cara membuat koneksi ke database dan CRUD dengan PHP

8 Aug 2019 17:20 1250 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Gak susah kok, tinggal ikuti langkah-langkah yang saya tulis.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara melakukan koneksi PHP dengan MySQL dan juga cara membuat CRUD pada PHP. Pasti kalian akan bertanya kenapa database MySQL harus dihubungkan dengan PHP? Hal ini diperlukan jika kita ingin memodifikasi, menampilkan, menghapus, ataupun mengelola tabel yang telah dibuat pada database menggunakan PHP kita harus mengkoneksikannya terlebih dahulu.

Caranya sangat mudah, karena PHP sudah menyediakan fungsi-fungsi khusus untuk menghubungkan PHP dengan database. Yang akan kita jelaskan pada artikel kali ini. Yuk simak terus artikelnya.

Namun sebelum kita memulai langkah pada tutorial kali ini, kita harus pastikan bahwa kita sudah memiliki akses kekontrol panel hosting. Caranya gimana? Caranya cukup mudah kita hanya perlu menginstal xampp terlebih dahulu.

Setelah berhasil menginstalnya. Kita bisa ikuti langkah-langkah selanjutnya, yaitu:

 

1. Buat database

Kenapa kita harus buat database? Karena jika kita tidak membuat databasenya lantas mau dihubungkan kemana? Wkwk. Terus kita buat aja databasenya dengan  nama “PHPCrud”. Kemudian buatlah sebuah tabel dengan nama ‘siswa. Lalu kita isikan dengan column NIS, nama, dan alamat. Contohnya kaya gini:

 

2. Menghubungkan PHP dengan database MySQL

Setelah kita selesai membuat databasenya seperti gambar diatas, langkah selanjutnya yaitu kita baru akan memulai membuat koneksi database PHP dan MySQL. Caranya cukup mudah, kita cukup buat sebuah file PHP. Namanya terserah kalian, disini saya buah dengan nama “koneksi.php”, lalu simpan file PHP tersebut pada directory localhost anda.

Perhatikan syntax diatas, pada function mysql_connect() isikan nama host kalian, username mysql dan password mysql anda. Pada contoh diatas password mysqlnya saya kosongkan (jika kalian menggunakan password maka tinggal ketikan saja passwordnya), username mysql dengan root (default) dan nama host dengan localhost,karena saya menggunakan localhost. Mysql_connect adalah fungsi dari PHP untuk menghubungkan file PHP dengan host dan memberikan settingan nama host, username, dan password mysql.

Fungsi dari mysql_select_db() adalah fungsi yang disediakan oleh PHP untuk memilih database yang ingin dihubungkan.

Oke selanjutnya kita akan coba untuk menampilkan data dari database. Tutorial ini termasuk tutorial yang paling penting yang harus kita pelajari, kita sering sebut dengan nama CRUD. Kenapa tutorial ini termasuk penting? Karena crud digunakan untuk membuat semua aplikasi. Karena berhubungan dengan menginput data ke database, mengedit data, menampilkan  dan menghapus data dari database dengan menggunkan PHP.

 

MEMBUAT CRUD PADA PHP

Sebelum kita lanjutkan tutorial menampilkan data dari database, saya akan jelaskan terlebih dahulu tentang pengertian CRUD. CRUD adalah singkatan dari Create, Read, Update dan Delete.

Kita masih akan menggunakan database yang tadi kita buat yaitu database dengan nama “PHPCrud”. Lalu setelah itu kita buat file dengan nama Index.php. File index.php ini adalah file yang akan kita gunakan  untuk menampilkan data dari database MySQL.

Index.PHP

Setelah itu kita akan coba menghapus data dari database menggunakan PHP. Kita cukup menambahkan syntax yang ada pada nomor 20 :

Lalu selanjutnya kita buat file dengan nama hapus.php

Perhatikan contoh diatas, kita menghapus data pada table siswa sesuai dengan nis. Kemudian kita menghapus data dengan perintah “mysql_query("DELETE FROM siswa WHERE nis='$nis'")”, dan perhatikan pada baris ke 5 fungsi dari header tersebut adalah untuk mengalihkan halamannya kembali ke halaman index.php setelah datanya dihapus.

Tutorial CRUD pada PHP cukup sampai sini dulu, dan akan kita lanjutkan  pada artikel selanjutnya masih tentang CRUD pada PHP kita akan bahas tentang “input data dan juga edit data pada database dengan PHP”

Tags

About The Author

Tineu Nursyifa 22
Pensil

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel