Arti Dari Microsoft Memberhentikan Dukungan Terhadap Sistem Operasi Windows

16 Aug 2019 08:10 538 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Salah satunya yang terjadi pada Windows XP dan Vista.

Sejauh ini, Windows sudah banyak menghentikan dukungan terhadap berbagai sistem operasi lawasnya seperti Windows XP, Windows Vista dan Windows 7 yang sekarang ini

Tapi tahukah Anda apa artinya kalau Windows menghentikan dukungannya terhadap sistem operasi yang mungkin sudah menemani sebagian dari para pembaca disini selama bertahun-tahun?

Pertama-tama mari kita ketahui dulu apa maksud dari “dukungan” atau “support” pada sistem operasi Windows oleh Microsoft ini.

Dukungan Microsoft terhadap sistem operasi Windows adalah dukungan berbentuk update yang biasanya dirilis selama enam bulan sekali. Update-nya sendiri biasanya berupa update keamanan, update fitur, update perbaikan serta update fitur-fitur baru untuk Windows.

Di bawah ini adalah beberapa penjelasan yang akan mengulas tentang apa artinya ketika Windows menghentikan dukungannya terhadap sistem operasi miliknya.

 

1. Tidak ada Lagi Update Keamanan

Dengan berhentinya update keamanan dari sebuah sistem operasi, otomatis akan membuat sistem operasi tersebut rentan terhadap serangan ataupun malware terbaru. Bisa sih Anda menggunakan anti virus untuk menangkal serangan-serangan tersebut. Tapi ya tetap saja, anti virus itu tidak ada yang sempurna.

 

2. Perusahaan Software ikut Berhenti Memberikan Dukungan

Ketika Microsoft memutuskan untuk menghentikan dukungannya terhadap sistem operasi Windows miliknya, secara tidak langsung itu adalah sinyal bagi para perusahaan software dan hardware dimana keduanya akan serta merta menghentikan dukungannya untuk sistem operasi yang sudah diputus oleh Microsoft.

Mungkin hal ini tidak akan langsung instan dilakukan, namun seperti halnya yang terjadi pada Windows XP, perusahaan-perusahaan software dan hardware akan secara berangsur-angsur menghentikan dukungannya dalam waktu beberapa tahun.

 

3. Hardware Baru Mungkin Tidak akan Berjalan

Hardware keluaran terbaru juga mungkin akan berhenti berjalan pada perangkat dengan sistem operasi yang sudah tidak didukung Microsoft lagi. Karena biasanya, hardware tersebut membutuhkan software yang mendukung sistem operasi terbaru dari Microsoft.

Artinya dengan sistem operasi yang sudah tidak didukung software, software seperti driver untuk menjalankan hardware dengan normal pun tidak dapat dipasang sehingga membuat hardware tidak dapat bekerja dengan normal atau malah tidak jalan sama sekali.

Contoh nyatanya adalah joystick yang penulis punya hanya dapat berjalan di Windows 8.1 ke atas. Dengan kata lain, jika komputer penulis menggunakan Windows 7, Windows Vista ataupun Windows di bawah 8.1, maka Joystick milik penulis ini tidak akan bisa digunakan untuk bermain di komputer milik penulis.

 

Nah, daripada mengalami ketiga hal di atas, penulis sangat merekomendasikan untuk melakukan upgrade ke sistem operasi terbaru. Harganya mungkin cukup tinggi, atau mungkin ekosistemnya asing bagi Anda. Tapi yang jelas sistem operasi terbaru itu memiliki jaminan dukungan, setidaknya sampai sistem operasi Windows terbaru atau penerus Windows 10 muncul. -BB-

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 55
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel