ROG Phone 2, Smartphone Gaming dengan Peningkatan yang Signifikan

24 Jul 2019 19:00 2273 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jauh lebih baik dibandingkan generasi pertamanya.

Setelah sebelumnya Asus merilis ROG Phone generasi pertama yang cukup sukses menyita perhatian para gamer smartphone Android dan iOS, kini Asus kembali merilis generasi pertama dari ROG Phone pertama yang diberi nama dengan ROG Phone 2.

Memiliki desain yang hampir sama, khususnya di peletakan kamera dan dua speaker stereo yang menghadap langsung ke wajah pengguna ketika bermain game.

Berbicara soal dual-stereo front facing speakers yang posisinya tidak diganti walau sudah beda generasi smartphone, hal ini tentunya patut diacungi jempol. Karena posisi speaker paling nyaman untuk gamers adalah speaker yang menyemprotkan suara langsung ke wajah penggunanya.

Hal lain yang menjadi bahan pujian untuk Asus adalah bagaimana Asus masih mempertahankan layar 120 Hz yang tentunya akan membuat pengalaman bermain game semakin mantap lagi. Tidak terlewat, UI dari ROG Phone juga sudah didesain sedemikian rupa untuk memanjakan para gamer dengan segudang fitur unggulan khusus gamer.

Dari beberapa faktor di atas, sudah bisa dilihat bahwa game ini memang diperuntukkan bagi Anda para gamer sejati yang menggunakan smartphone bukan sebagai alat komunikasi ataupun edukasi, melainkan media seorang gamer untuk menyalurkan inspirasi.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini spesifikasi singkat dari ROG Phone 2 yang baru saja secara resmi diperkenalkan ke publik.

 

 

Layar

Sama seperti generasi pertama, layar pada generasi kedua dari ROG Phone ini juga menggunakan layar AMOLED dengan refresh rate 120 Hz sama seperti layar pada generasi pertama. Ukuran layarnya sendiri adalah 6.59 inch, sedikit lebih besar daripada generasi pertamanya. Sedangkan untuk resolusi layarnya sendiri adalah 1080 x 2340 pixels dengan aspect ratio 19.5:9.

 

 

Prosessor

CPU atau prosessor pada Asus ROG Phone 2 ini bisa dikatakan berbeda dari smartphone flagship “tetangga” yang sekilas mungkin sama-sama menggunakan Qualcomm Snapdragon 855.

Dikatakan berbeda karena prosessor pada ROG Phone 2 ini bisa di-overclock untuk meningkatkan performanya sebesar 4%. Selain itu, overclock juga bisa dilakukan pada GPU bawaannya yaitu Adreno 640 dimana peningkatan performanya bisa mencapai 15%. Dan namanya sendiri sebenarnya adalah Snapdragon 855+ (Plus).

Dan bagi yang takut CPU cepat rusak karena overheat, Asus sendiri sudah melakukan pencegahan untuk hal tersebut yaitu dengan menempatkan sebuah ruang ventilasi untuk mengeluarkan panas secara cepat. Selain itu juga Asus memberikan AeorActive Cooler II yang fungsinya sebagai pendingin smartphone sehingga tidak gampang panas ketika bermain game yang demanding atau berat.

 

 

Memori Penyimpanan & RAM

Menurut kabar yang beredar, hanya akan ada dua varian dari Asus ROG ini yang bisa dibedakan dari kapasitas memori penyimpanan internalnya. Yang pertama adalah versi 128GB dengan kapasitas RAM 12GB, dan yang kedua adalah versi 512GB dengan kapasitas RAM 12GB.

Memori penyimpanannya sendiri tentu bukan sembarang memori penyimpanan, melainkan memori penyimpanan yang jauh lebih kencang dibandingkan memori penyimpanan biasa yaitu memori UFS 3.0. jika dibandingkan dengan pendahulunya versi 2.1 memori ini dikabarkan memiliki peningkatan yang cukup signifikan. Apalagi jika dibandingkan dengan memori eMMC yang biasanya hanya ada pada smartphone murah, sudah bagaikan harddisk 5400 rpm yang dibandingkan dengan SSD M.2 NVMe seperti Samsung 970.

 

 

Kamera

Berhubung ini smartphone gaming, mungkin sebagai pengguna, Anda mungkin bisa memaklumi seandainya smartphone ini tidak punya kemampuan fotografi yang bagus.

Sayangnya, jika dugaan Anda seperti itu, maka Anda salah besar. Karena sudah bisa dipastikan dari berbagai review di YouTube, kamera pada ROG Phone II ini adalah kamera versi upgrade yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan kamera pada generasi pertama.

Dibagian belakang, pengaturan kamera utamanya adalah dual kamera dimana kamera utamanya adalah kamera 48MP dengan bukaan f/1.8 yang dipadukan dengan kamera ultrawide 13MP. Sedangkan untuk kamera selfie-nya, Asus ROG Phone II ini menggunakan kamera 24MP dengan bukaan f/2.0.

 

 

Baterai

Peningkatan yang juga signifikan dari ROG Phone II ini terletak pada baterainya yang meningkat drastis dari yang asalnya 4,000 mAh pada generasi pertama, meningkat ke 6,000 mAh pada generasi kedua.

Bagi yang takut penuhnya lama, sepertinya tidak perlu khawatir lagi karena ROG Phone II sudah didukung oleh Quick Charge 4+ 30W yang Asus sebut sebagai Hyper Charge. Hasilnya, kapasitas baterai 6,000 mAh bisa penuh mungkin dalam waktu 2 hingga 3 jam saja paling lama.

 

 

Fitur-fitur Lain yang Wajib Dipertimbangkan

Selain jeroan di atas, banyak bagian lain dari ROG Phone II ini yang wajib dipertimbangkan sebelum membandingkannya dengan smartphone gaming milik “tetangga”. Mulai dari layar yang sudah mendukung HDR 10, layar yang memiliki ultra low latency untuk pengalaman gaming yang lebih nyata, speaker yang katanya lebih kencang dibandingkan dengan speaker pada generasi pertama, dan pemindai sidik jari yang sudah pindah ke bagian depan (in-display fingerprint scanner).

Bagaimana? Berminat?

Harga dari ROG Phone ini dikabarkan berada di kisaran 8 jutaan untuk versi termurahnya, dan 12 jutaan untuk versi termahalnya. Tapi sayangnya harga tersebut adalah harga rilis di China. Di Indonesia sendiri, prediksi penulis harganya akan tembus di angka 10 juta hingga 11 jutaan untuk versi termurahnya, dan 15 juta hingga 16 jutaan untuk versi termahalnya. -BB-

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel