5 Hal yang Membuat Sifat Penyendiri itu Sebenarnya Menguntungkan

11 Jul 2019 17:35 347 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Seorang penyendiri? Jangan merasa punya kualitas lebih rendah daripada orang lain.

Banyak penelitian yang meneliti soal bagaimana menjadi seorang penyendiri itu tidak baik bagi kesehatan. Mulai dari sebuah universitas ternama yang menyimpulkan bahwa menyendiri itu dapat menyebabkan kematian dengan level resiko sama dengan penyakit diabetes.

Karena menurut hasil penelitian universitas tersebut, kehidupan dengan tingkat sosialisasi yang tinggi sangatlah penting bagi fungsi kognitif, fungsi motorik dan kelancaran dalam berjalannya sistem imunitas tubuh.

Namun kasus tersebut biasanya hanya terjadi pada mereka yang memiliki tingkat kesendirian ekstrim, seperti mereka yang terkena hukum pancung seumur hidup, ataupun isolasi di penjara seumur hidup sehingga tidak bisa bersosialisasi.

Namun jangan khawatir, karena bagi mereka yang juga penyendiri tidak separah apa yang sudah dinyatakan di atas, ada beberapa keuntungan bagi mereka yang juga adalah penyendiri. Khususnya bagi kondisi emosional serta pekerjaannya.

 

1. Meningkatkan Kreativitas

Dengan sifat penyendiri, biasanya seseorang itu memiliki tingkat kreativitas yang tinggi. Seperti sebuah pernyataan yang dinyatakan oleh seorang psikolog asal California bernama Gregory Feist. Ia mengatakan bahwa mereka yang biasanya suka hidup menyendiri atau tidak begitu suka bersosialisasi biasanya memiliki tingkat kreativitas yang tinggi.

Kreativitas sendiri menurut George selalu terhubung dengan yang namanya khayalan, kepercayaan diri serta kebebasan, dimana ketiga sifat tersebut biasanya dimiliki oleh mereka yang suka menyendiri.

 

 

2. Meningkatkan Fokus

Orang yang penyendiri itu cenderung memiliki sedikit hal yang diperhatikan ketimbang orang-orang yang suka bersosialisasi.

Contohnya, seseorang yang suka bersosialisasi itu harus memperhatikan orang-orang yang mereka temui, kemudian mengingat wajah dan facial features mereka, serta mengingat sifat mereka. Berbeda halnya dengan mereka penyendiri, perhatian mereka tidak terbagi-bagi dan andaikan terbagi-bagi juga, biasanya mereka hanya memperhatikan beberapa hal saja.

Dengan perhatian yang tidak banyak terbagi ataupun sama sekali tidak ada perhatian terhadap hal lain, seorang penyendiri bisa dapat fokus ketika melakukan suatu hal ataupun mendapatkan pekerjaan yang menuntutnya harus fokus.

 

 

3. Meningkatkan Produktivitas

Seseorang yang jarang menyendiri atau memiliki sifat yang over-extroverted biasanya tidak memiliki waktu untuk mendiagnosa keadaan sendiri, ataupun mengintrospeksi diri sendiri karena umumnya kedua hal tersebut biasa dilakukan ketika orang sedang menyendiri atau sedang menggunakan waktu pribadinya untuk menyendiri.

Mereka yang jarang melakukan hal di atas biasanya akan stagnan dalam melakukan suatu hal. Berbeda dengan mereka penyendiri yang punya banyak waktu untuk melakukan hal-hal di atas, bisa membuat produktivitas mereka meningkat dibandingkan biasanya.

 

 

4. Seorang Penyendiri itu Umumnya Jujur

Seorang penyendiri itu umumnya tidak peduli tentang apa yang terjadi disekitarnya. Contohnya saja ada tetangganya yang sukses, biasanya seorang penyendiri itu tidak begitu peduli.

Dan ketika ditanya seberapa sukses seorang penyendiri tersebut, sudah nikah atau belum, ataupun pertanyaan-pertanyaan sensitif lainnya biasanya tidak begitu berpengaruh terhadap seorang penyendiri. Oleh karena itu, biasanya mereka akan menjawab jujur tentang pertanyaan-pertanyaan tersebut, karena mereka tidak mencari posisi sosial yang tepat bagi mereka di masyarakat.

 

 

5. Pengeluaran yang Jauh Lebih Rendah

Punya pacar atau istri? Sering jalan-jalan?

Mungkin bagi mereka yang punya pasangan atau keluarga untuk bepergian, ada keseruan dan kebahagiaan tersendiri yang tentunya tidak akan dapat dinikmati oleh mereka penyendiri. Namun bagi penyendiri, ada juga kenikmatan tersendiri yang tidak dapat dinikmati oleh mereka yang suka berjalan-jalan dengan orang lain, yaitu pengeluaran yang lebih rendah.

Pengeluaran yang lebih rendah disini disebabkan oleh pengeluaran untuk jalan-jalan tersebut hanya digunakan untuk si penyendiri saja. Selain itu juga seorang penyendiri bisa bebas menentukan ingin pergi kemana tanpa adanya batasan-batasan tertentu. -BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 53
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel