Pengertian Dan Cara Menggunakan Bootstrap

7 Aug 2019 10:32 2418 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mulai dari mengenal, menginstall hingga menggunakan Bootstrap.


Setelah kemarin saya hatam menjelaskan tutorial tentang  Codeigniter, Pada tutorial kali ini Kita akan belajar  tentang Bootstrap. Jadi  Bootstrap adalah sebuah library framework CSS yang di buat khusus untuk bagian pengembangan front-end website. Bootsrap merupakan salah satu framework HTML, CSS dan javascript yang paling populer di kalangan web developer.

Pada saat ini hampir semua web developer telah menggunakan bootstrap untuk membuat tampilan front-end menjadi lebih mudah dan sangat cepat. karena anda hanya perlu menambahkan class-class tertentu untuk misalnya membuat tombol, grid, navigasi dan lainnya.

Bootstrap telah menyediakan kumpulan komponen class interface dasar yang telah di rancang sedemikian rupa untuk menciptakan tampilan yang menarik, bersih dan ringan. selain komponen class interface, bootstrap juga memiliki fitur grid yang berfungsi untuk mengatur layout pada halaman website yang bisa digunakan dengan sangat mudah dan cepat.

Dengan menggunakan bootstrap kita juga di beri keleluasaan dalam mengembangkan tampilan website yang menggunakan bootstrap yaitu dengan cara mengubah tampilan bootstrap dengan menambahkan class dan CSS sendiri.

Salah satu contoh website besar yang menggunakan framework bootstrap adalah Twitter, tentu anda sudah familiar dengan twitter bukan ? yap, interface twitter di bangun dengan menggunakan bootstrap. karena sebenarnya bootstrap di kembangkan oleh developer twitter sendiri sehingga bootstrap di gadang-gadang sering di sebut sebagai “twitter bootstrap”. Bootstrap berisi kumpulan class yang siap pakai.

Misalnya anda ingin membuat sebuah tombol dengan cepat dan tanpa harus merancang dan mengetikkan syntax css untuk membuat sebuah tombol, maka dengan bootstrap anda dapat membuatnya dengan sangat cepat, yaitu hanya dengan menambahkan class “btn” saja. jika di bayangkan waktu yang kita gunakan akan lebih cepat jika di bandingkan dengan jika kita membuat menggunakan html dan css.

Tentu anda bertanya-tanya kenapa sangat banyak yang telah menggunakan bootstrap dalam pengembangan website. berikut ini akan di jelaskan beberapa kegunaan yang telah menjadi kelebihan pada bootsrap. adapun beberapa kelebihan bootstrap adalah sebagai berikut.

  • Penggunaan bootstrap sangat menghemat waktu.
  • Tampilan bootstrap yang sudah cukup terlihat modern.
  • Mobile Friendly yang maksudnya tampilan bootstrap sudah sangat responsive, yaitu tampilan bootstrap sudah mendukung segala jenis resolusi, baik itu pc, laptop, tablet dan smartphone.
  • Sangat ringan karena bootstrap di buat dengan sangat terstruktur.
  • Dan masih banyak lagi kelebihan dan kegunaan dari bootstrap yang akan anda temukan sendiri setelah mencoba membangun sebuah aplikasi berbasis web dengan menggunakan bantuan framework css bootstrap.

Sebelum di jelaskan tentang cara menggunakan bootstrap, alangkah lebih baik nya jika anda terlebih dahulu mempelajari CSS dasar. 

 

Cara Menggunakan Bootstrap

Untuk cara menggunaan bootstrap yang pertama kali yang harus anda lakukan adalah melakukan instalasi bootstrap. anda dapat mendownload langsung bootstrap pada website resminya di http://getbootstrap.com/getting-started/.

                 

     untuk sampai saat ini bootsrap telah di rilis sampai versi 4. berikut ini adalah struktur isi dari bootstrap setelah  anda mendownloadnya.

  • bootstrap/
    •  css/
    •  bootstrap.css
    •  bootstrap.css.map
    •  bootstrap.min.css
    •  bootstrap.min.css.map
    • bootstrap-theme.css
    •  bootstrap-theme.css.map
    •  bootstrap-theme.min.css
    •  bootstrap-theme.min.css.map
    •  js/
    •  bootstrap.js
    • bootstrap.min.js
    • fonts/
    • glyphicons-halflings-regular.eot
    •  glyphicons-halflings-regular.svg
    •  glyphicons-halflings-regular.ttf
    • glyphicons-halflings-regular.woff
    • glyphicons-halflings-regular.woff2

sedikit informasi tambahan sebelum anda mendownload bootstrap anda dapat menentukan sendiri atau meng-costumize bootstrap sesuai dengan keinginan anda.

 

Cara Menginstal Bootstrap

Cara menginstall bootstrap ada beberapa cara. anda bisa menginstall bootstrap dengan composer, bower, menggunakan npm, secara offline dan online. berikut ini contoh perintah untuk menginstall bootstrap

Menggunakan bower.

bower install bootstrap

untuk menginstall bootstrap menggunakan npm

npm install bootstrap

Install bootstrap dengan composer
 

composer require twbs/bootstrap

tetapi cara yang paling banyak di gunakan adalah dengan cara offline dan online.

 
Cara menginstall bootstrap secara online

Anda bisa memilih salah satu dari tiga contoh berikut untuk menginstall bootstrap secara online. syntax berikut bisa anda letakkan pada pada bagian head pada halaman HTML anda sama seperti menghubungkan HTML dengan CSS dan Javscript.

<!-- Latest compiled and minified CSS -->

<!-- Latest compiled and minified CSS -->
link rel="stylesheet" href="https://maxcdn.bootstrapcdn.com/bootstrap/3.3.6/css/bootstrap.min.css" integrity="sha384-1q8mTJOASx8j1Au+a5WDVnPi2lkFfwwEAa8hDDdjZlpLegxhjVME1fgjWPGmkzs7" crossorigin="anonymous"

<!-- Optional theme -->
link rel="stylesheet" href="https://maxcdn.bootstrapcdn.com/bootstrap/3.3.6/css/bootstrap-theme.min.css" integrity="sha384-fLW2N01lMqjakBkx3l/M9EahuwpSfeNvV63J5ezn3uZzapT0u7EYsXMjQV+0En5r" crossorigin="anonymous"

<!-- Latest compiled and minified JavaScript -->
script src="https://maxcdn.bootstrapcdn.com/bootstrap/3.3.6/js/bootstrap.min.js" integrity="sha384-0mSbJDEHialfmuBBQP6A4Qrprq5OVfW37PRR3j5ELqxss1yVqOtnepnHVP9aJ7xS" crossorigin="anonymous"


 Cara menginstall boostrap secara offline

Cara menginstall bootstrap secara offline ini sangat banyak di gunakan oleh pada developer, karena anda dapat bekerja menggunakan bootstrap tanpa harus terkoneksi dengan internet lagi, karena file framework bootstrap sudah terletak pada pc kita sendiri. lain dengan penginstalan bootstrap secara online yang file-file bootstrap nya terletak pada server luar. 


Setelah anda mendownload framwork css bootstrap kemudian ekstrak pada project anda. di sini saya meletakkannya pada localhost saya dengan alamat http://localhost/BelajarBootstrap/bootstrap/

<!-- Optional theme -->

        

Kemudian untuk menghubungkan atau menginstall bootstrap buat sebuah file HTML atau PHP yang akan kita hubungkan dengan bootstrap. di sini saya membuat sebuah file dengan nama index.php. 


Bootstrap juga memerlukan jquery karena untuk bagian javascript nya bootstrap menggunakan jquery, jadi jangan lupa untuk menambahkan juga file jquery pada folder js bootstrap atau letakkan sesuai keinginan anda asalkan direktori saat menghubungkan file css dan js nanti sesuai.
 

             
Dapat di perhatikan pada contoh cara menghubungkan file bootstrap di atas. untuk menghubungkan file html atau php anda dengan bootstrap.css

link rel="stylesheet" type="text/css" href="css/bootstrap.css"

Kemudian hubungkan file html atau php anda dengan bootstrap.js dan jquery.js. ingat letakkan jquery.js pada bagian atas karena bootstrap bekerja menggunakan bantuan jquery bukan jquery menggunakan bantuan bootstrap.

script type="text/javascript" src="js/jquery.js"
script type="text/javascript" src="js/bootstrap.js"


Kemudian class “btn” pada elementdi atas merupakan class bootstrap yang bisa di gunakan untuk membuat tombol. dan “btn-danger” dan “btn-primary” untuk menentukan warna dari tombol yang ingin kita buat. kita tidak membahas tentang cara membuat tombol dengan bootstrap pada tutorial ini karena untuk cara membuat tombol dengan bootstrap akan kita bahas pada tutorial selanjutnya di tutorial edisi belajar bootstrap dasar. 

Dan jika di jalankan pada browser maka hasilnya

         
Sekian lah tutorial belajar bootstrap part 1 : pengertian dan cara menggunakan bootstrap. untuk tutorial bootstrap selanjutnya akan di bahas pada tutorial bootstrap selanjutnya ya 

NOTE : Perhatikan letak direktori file css dan js bootstrap dan jquery pada saat anda menghubungkannya. anda juga tidak perlu menghubungkan seluruh isi bootstrap, yang hanya perlu di hubungkan adalah file bootstrap.css dan bootstrap.js.

<link href="css/bootstrap.css" rel="stylesheet" type="text/css" />
Tags

About The Author

Rafi johari 35
Ordinary

Rafi johari

Programmer yang baik menggunakan otaknya, tapi kerangka kerja yang baik menghemat waktu untuk berpikir

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel