PHP & Object Oriented Programming

9 Jul 2019 09:52 500 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Penjelasan PHP dasar, untuk Anda yang baru belajar.


Apasih PHP ?


PHP (PHP : Hypertext Preprocessor) adalah sebuah bahasa pemrograman di sisi server .Ketika anda mengakses sebuah URL, maka web browser akan melakukan request ke sebuah web server.

Misalnya kita me-request sebuah file PHP "http:www.belajar_PHP/index.php" maka web server akan melakukan parsing terhadap file tersebut.PHP parser yang menjalankan kode-kode PHP yang terdapat pada file index.php lalu mengirimkan hasilnya ke web browser.

 


Sejarah PHP  


Pada tahun 1994 , Rasmus Lerdorf mengembangkan sebuah perkakas yang digunakan sebagai engine parsing sebagai penerjemah beberapa macro. Pada saat itu engine digunakan  untuk pembuatan buku tamu, counter dan beberapa homepage. Ia menamai engine parser  tersebut dengan nama PHP/FI.


Dengan semangat opensource, para pengembangan di dunia mencoba mengembangkan PHP/FI. Sampai pada tahun 1997,lebih dari 500.000 website di dunia menggunakan PHP/FI untuk menyelesaikan masalah seperti koneksi ke database, menampilkan content yang dinamis dan lain-lain.


Pada juni 1998, PHP 3.0 dirilis. Pada saat itu PHP sudah mendukung multiflatrom (bukan hanya linux),webserver, sejumlah database,SNMP(Simple Network Management Protocol) and IMAP  (Internet Message Access Protocol).

 

Cara Menggunakan  PHP

Ketika kita ingin mempelajari PHP, hal pertama yang harus disiapkan adalah sebuah web server ,seperti yang sudah di bahas sebelumnya bahwa PHP merupakan bahasa pemrograman di sisi server. Banyak sekali web server yang dapat digunakan , antara lain Apache, IIS,iPlanet,Omnni,dan lain-lain.

PHP dapat diperoleh secara gratis dengan cara men-download dari situs resmi  PHP "http://www.php.net/downloads.php" atau website lain yang menyediakan  program PHP untuk di download.

Sebelum menginstal PHP,terlebih dahulu harus meng-install web server.Setelah PHP terinstall, anda dapat meletakkan source code PHP ke dalam folder yang akan di publish oleh web server dengan ekstensi file.php.

Jika tidak ingin direpotkan dengan proses konfigurasi dan implementasi webserver, Anda dapat mengggunakan software yang sudah terpaket  menjadi satu antara PHP,APACHE DAN MySQL . Contoh software-nya adalah XAMPP,FOX Server,Mampp,PHPTRIAD, dan lain-lain.

 

Apasih Object Oriented Programming (OOP) ?   

Object Oriented Programming adalah paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada obyek. Semua data dan fungsi dibungkus dalam kelas-kelas atau obyek-obyek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur ,setiap obyek dapat menerima pesan,memproses data,dan mengirimkan pesan ke obyek lainnya.

OOP di ciptakan untuk mengatasi keterbatasan pada bahasa pemrograman tradisional. Konsep dari OOP sendiri adalah semua pemecahan masalah dibagi ke dalam obyek. Dalam konsep OOP data dan fungsi-fungsi yang akan mengoprasikannya digabungkan menjadi  satu kesatuan yang dapat disebut sebagai obyek.

 

Apa itu Object?  

Sederhananya, sebuah obyek adalah kumpulan dari variabel dan fungsi yaang dibungkus menjadi satu entitas. Entitas tersebut dapat berupa variabel biasa.Sebuah obyek diciptakan melalui sebuah kelas atau dengan istilah instance of class . Obyek memiliki 2 elemen utama :

  1. Attributes atau Properties : nilai-nilai yang tersimpan dalam obyek tersebut dan secara  langsung maupun tidak langsung menentukan karakteristik dari obyek tersebut.
  2. Method : Suatu aksi yang akan dijalankan atau dikerjakan oleh obyek tersebut

  

Apa itu Class? 

Class dapat didefinisikan sebagai struktur data atau cetak biru dari suatu obyek.Lebih jelasnya adalah sebuah bentuk dasar atau blueprint yang mendefinisikan variabel, method umum pada semua obyek. Adapun class merupakan definisi statik  dari himpunan obyek yang mungkin diciptakan sebagai instansi dari class.

Perhatikan contoh class di bawah ini

Contoh di atas memperlihatkan bagaiman mendefinisikan sebuah class dan meng-create sebuah instance dari class. Pada contoh di atas kita membuat sebuah class bernama "laptop". Dalam pembuatan class,pertama  kita menggunakan kata kunci class yang diikuti oleh nama class,kemudian di akhiri dengan kurung kurawal. Di dalam kurung kita menuliskan kode program agar class tersebut bisa bekerja seperti yang diinginkan.  

Kode-kode di dalam sebuah class terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu property dan method. Property adalah suatu wadah penyimpanan di dalam class yang bisa menampung informasi. Sederhananya, property bisa disebut sebagai variabel di dalam class. Sedangkan method adalah fungsi yang ada di dalam class.

Setiap property dan method memiliki identifier. Identifier-lah yang mengatur bagaimana property  dan method digunakan. Identifier tersebut adalah public, private,  dan protected. Private berarti method atau property yang ada di dalam suatu class hanya bisa diakses di dalam class-nya. Sedangkan pada method dan property yang bersifat public berarti method atau property tersebut bisa di akses di dalam dan di luar class.

Tags

About The Author

Rafi johari 14
Pensil

Rafi johari

Programmer yang baik menggunakan otaknya, tapi kerangka kerja yang baik menghemat waktu untuk berpikir

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel