Windows 10 Versi 1903, Peningkatan yang Membuat Anda Wajib Update

15 Aug 2019 19:00 1579 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Serius wajib update, biar PC-nya kembali punya performa maksimal.

Di tahun 2019 ini, Microsoft kembali menghadirkan update terbaru dari sistem operasi Windows 10 yang bisa dikatakan spesial.

Dikatakan spesial karena pada Windows 10 yang tersedia mulai Mei 2019 dan sudah tersedia untuk semura orang pada bulan Juni 2019 ini memiliki beberapa fitur dan improvisasi yang pastinya cukup membuat versi 1903 ini terlihat mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan update sebelumnya yaitu 1809.

 

 

Bagaimana Cara dapat Update 1903 ini?

Pihak Microsoft sendiri kabarnya menggunakan metode batch ketika pertama merilis update 1903. Namun, untuk bulan Agustus 2019 sekarang, dipastikan semua orang sudah bisa mendapatkan update dari Windows 10 terbaru ini lewat menu Windows Update pada settings.

Andaikan, dengan kemungkinan kecil, update Windows tersebut tidak muncul di menu “Windows Update” maka salah satu jalan keluarnya adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi bernama, “Microsoft Update Assistant Tool” yang bisa ditemukan di situs resmi Microsoft pada tab software download > Windows 10.

 

 

Perubahan Pada Windows 10

Beberapa perubahan yang bisa dikatakan “bermanfaat” ada pada Windows 1903 ini. Salah satunya adalah ketika Windows 10 akan melakukan update. Dengan hadirnya Windows 10 dengan kode 1903 ini, keleluasaan untuk melakukan update ada di tangan pengguna atau user.

Artinya, tidak ada lagi yang namanya update paksaan sampai-sampai harus mematikan fitur Windows Update hanya karena tidak ingin menginstall update Windows 10 terbaru. Namun ada limit waktu dimana update tersebut bisa tidak dipasang selama PC Anda masih didukung oleh security update yang ada. Namun setelah 18 bulan, Anda akan dipaksa melakukan update secara sepihak oleh Microsoft.

Bagi Anda pengguna Windows 10 versi Home, Anda juga akan mendapatkan fitur “pause update” seperti halnya pada pengguna Windows 10 versi Pro yang dapat berlangsung hingga 35 hari dimana satu sesinya berlangsung selama 7 hari.

 

 

Peningkatan Kecepatan pada Windows 10

Pada tahun 2018 lalu ada sebuah berita yang cukup menggebrak industri komputer. Berita tersebut adalah berita soal Spectre.

“Apa itu Spectre?”

Spectre adalah sebuah kelemahan atau celah dari desain pada CPU yang membuat sebuah program dapat lolos dari batasan-batasan yang biasanya ditetapkan oleh CPU sehingga membuat program tersebut dapat membaca memory space dari program lainnya.

Microsoft memang kemudian merilis patch untuk memblokir serangan Spectre ini. Namun sayangnya, pemblokiran tersebut membuat PC menjadi sedikit lambat. Bagi yang punya PC berspesifikasi tinggi mungkin tidak terasa, tapi bagi mereka yang punya PC spesifikasi rendah, perlambatan tersebut cukup terasa.

Dan dengan hadirnya update 1903 ini, Windows 10 Anda akan kembali bekerja dengan normal, karena selain memperbaiki masalah Spectre, update Windows 10  versi 1903 merilis fitur “retpoline” dan “import optimization” yang akan meningkatkan kecepatan pada Windows 10 yang terpasang pada komputer Anda.

 

 

Penyimpanan Cadangan 7GB

Biasanya, Windows 10 akan gagal dalam melakukan update ketika komputer Anda tidak memiliki cukup ruang penyimpanan lagi. Dengan alasan itulah kemudian Microsoft membuat penyimpanan cadangan 7GB di komputer Anda. Sehingga ketika ada update, tidak ada yang namanya gagal update lagi karena ruang penyimpanan yang tidak cukup.

 

 

Tema “Light”

Tidak banyak yang bisa dijelaskan soal tema baru untuk Windows 10 ini. Yang pasti, tema baru ini adalah kebalikan dari tema “dark” yang sudah ada sejak lama pada Windows 10.

 

 

(bersambung ke halaman ke-2)
Tags

About The Author

Buricak Burinyai 55
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel