Akun Facebook Dibobol? Dua Langkah ini Mungkin Bisa Jadi Solusinya!

31 Jul 2019 19:00 357 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jangan takut akun Facebook kena bobol kalau masih ingat data login sebelum di-hack.

Belakangan ini, banyak teman Facebook penulis yang membuat postingan bahwa akun Facebooknya sudah diretas atau di-hack.

Penyebabnya sendiri banyak, mulai dari perangkat yang tidak aman atau sudah disusupi program jahat, hingga kebiasaan pengguna pemilik akun yang sembarangan menggunakan aplikasi yang mengharuskan pengguna tersebut login menggunakan akun Facebook.

Walaupun ini menjadi PR dari Facebook untuk meningkatkan tingkat keamanannya, tanggung jawab dari akun Facebook sendiri utamanya ada di tangah pemilik akun Facebook tersebut.

 

Namun, bagi yang sudah terlanjur akunnya diretas atau dihack, jangan putus asa dulu apalagi sampai meluapkan kekesalan Anda kepada orang disekitar Anda. Berpikir dengan kepala dingin sambil menjalankan beberapa langkah di bawah ini untuk mencoba mendapatkan akun Anda kembali.

 

1. Gunakan Fitur Lupa Password

Fitur ini adalah fitur paling dasar ketika Anda lupa akan password Facebook milik Anda ataupun ketika ada aktivitas mencurigakan di akun Anda seperti ada yang mencoba masuk ke akun Anda. Ketika menggunakan fitur lupa password.

Sebelum mengklik lupa password yang letaknya berada di halaman utama Facebook (tepatnya di bawah kolom password). Ada baiknya Anda siapkan beberapa hal seperti nomor smartphone yang terdaftar pada akun tersebut, perangkat yang selalu Anda gunakan login untuk akun Facebook tersebut, dan kalau bisa adalah koneksi internet yang sering digunakan untuk login menggunakan akun tersebut.

Setelah itu, barulah Anda langsung ke tahap selanjutnya dimana Anda harus memilih untuk memasukkan nomor hp ataupun alamat email.

Pada kasus akun Facebook yang dihack sampai password-nya diganti, pastinya email juga password-nya diganti. Oleh karena itu, memilih nomor smartphone yang sering digunakan untuk mencoba login adalah langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan disini.

Masukkan nomor smartphone Anda yang sebelumnya pernah terdaftar di akun Facebook Anda dan klik “cari”.

Setelah Anda menemukan akun facebook Anda, pilih “send code via SMS” agar sistem nantinya mengirimkan nomor verifikasi ke smartphone Anda melalui SMS. Setelah Anda menerima dan memasukkan nomor verifikasi di Facebook.

Setelah itu Anda baru dapat membuat password atau kata sandi baru.

Setelah Anda berhasil login kembali, jangan lupa untuk menghubungkan akun Facebook Anda ke alamat email yang lain. Selain itu, cek juga nomor smartphone yang terhubung pada akun Anda, apakah masih nomor lama ataukah nomor baru yang digunakan oleh hacker.

 

 

2. Gunakan Fitur Facebook Akun Telah Dibobol

Hal pertama yang harus dilakukan ketika email sampai smartphone sudah diganti oleh sang hacker adalah menggunakan link  https://www.facebook.com/hacked. Tapi sebelum mengklik link tersebut, sangat disarankan bagi Anda menggunakan perangkat, nomor hp, dan jaringan internet yang sama dengan yang Anda biasa gunakan sebelum akun Facebook Anda diretas.

Setelah Anda mengklik link tersebut, Anda akan dipindahkan ke halaman Facebook yang mengurus pembobolan atau peretasan akun Facebook.

Yang harus Anda lakukan disini adalah mengklik “akun saya telah dibobol” atau bagi yang menggunakan bahasa Inggris, “My account is compromised”.

Setelah itu lanjutkan dengan mengisi email yang digunakan, nama akun serta nama lengkap Anda atau nomor yang sebelumnya pernah Anda gunakan pada akun Facebook yang dibobol tersebut.

Langkah setelah akun Anda muncul di layar komputer atau smartphone Anda adalah memasukkan password atau kata sandi. Tentunya kata sandi yang dimasukkan bukanlah kata sandi yang hacker tersebut gunakan saat akun telah dibobol, melainkan kata sandi ketika Anda masih memiliki akses ke Facebook Anda.

Setelah Anda berhasil memasukkan kata sandi atau password Anda dengan benar, harusnya sebuah halaman untuk mereset kata sandi muncul dihadapan Anda.

Selesai disitu, Anda tentunya harus mengganti email juga dengan mengklik “No longer have access to these?”  atau “Tidak punya akses ke akun ini?”

Disini Anda akan dapat mengganti email Anda dengan email baru Anda. Setelah Anda selesai melakukan semua langkah dari atas sampai bawah, Anda sekarang sudah mulai merasa sedikit lega karena dalam kurun waktu maksimal 24 jam, akun Anda akan sudah dapat Anda gunakan kembali. -BB-

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 55
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel