Yuk Kenal Apa itu Mailchimp dan 5 Alasan Kenapa Kita Harus Pakai Tool Tersebut

8 Aug 2019 11:10 393 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Manfaatnya banyak, khususnya bagi strategi email marketing.

Perkembangan dunia digital seperti sekarang ini menuntut kita untuk selalu menyesuaikan alat yang kita digunakan baik dalam bekerja maupun berbisnis. Begitupun halnya dengan strategi marketing, berkembanganya dunia digital juga ikut mengubah cara pebisnis untuk memasarkan produknya, mulai dari menggunakan strategi Digital Marketing yang gratis hingga berbayar.

Meskipun tools untuk Digital Marketing sudah semakin banyak, namun email marketing masih menjadi pilihan utama untuk beberapa perusahaan, selain karena murah, email marketing cenderung lebih mudah digunakan.

Salah satu layanan email marketing yang banyak digunakan untuk mempromosikan produk maupun jasa melalui email adalah “MailChimp”. Layanan ini merupakan salah satu alat untuk email marketing yang paling banyak digunakan hingga saat ini.

Mailchimp adalah salah satu penyedia jasa email marketing. Layanan ini menjadi favorit bagi para blogger pemula dan usaha kecil. Mailchimp sangat efektif untuk Anda gunakan dalam memaksimalkan kegiatan email marketing.

MailChimp didirikan oleh sebuah perusahaan asal Amerika Serikat pada tahun 2001. Sejak berdiri hingga sekarang, MailChmip menjadi salah satu marketing automation platform yang paling banyak digunakan di dunia.

Selain karena penggunaan mailchimp itu tidak di kenakan biaya atau gratis jika anda memiliki subscribers di bawah angka 2000,tapi jika anda memiliki subscribers di atas angka 2000 maka anda akan di kenakan biaya tambahan dalam penggunaan mailchimb ya kalo bagi kita yang masih awam dalam dunia digital marketing masih bisa menggunakan mailchimb secara  gratis karena subscribers kita belum menginjak angka 2000 wkwkwk.

Selain gratis ,penggunaan platform  mailchimb juga sangat mudah untuk digunakan sehingga saya sangat merekomendasikan anda untuk menggunakann ini sebagai salah satu solusi  untuk kegiatan bisnis email marketing anda.

 

Mengapa Harus MailChimp ?

MailChimp hanya satu dari banyak solusi penyedia jasa email marketing di luar sana. Jadi mengapa kamu harus memilih menggunakan layanan ini? berikut ini adalah alasan Anda menggunakan MailChimp :

1. Terintegrasi Dengan Aplikasi dan Layanan Populer

Selain mudah digunakan, MailChimp juga mampu mengirimkan email ke 2000 member secara gratis dan 12.000 email bulanan.MailChimp juga memungkinkan Anda untuk langsung terintegrasi dengan beberapa aplikasi dan layanan pupuler seperti WordPress, Salesforce, Eventbrite, Google, Twitter, Facebook, Shopify, and SurveyMonkey.

 

2. Maichimp telah dipercaya oleh lebih dari tujuh juta pengguna

Karena menawarkan fitur yang sangat menarik untuk di gunakan  maka tidak heran mailchimb telah mencapai angka tujuh juta pengguna.

 

3. Mailchimp dapat diintegrasi dengan WordPress serta platform lain yang bisa Anda Gunakan

 

4. MailChimp sangat mudah digunakan dan memungkinkan kamu membuat template email HTML tanpa coding apapun.

Jadi jika anda belum mengenal dunia pemrograman tenang saja di dalam  mailchimb juga telah di sediakan menu membuat template sendiri tanpa menggunakan codingan apapun.


5. Campaigns
                                                                                                                                                                    Biasa kita sebut kampanye ini tidak terbatas di Mailchimp, pengguna dapat membuat kampanye sebanyak mungkin sesuai keperluan. Dalam kampanye nya ini tidak hanya terpaku pada satu jenis saja karena Mailchimp memiliki 5 jenis kampanye yang dapat digunakan, diantaranya:

  • Regular Campaign

Merupakan kampanye umum yang memiliki fitur super banyak dan mudah dikustomisasi dari mulai email selamat datang kepada pelanggan baru, email konfirmasi email untuk berlangganan atau sering kita sebut sebagai subscriber, email selamat konfirmasi untuk unsubscribe, email selamat tinggal jika pelanggan berhasil berhenti berlangganan, sampai terjemahan masing-masing negara dapat kalian atur disini. Tidak hanya itu, masing-masing fitur ini dapat di matikan (off) jika tidak digunakan atau nyalakan (on) jika ingin menggunakannya.

  • A/B Testing

Seperti pada umumnya, setiap layanan email marketing selalu menyediakan A/B Testing guna untuk memberikan keleluasaan pada pengguna agar dapat mencoba / test drive kampanye berbeda yang telah dibuat dalam waktu yang sama. Fungsinya adalah untuk mencari tahu kampanye manakah yang lebih menarik banyak pelanggan / yang lebih disukai pelanggan.

  • Facebook Ad

Fitur ini baru dikeluarkan pada bulan Januari 2017. Memungkin pengguna untuk beriklan di Facebook lewat Mailchimp, jika kalian lebih sering menggunakan Mailchimp maka hal ini akan lebih praktis karena tidak perlu berurusan dengan banyak perusahaan tapi cukup mengaturnya di Mailchimp dan iklan kalian akan tampil di Facebook. Walaupun tidak langsung berursan di dashboard iklan Facebook, kalian tetap dapat mengatur jenis iklan FB yang diinginkan / membuat target audience / mengatur budget iklan / menentukan jenis konten, dsb. maka hal ini saya sebut praktis karena cukup di satu halaman saja sudah bisa beriklan di Facebook dan Email tanpa harus ribet bolak balik buka Mailchimp dan Facebook.

  • Plain Text

Walaupun sudah dibilang canggih dan modern, Mailchimp tetap tidak meninggalkan fitur email zaman dahulu yaitu Plain Text atau email yang hanya sekedar tulisan tanpa format lain / tanpa media lain seperti gambar atau video.

  • RSS

Seperti yang saya sebutkan pada artikel sebelumnya tentang RSS Feed dan saya sarankan menggunakan Mailchimp, karena memang Mailchimp memiliki fitur RSS untuk mengirimkan setiap ada konten baru di blog / situs web kepada daftar pelanggan yang kalian miliki. Tentu dalam pembuatan RSS ini tidak kaku dan dapat disesuaikan dari mulai tata letak / gambar / video / gaya tulisan / warna / template / tombol / links / sosial media share dan banyak lagi.

  •  Laporan

Laporan atau Report yang diberikan oleh Mailchimp ini membuat saya betah menggunakanya, fitur dalam laporannya yang betul-betul disebut statistik karena kita sudah di manjakan dengan fitur untuk melihat berapa orang yang membuka email / klik email / statistik link yang di klik didalam email (jka ada banyak link didalam email) sampai berapa email yang tidak terkirim akibat bounce (email tidak ada atau mengalami masalah pada pemilik email tersebut).

Laporan ini dilihat berdasarkan kampanye yang dibuat. Selain itu, jika kalian menggunakan email sebagai promosi produk dan mengajak pelanggan untuk membeli produk maka Mailchimp akan melihat apakah pengguna membeli produk tersebut (link produk yang ada didalam email) jika pelanggan berhasil membeli maka Mailchimp akan tampilkan di statistik laporan berapakah pendapatan yang didapat (mata uang) namun fitur untuk melacak pembelian ini berbayar (pro).

  • Automation

Engan automation, kalian dapat mengirimkan email secara otomatis tanpa perlu cape-cape lagi mengaturnya namun fitur ini berbayar (pro). Dengan fitur ini, pengguna dapat mengatur email-email otomatis yang ingin digunakan / dikirim secara otomatis. Adapaun kategori yang terdapat dalam Automation ini adalah:

  1. Ecommmerce / Retail
  2. Nonprovit
  3. Education
  4. Music
  5. Software
  6. List Activity
  7. Date Based
  8. Custom
  9. Integration

Dan didalam masing-masing kategori tersebut memiliki kategori lagi didalamnya yang ingin digunakan atau menggunakan semua yang ada didalam kategori tersebut. Misalnya didalam kategori Ecommerce terdapat kategori lagi yaitu: Pembelian pertama, promosi, pembeli terbaik, dll.

  • Merge / Shortcode

Tidak perlu khawatir lagi dalam pendekatan dengan pelanggan karena Mailchimp memeiliki fitur shortcode yang disebut merge untuk menampilkan identitas pelanggan misalnya ketika mengirim email kepada si A maka cukup gunakan merge yang ada (merge dapat dilihat ketika kalian membuat / mengedit bidang kustom tadi) dan tempelkan merge tersebut di email maka akan menampilkan nama dari masing-masing pelanggan yang menerima email. Tidak hanya nama, tapi semua bidang yang kalian buat di bidang kustom tadi dapat ditampilkan di dalam email. Hal ini tentu membuat kalian sebagai owner dan pelanggan terasa lebih akrab dan dekat.

  • Notifikasi

Jika pengguna Mailchimp memiliki waktu yang terbatas untuk login akun, cukup nyalakan notifikasi di halaman profil mailchimp dan menentukan notifikasi apa yang ingin didapatkan misalnya ketika ada subscriber baru, unsubscribe baru, overview report dan lainnya. Hal ini tentu memudahkan pengguna dalam memantau statistik Mailchimp nya.

  • Group / Segment

Dengan Group, pengguna dapat membagi satu daftar pelanggan kedalam beberapa grup untuk memudahkan pembuatan kampanye yang kustom misalnya dibagi menjadi 2 grup: Pria dan Wanita. Hal ini tentu membantu pengguna untuk membuat target audience yang lebih terukur dan kampanye yang dikirim ke grup Pria dan Wanita isi emailnya berbeda.

Segment dapat membantu hal yang sama seperti grup tapi lebih lanjut lagi misalnya kalian ingin mengirim email jika pengguna mengisi bidang Nama dan bidang Alamat tapi mengosongkan bidang No Telp. Selain itu, bisa juga berdasarkan waktu misalnya ingin mengirim ke pelanggan yang baru saja bergabung 1 bulan yang lalu. Bisa juga mengatur sesuai aktifitas misalnya ingin mengirim kepada pelanggan yang tidak pernah membuka email kalian sebelumnya atau sebaliknya dan banyak lagi segmentasi yang dapat dimanfaatkan di Mailchimp ini.


 

Tags

About The Author

Rafi johari 21
Pensil

Rafi johari

Programmer yang baik menggunakan otaknya, tapi kerangka kerja yang baik menghemat waktu untuk berpikir

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel