Ini 5 Alasan Kenapa Jangan dulu Install iPadOS

23 Jul 2019 13:17 1218 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Punya iPad? Berencana install iPadOS? Lebih baik jangan dulu.

Baru-baru ini, Apple telah merilis sistem operasi untuk perangkat Apple buatannya seperti iPhone, iPad, TV, dan tentunya perangkat Mac baik itu Macbook ataupun iMac.

Seperti yang paling baru dan paling revolusioner adalah sistem operasi untuk iPad yang bernama iPad OS. Sistem operasi ini menyajikan banyak terobosan baru dibandingkan sistem operasi sebelumnya yaitu iOS 12.

Namun tentunya, sistem operasi iPadOS ini tidak luput dari yang namanya ketidaksempurnaan. Apalagi sekarang ini masih dalam versi Beta dimana tujuan diadakannya versi Beta sendiri untuk memperbaiki berbagai macam ketidaksempurnaan seperti bug dan optimasi lainnya pada iPadOS.

Bagi kalian yang mau menginstall iPadOS, ada baiknya kalian membaca dulu 5 alasan kenapa jangan menginstall iPadOS versi Beta untuk sekarang ini. Setelah itu, baru kalian putuskan sendiri, perlu atau tidaknya melakukan instalasi software terbaru untuk iPad ini.

 

1. Keberadaan Bugs

Yang paling tidak enak ketika mencoba sistem operasi yang masih versi Beta adalah bertemu dengan bugs dari sistem operasi tersebut. Apalagi kalau bugs tersebut sangat mengganggu kenyamanan dalam menggunakan iPad, mungkin akan membuat kita melakukan downgrade ke sistem operasi sebelumnya.

Bugs yang ditemukan sendiri biasanya akan dengan cepat diperbaiki oleh Apple sehingga permasalahan tersebut tidak akan berlangsung lama. Tapi tetap saja, ketika ada bugs, apalagi yang merusak file yang kita miliki, file tersebut mungkin saja tidak bisa diperbaiki lagi.

 

 

2. Sulit untuk Downgrade

Ketika kita menemukan bug yang sangat mengganggu kenyamanan kita dalam menggunakan iPadOS, kita mungkin akan kembali ke sistem operasi sebelumnya melalui proses downgrade.

Sayangnya, proses kembali ke sistem operasi sebelumnya pada perangkat Apple itu tidak semudah yang kita bayangkan. Ya mungkin mudah sih untuk kalian yang sudah melakukan back up sebelumnya. Tapi bagi mereka yang tidak tahu cara back up ataupun lupa melakukan back up, melakukan downgrade setelah upgrade sistem operasi akan sangat sulit karena harus melakukan beberapa langkah yang cukup rumit bagi pemula, apalagi yang biasanya hanya menjadi seorang consumer saja.

 

 

3. Kemungkinan ada Masalah pada Baterai

Proses beta digelar oleh Apple sendiri untuk menyempurnakan sistem operasi yang telah dikembangkannya. Salah satu ketidaksempurnaan yang biasa ditemukan pada sistem operasi baru adalah baterai yang tidak optimal atau dengan kata lain konsumsi daya baterai yang jauh lebih boros dibandingkan sistem operasi sebelumnya.

Hal ini khususnya sangat berpengaruh bagi mereka yang menggunakan iPad Pro dengan mobilitas tinggi. Karena jika baterai boros, maka mencari colokan listrik itu pasti menjadi sebuah budaya yang tidak jarang dilakukan lagi.

 

 

4. Fitur yang Tidak Lengkap

Pada WWDC 2019 kemarin, Apple sudah mengumumkan berbagai fitur yang akan dan tidak akan hadir pada iPadOS versi beta. Seperti contohnya aplikasi “Find My …” yang harusnya dapat menemukan perangkat Apple kalian ketika dalam keadaan mati sekalipun, kemampuan aplikasinya ternyata dibatasi.

Dan mungkin saja, aplikasi-aplikasi favorit kalian yang juga mengalami perubahan, tidak akan dirilis pada versi iPadOS beta ini.

 

 

5. Aplikasi Favorit Kalian mungkin Tidak Jalan

Apa aplikasi favorit kalian?

Jika kalian menggunakan iPad sebagai perangkat utama pendukung kegiatan kalian sehari-hari, maka sebaiknya jangan upgrade sistem operasi perangkat kalian ke iPadOS. Alasannya, mungkin aplikasi favorit kalian tersebut tidak, atau lebih tepatnya, belum didukung iPadOS di versi Beta.

Contohnya saja pada aplikasi surat elektronik Gmail; ketika pengguna memilih menu “View entire message” biasanya akan muncul kode error “can’t load the page” pada layar iPad kalian. Atau bagi kalian yang suka menonton instagram story, kalian tidak akan dapat mendengarkan suara lagi untuk sementara ini.

Entah bug ini sudah diperbaiki atau belum, yang jelas masih banyak bug lainnya yang mungkin mengganggu kenyamanan penggunanya dalam versi beta ini.

Keputusan terakhir, ada di tangan kalian! -BB-

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel