Library Codeigniter? Apa Itu?

16 Jul 2019 11:48 1522 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Penjelasan tentang penggunaan Library pada CodeIgniter.
 
Codeigniter telah menyediakan dua jenis sarana yang dapat di gunakan untuk membantu proses pengembangan aplikasi, antara lain:
  • Library 
Library dapat di katakan sebagai kumpulan alat yang dapat digunakan untuk membantu  proses pembuatan suatu aplikasi. Codeigniter telah menyediakan berbagai macam library yang dapat digunakan secara langsung.
 
Library pada dasarnya adalah sebuah kelas yang di letakkan di dalam  folder system/libraries atau application/libraries.  
 
Library yang  terletak di dalam folder system merupakan library bawaan dari Codeigniter yang secara otomatis di beri awalan CI_. Untuk library buatan sendiri harus di letakkan di dalam  folder application/libraries.

 

Menggunakan Library  di Codeigniter

 

Agar kita dapat menggunakan library,helper dan pluggin ,maka ketiganya harus di load terlebih dahulu , Ada 2 cara yang dapat di lakukan untuk me-load sebuah library dan helper, diantaranya :
 
1. Menambahkan pada Konfigurasi Autoload Menambahkan sebuah library pada autoload berarti seluruh,aplikasi anda akan dapat  menggunakan library tersebut secara langsung. Sebaiknya library yang anda load dengan cara ini adalah jenis library yang di pakai di seluruh aplikasi login,templatte, dan lain-lain
 
2. Menggunakan Perintah Loader Library Kita juga dapat menggunakan library loader untuk me-load library kita. Library loader adalah  sebuah library Codeigniter yang otomatis di load. Loader berfungsi sebagai  pengatur dari sumberdaya-sumberdaya yang  ada di dalam Codeigniter Seperti Model,View,Library,Helper, dan Pluggin.
 
Cara penggunaannya adalah :
 $this->load->library('nama_Library');
 $this->load->helper('nama_helper');  
 $this->load->pluggin('nama_pluggin');                
 
Nama library,helper dan pluggin harus di isi dengan huruf kecil. Ketika
sebuah library telah di load maka library tersebut akan menjadi properti pada object Controller.
 
Adapun cara penggunaanya adalah sebagai berikut :
 
$this->nama_library->fungsi();
 

Library Codeigniter

Secara otomatis Codeigniter telah menyediakan library yang dapat di gunakan secara langsung . Adapun library yang telah tersedia antara lain :
 
  • Benchmarking Class 
Library ini di gunakan untuk melakukan pengukuran terhadap aplikasi yang di buat. Seperti untuk mengetahui berapa lama waktu eksekusi dan berapa jumlah memori yang di gunakan. Library ini sudah di gunakan dan di load secara otomatis oleh Codeigniter.
  • Calender Class
Library ini di gunakan untuk membuat dan menampilkan kalender
  • Cart Class
Library ini di gunakan untuk membuat keranjang berbelanja. Library ini memiliki ketergantungan terhadap kelas session, karena item-item yang ada di dalam chart tersebut di simpan di dalam session
  • Config Class
Library ini berfungsi untuk mengambil data-data di dalam file konfigurasi. Library ini sudah di- load secara otomatis oleh Codeigniter.
  • Database Class
Library ini di gunakan untuk memanipulasi serta mendapatkan data dari sebuah database. Secara default database yang di dukung oleh codeigniter adalah mysql,mssql,oracle dan postgres. Sedangkan database yang tidak di dukung secara langsung oleh Codeigniter dapat di bantu dengan driver odbc
  • Email Class
Library email di gunakan untuk mengirimkan email. Pengiriman email tersebut bisa di lakukan dengan menggunakan protokol mail,send mail dan smtp.sqawd
  • Encryption Class 
Library ini di gunakan untuk melakukan penyandian terhadap string tertentu
  • File uploading Class 
Library ini di gunakan ketika kita ingin meng-upload file. Kelas ini sudah cukup lengkap karena telah di lengkapi dengan pengecekan jenis file dan ukuran file.
  • Form validation Class
Library ini di gunakan untuk mengecek kekurangan dalam form yang telah di submit oleh user
  • FTP Class
Library ini di gunakan untuk meng-upload atau download file melalui ftp server
  • HTML table class
Library ini di gunakan untuk mengupload atau mendownload file melalui ftp server
  • Image manipulation class
Library ini di gunakan untuk mengolah gambar. Adapun fungsi-fungsi yang telah di sediakan adalah image resizing, Thumbnail Creation,Image cropping, Image Rotating dan Image Watermaking
  • Input dan security Class
Library input dan security berfungsi untuk menjamin bahwa inputan dari form bersih dari inputan-inputan user yang tidak jelas
  • Language Class 
Library ini di gunakan untuk mengatur bahasa apa yang akan di pakai oleh Codeigniter
  • Pagination Class
Library ini berfungsi untuk mem-paginate hasil database agar tetap performance dan usability. Kita bisa mengontrol berapa banyak record yang ingin kita tampilkan di setiap halaman website kita.
  • Session Class
Library session dapat di gunakan untuk memelihara informasi status tentang user (seperti layaknya session di PHP). Tetapi library ini tidak menggunakan session yang dibagun dari PHP
  • Template Parser Class
Library ini di gunakan untuk membuat template yang   bisa mengurai variabel sederhana atau pasangan tag variabel.
 
                     
Tags

About The Author

Rafi johari 35
Ordinary

Rafi johari

Programmer yang baik menggunakan otaknya, tapi kerangka kerja yang baik menghemat waktu untuk berpikir

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel