Potret Desa Wisata di Temanggung

31 Jul 2019 10:40 498 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Temanggung  dikenal Desa wisatanya yang eksotis dengan seni budaya yang kental membuat beda dan unik dari daerah lain di Indonesia

Wilayah Kabupaten Temanggung berada dikawasan pegunungan dan berbukit - bukit membuat wilayah ini kaya akan keindahan alam yang mempesona. Hamparan sawah yang hijau dihiasi tanaman kopi, tembakau, aneka sayuran nan subur kemudian tak jauh dari lahan pertanian dijumpai pemukiman penduduk berupa perkampungan desa yang selalu menjaga budaya kearifan lokal membuat kawasan ini tetap terjaga kelestarian lingkungan dan budayanya. Kekayaan alam yang ada diberbagai penjuru wilayah Temanggung yang kemudian bangkit kesadaran masyarakat untuk mengembangkan desa wisata.

Potensi pariwisata yang dimiliki Temanggung beragam tersebar diberbagai kecamatan mulai kawasan gunung Sindoro, Sumbing dan gunung Prabu. Geliat maraknya  desa wisata terlihat jelas sejak Pemkab Temanggung meluncurkan 10 desa wisata. 10 desa wisata baru yang ada di wilayah Temanggung digadang- gadang akan menjadi destinasi wisata baru .Sejumlah desa yang ditetapkan sebagai desa wisata telah memiliki obyek wisata yakni wisata alam serta budaya.
    

Keindahan alam Temanggung tak kalah dengan kawasan Dieng yang terkenal desa wisata,budaya keindahan alamnya bila  Temanggung digali beragam potensi wisata secara eksplorasi .Temanggung tidak akan kalah dalam segi pariwisata untuk menyaingi Dieng Temanggung sebagaimana dilansir Media Indonesia tertanggal  1 Oktober 2016  tidak tanggung- tanggung meluncurkan 10 desa wisata untuk menarik wisatawan. 10 desa wisata ini menawarkan keindahan alam maupun cagar budaya.

Sepuluh desa wisata baru yang di bangun Pemkab Temanggung sebagaimana dilansir Suaramerdeka.com tertanggal 12 April 2017 meliputi:

1. Desa Purbosari terletak di kecamatan Ngadirejo 1000 mdpl ini memiliki cagar budaya berupa candi beserta perkampungan zaman Mataram kuno yang terletak tepatnya dusun Liyangan dikenal dengan situs Liyangan yang ditemukan tahun 2008.

2. Desa wisata Ngropoh terletak di kecamatan Kranggan   memiliki budidaya pertanian durian  atau duren Ngropoh .Setiap tahun desa Ngropoh gelar festival durian di Embung Ngropoh .Tradisi unik desa ini  adalah tradisi  Nyadran Sapar kemudian dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit dan kesenian kuda lumping;

3 Desa wisata Traji terletak  di kecamatan Parakan memiliki  wisata Sendang  Sidukun .Setiap bulan Suro di desa Traji digelar ritual Sendang Sidukun 

4.Desa wisata Pagergunung terletak kecamatan Bulu memiliki tradisi khas Wilujengan berupa ziarah dan tahlil ke makam ki ageng Makukuhan di petilasan Plebengan setiap tanggal 21 ramadhan ;

5.Desa wisata Soropadan terletak di kecamatan Pringsurat memiliki wisata  pasar agrowisata di desa Soropadan .Setiap tahun digelar Soropadan Agro Expo  dan tugu Sepuser .Tugu Sepuser di bangun sejak zaman Belanda yang dipercayai sebagai tanda tengah- tengahnya pulau jawa.

6. Desa wisata Menggora terletak di kecamatan Tembarak  memiliki masjid Jami' Menggoro yang setiap Jumat Pahing digelar malam Jumat Pahingan yang diisi dengan dzikir dan pasar malam ,Desa Menggoro terdapat wisata relegi makam   Kyai Pahing kemudian makam ini ramai saat digelar pasar Jumat Pahing di desa Menggoro dengan makanan khasnya Brongkos kikil khas Menggoro, kue cucur, kethek .

 7.Desa wisata Tawangsari terletak kecamatan Wonoboyo  terdapat wisata alam curug Surodipo.Curug Surodipo memiliki 5 curug ,pemandangan indah  dan lokasinya luas dengan kuliner khas Surodipo : sawut merah, ceriping jambu, kopi Surodipo;

8.Desa wisata Kedu terletak di kecamatan Kedu memiliki  wisata religi ki Ageng Makukuhan.Makam Makukuhan ini berada di puncak gunung Sumbing kemudian Ki Ageng Makukuhan adalah penyebar Islam di Temanggung.

9. Desa wisata Tlahab terletak di kecamatan Kledung memiliki wisata alam Posong.Wisata alam Posong ini dapat melihat keindahan 5 jajaran gunung dari kejahuan; gunung merapi, merbabu, telemoyo muria dan ungaran dan melihat golden sunrise;

10. Desa wisata Tegalrejo terletak di kecamatan Ngadirejo memiliki wahana wisata Umbul Jumprit.Umbul Jumprit adalah kawasan mata air berada dilereng gunung Sindoro .Kawasan Jumprit terdapat makam ki Jumprit kemudian situs Umbul Jumprit adalah situs suci bagi agama Budha dan tempat semedi biksu Thailand,Srilangka dan Indonesia .

Selain itu,desa wisata yang lain yang tak kalah menarik adalah desa jumo dapat melihat keindahan gunung Beser dilengkapi gardu pandang kemudian desa wisata Batur terletak di kecamatan Kledung memiliki curug Kuwung.  Desa wisata Ngadimulya terletak di kecamatan Kedu memiliki pasar Prapingan yang memanfaatkan vegetasi alami rumpun bambu yang sebelumnya tidak dimanfaatkan oleh penduduk setempat.

Desa wisata Jombor terletak di kecamatan Jumo memiliki tradisi nyadran gunung Beser Jombor .Tradisi Nyadran ini digelar bertujuan memperingati napak tilas ki Ageng Lintang Trenggono saat bertapa kawasan gunung Beser yang diikuti dari lintas agama ; agama Islam ,Nasrani dan Budha.Desa wisata Lipursari terletak dikecamatan Leksono memiliki wisata alam gunung Beser yang akan dilengkapi agrowisata,embung.Desa wisata Gondosuli terletak di kecamatan Belu memiliki wisata sejarah prasasti Gondosuli peninggalan dinasti Sanjaya

Semenjak desa wisata marak bermunculan diberbagai kecamatan Pemkab Temanggung makin serius garap desa wisata sebagaimana dilansir SuaraMerdeka.com tertanggal 15 Maret 2017 sejak digelar festival desa wisata yang diikuti 10 desa wisata digelar di komplek wisata Makukuhan Kedu.Pemenang festival desa wisata akan diikutsertakan dan mewakili Temanggung ikut festival serupa ke tingkat provinsi Jawa Tengah.

Festival desa wisata yang digelar Pemkab Temanggung ada beberapa kritrleria  yang dinilai mencakup berbagai potensi dimiliki 10 desa wisata seperti; kesenian,produk UKM,yel- yel ,kuliner,keunikan peserta desa wisata.Festival desa wisata disambut baik pelbagai kalangan ,sebab memajukan desa wisata, meningkatkan kebersamaan antar pengurus desa wisata,berbagi informasi,ilmu pengetahuan ,pengalaman .Desa wisata yang ada di Temanggung dinilai sejumlah kalangan masih minim Sumber Daya Manusia atau SDM sehingga dalam waktu dekat akan diadakan study banding dengan mengunjungi desa wisata Nglangeran Patuk gunung kidul.

Pemkab Temanggung saat ini memaksimalkan kearifan lokal yang dimiliki desa wisata sebagaimana dilansir Merdeka.Jateng.com tertanggal 15 Mei 2017 dengan bekerjasama Bank Jateng untuk keperluan pembiayaan bagi potensi pariwisata di Temanggung seperti memperbaiki beragam fasilitas dan lain sebagainya.
     
Desa wisata ini dalam perkembangannya bekerjasama  dengan Badan pemberdayaan masyarakat dan desa atau Bapermades agar alokasi dana utuk desa wisata .Desa wisata yang tersebar di berbagai kecamatan di Temanggung madih mengalami kendala seperti ; infratuktur manajemen,pengelolaan dan SDM masih lemah home stay. Anggaran dana desa wisata liyangan  Apbn 2,5 milyar,tawangsari 5 milyar,curug surodipo.

Tags

About The Author

Ningsih 29
Pena

Ningsih

seorang penulis yang lagi belajar menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel