5 Kata Gaul yang Sering Didengar Namun Tidak Tahu Artinya

18 Jul 2019 15:25 452 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pasti dari lima kata ini ada setidaknya satu yang sering atau pernah kalian dengar.

Bagi yang sudah berumur 25 tahun ke atas, mungkin zaman sekarang itu zaman yang sedikit memusingkan.

Dikatakan memusingkan bukanlah tanpa alasan. Hal tersebut dilatarbelakangi dengan banyaknya muncul istilah atau bahasa baru yang ketika dicari di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tidak dapat ditemukan baik kata ataupun artinya.

Di bawah ini adalah beberapa bahasa gaul yang penulis temukan disekitar penulis, yang juga seringkali diucapkan oleh mereka yang berusia 11 hingga 19 tahun.

 

1. BPJS

BPJS normalnya adalah singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Namun oleh anak-anak sekarang, khususnya mereka para pengguna media sosial, singkatan tersebut diganti kepanjangannya menjadi “Budget Pas-pasan Jiwa Sosialita”.

Arti dari frase tersebut sendiri adalah sebuah ledekan atau mungkin pujian terhadap seseorang yang punya gaya hidup mewah namun sebenarnya orang tersebut memiliki penghasilan yang pas-pasan untuk membiayai kebutuhan hidupnya.

Sebagai Contoh, seseorang yang gajinya setara UMR sering berjalan-jalan ke luar negeri yang dilanjutkan dengan update status di media sosial bahwa ia sedang berlibur atau jalan-jalan ke negeri asing.

 

 

2. Gercep

Adalah singkatan dari sebuah frase yaitu “Gerak Cepat”. Frase ini biasa diucapkan oleh anak-anak zaman sekarang ketika akan melakukan sesuatu dengan cepat.

Mungkin asal mula singkatan ini berasal dari niat mempersingkat waktu; daripada mengucapkan “ayo gerak cepat biar kita menang!” mungkin lebih cepat mengucapkan “ayo gercep biar menang!”

 

 

3. Japri

Untuk singkatan kata berikut ini, sebenarnya sudah cukup lama ada di sekitar penulis. Bahkan sejak penulis masih kuliah, kata ini sering digunakan dalam SMS.

Japri adalah singkatan dari “Jalur Pribadi” yang biasanya digunakan untuk memberi tahu lawan bicara untuk menghubunginya lewat pesan pribadi atau kontak pribadi langsung.

Contoh saja ada sebuah grup whatsapp publik. Di sebuah grup whatsapp publik tersebut ada orang yang ingin berbicara secara privat dengan kalian. Nah, disini bisa saja kalian mengatakan “wah jangan di publik, japri aja gan!”

 

 

4. Kepo

Awal penulis mendengar kata “kepo” untuk pertama kali. Penulis kira orang tersebut mengatakan “kempo”.

“loh! Kok gak nyambung tiba-tiba ngomongin seni beladiri?” Tapi ternyata orang tersebut berkata “kepo”. Setelah penulis tanya, kepo tersebut memiliki arti “ingin tahu banget”. Jadi seorang wanita yang sedang Anda lirik bertemu dengan pria lain, kemudian Anda bertanya siapa pria tersebut, apa pekerjaannya, apa hubungannya dengan wanita tersebut.

Seperti itulah kepo.

Oh iya, Kepo sendiri menurut berbagai sumber di internet memiliki kepanjangan yaitu “Kelakuan Polisi”. Bagi yang penasaran hubungannya apa, sebenarnya sangat mudah ditebak. Polisi kan identik dengan sifat yang mau tahu apapun soal orang yang diinterograsi.

Contoh saja ada polisi yang sedang bokek melakukan razia di pinggir jalan tanpa surat perintah. Seorang pengendara yang dipanggil oleh polisi tersebut bisa saja dianggap sial, karena polisi tersebut akan menanyakan berbagai hal yang bisa saja membuat pengendara tersebut terkenal tilang.

 

 

5. Mager

Mungkin istilah gaul yang satu ini sudah pada tahu karena kata ini merupakan sebuah singkatan. Mager memiliki kepanjangan “malas gerak” yang artinya bisa bermacam-macam. Entah memang yang mengucapkan tersebut lelah sehingga tidak mau bergerak dari tempat dia diam, karena memang malas untuk bergerak, atau memang karena ada alasan lainnya.

Tapi intinya satu, orang yang mengucapkan kata “mager” biasanya tidak akan berpindah dari tempat dia berdiri, duduk, ataupun diam.

 

 

Penutup

Itulah 5 kata gaul yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar penulis. Bagaimana dengan kalian? Pasti ada dong kata-kata gaul yang sering diucapkan di sekitar kalian? Khususnya kata-kata gaul yang khas atau memang tersedia di lingkungan kalian saja. -BB-

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 55
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel