct sesuai dengan yang sudah dijelaskan diatas bahwa method construct adalah method yang dijalankan pertama kali, dan method destruct adalah method yang terakhir dijalankan.

Pada method construct dan destruct harus memiliki hak akses publik. Jika kita mengubah hal akses construct atau destruct menjadi protected dan private, PHP akan mengeluarkan error.

Konsep inheritance atau pewarisan class memiliki efek khusus dalam construct dan destruct. Terutama construct dan destruct dari parent class. Didalam PHP, ketika child class memiliki construct dan destruct sendiri, maka PHP akan melewatkan construct dan destruct parent class, kasus ini disebut dengan overridden construct dan overridden destruct.

 

Tags

About The Author

Tineu Nursyifa 42
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel