Potret Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Temanggung

29 Jul 2019 17:50 306 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ekonomi Masyarakat Temanggung saat ini berfokus pada pertanian dari sektor tembakau, kopi dan jagung 

Wilayah kabupaten Temanggung sebagian besar didataran tinggi yang mata pencahariannya masyarakat Temanggung adalah petani. Potensi ekonomi di wilayah Temanggung yang memiliki sektor terbesar di wilayah ini adalah pertanian. Beragam yang bergerak di bidang pertanian sangat tergantung pada cuaca dan hanya salah satu komoditi kopi.

Komoditi kopi adalah sektor terbesar kedua setelah komoditas yang dikembangkan oleh petani Temanggung. Jepang tanaman kopi yang ditanam petani kopi di wilayah Temanggung adalah kopi arabika, kopi robusta dan kopi lanang. Kopi Arabika tersebar di 10 kecamatan di wilayah Temanggung guna dibayar; kecamatan Parakan seluas 38,75 hektar, kecamatan Bulu 170,86 hektar, kecamatan Tembarak seluas 20,00 hektar, kecamatan Kaloran seluas 9,00 hektar, kecamatan Ngadirejo 81,70 hektar, kecamatan Candiroto 96,93 hektar, kecamatan Tretep luas 293 , 00, kecamatan Kledung seluas 578,09 hektar, kecamatan Bansari seluas 40,45 hektar, kecamatan Tlogomulya seluas 5,00 hektar, kecamatan Selopampang seluas 49,00 hektar dan kecamatan Wonoboyo seluas 46,70 hektar.

Total jumlah lahan pertanian kopi arabika diwilayah Temanggung mencapai 1,429,48 hektar dengan jumlah petani 8,559 orang .Asal mula pertanian kopi arabika di Temanggung bermula dari petani pendahulu / nenek moyang menanam tanaman kopi sebagai penguat teras atau tanaman konservasi juga sebagai tanaman diversifikasi di samping tanaman tembakau .Tanaman kopi arabika kemudian dikembangkan menjadi perkebunan kopi  tanpa tanaman tembakau tahun 2001 pertama kali dilakukan di beberapa wilayah  kecamatan yaitu kecamatan Tretep dan kecamatan Wonoboyo.Semenjak itulah kopi arabika berkembang menjadi komoditi yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Temanggung.

Pada perkembangan selanjutnya komoditi kopi diwilayah Temanggung tidak saja ditanam kopi arabika melainkan juga kopi glondongan jenis robusta yang tersebar dibeberapa kecamatan  meliputi : kecamatan Pringsurat ,Kranggan,Kaloran,Kandangan,Jumo,Gemawang,Candiroto,Bejen dan Wonoboyo. Petani  yang ada di Temanggung kebanyakan adalah petani kopi jenis robusta .Temanggung adalah penghasil kopi terbesar di Jawa Tengah dengan  citarasa yang khas ,karena tanaman kopi yang di Temanggung berdampingan dengan tanaman tembakau sehingga sari- sari tembakau diserap oleh tanaman kopi secara alami .Citarasa kopi ini tidak ditemukan citarasa kopi daerah lain kemudian menariknya produk kopi Temanggung unjuk gigi di kancah internasional di negara Atlanta ,Amerika dalam kontes SCAA adalah kompetisi premium paling bergengsi di dunia.

Komoditi lain yang mampu meningkatkan pendapatan ekonomi kabupaten Temanggung yaitu komodi tembakau .Komoditi tembakau adalah sektor terbesar bagi masyarakat Temanggung,bahkan sebagian besar mata pencaharian masyarakat Temanggung adalah petani tembakau.Jenis tembakau yang terkenal di Temanggung adalah tembakau Srintil .Komoditi tembakau inilah para petani dapat memenuhi kebutuhan sehari- hari membeli mobil,membangun rumah membeli peralatan dapur modern dan lainnya .Tembakau yang ada di wilayah Temanggung telah lama kerjasama dengan perusahaan rokok terkenal Gudang Garam tak heran gudang- gudang tembakau  ditemukan diarea perkebunan tembakau dan deretan mobil siap mengangkut tembakau ketika panen raya tiba.

Budidaya tanaman tembakau di wilayah Temanggung telah lama melakukan penanaman tembakau berdampingan dengan tanaman kopi.Hampir semua sentra perkebunan kopi dan tembakau di wilayah  Temanggung  dilereng-- lereng gunung Sindoro- gunung sumbing dapat dijumpai tanaman kopi sebagai tanaman pendamping tanaman tembakau sebagaimana dilansir Kompas,com tertanggal 19 Febuary 2027 hal tersebut sebagai fungsi konservasi yang memperbaiki kualitas tembakau.

Tanaman kopi pendamping tanaman tembakau ini memiliki nilai ekologi juga nilai ekonomi tinggi.Tembakau berpadu dengan kopi bagi petani sebagai sirkulasi  ekonomi yang tak akan pernah mati di tingkat petani .Perpaduan tembakau dan kopi arabika  disatu sisi tembakau semakin berkualitas ,sedangkan disisi lain biji kopi Temanggung menghasilkan citarasa yang unik berbeda dengan citarasa biji kopi di daerah lain.Petani tembakau di wilayah Temanggung kini mengalami dilema tiada berakhir akibat harga tembakau terus mengalami penurunan harga tiada kepastian .

Harga tembakau akhir- akhir ini terus mengalami penurunan sebagaimana dilansir Kompas.com tertanggal 31 Januari 2017 akibat ulah para tengkulak tanpa kartu anggota  yang mencampur tembakau kualitas baik dengan   tembakau kualitas rendah yang gradenya dibawah sandar .Tembakau harga turun sebagaimana dilansir Viva.co.id tertanggal 30 Maret 2017  akibat pemerintah mengimpor tembakau dari negara Cina yang melebihi produksi lokal .Impor tembakau mematikan tembakau produksi petani Temanggung membuat para petani tembakau di wilayah Temanggung  mengalihfungsikan lahan yang biasanya untuk tanaman tembakau ke tanaman palawija,sayuran,buah- buahan  dan tanaman cabe yang hasilnya lebih menguntungkan.

Potensi ekonomi wilayah Temanggung  yakni sektor industri. Sektor industri di wilayah ini telah lama berkembang antara lain industri kayu lapis yang banyak berdiri di kawasan Temanggung .Industri kayu lapis jumlahnya puluhan tersebar dibeberapa kecamatan diantaranya; kecamatan Pringsurat dan kecamatan Kranggan .

Potensi ekonomi yang lain mampu meningkatkan kesejahteraan dan  berkembang pesat di kawasan Temanggung yaitu; sektor pariwisata.Pemkab Temanggung dewasa ini sedang gencar- gencarnya membangun infratruktur dan kegiatan promosi berkaitan dengan pariwisata .Pariwisata yang berkembang di Temanggung ini mengalami kemajuan pesat hampir semua potensi berkaitan pariwisata baik alam,sejarah,budaya,adat istiadat ,kerajinan tangan,kuliner ,kesenian tradisional,atraksi budaya hingga mendirikan desa wisata dengan segala cirikhasnya terus dikembangkan .seakan Temanggung tak ingin kalah Dieng yang terkenal obyek wisatanya.

Kegiatan promosi yang berkaitan dengan gencar dilakukan Pemkab Temanggung agar tujuan wilayah Kabupaten Temanggung menjadi tujuan wisata. Pilihan ini Temanggung hanya sebagai daerah tujuan antartujuan wisata kemudian semenjak itu Temanggung meningkatkan transportasi kepariwisataan dan menjadi daerah tujuan wisata. Tak heran 5 tahun lalu Temanggung dapat bersolek dengan giat membangun infratruktur / fasilitas, bahkan tahun 2016 luncurkan 10 desa wisata untuk bersaing Dieng dan bersaing menjadi tujuan wisata.
      
Tingkat pertumbuhan ekonomi Peningkatan pertumbuhan ekonomi tersebut didukung oleh sektor pertanian, perdagangan, perindustrian, pariwisata.

Tags

About The Author

Ningsih 29
Pena

Ningsih

seorang penulis yang lagi belajar menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel