Apa itu "Codeigniter"? Pengenalan dan Keunggulannya

8 Jul 2019 15:15 382 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Yuk kita mengenal apa itu Codeigniter yang juga merupakan sebuah framework PHP.

                                                     

 

Perkenalan Codeigniter

Akhir-akhir ini Codeigniter menjadi sebuah framework yang hangat di bicarakan di Indonesia.Hampir semua forum PHP banyak membahas masalah Codeigniter.Codeigniter adalah sebuah framework PHP yang dapat mempercepat pengembangan untuk membuat sebuah aplikasi web.

Ada banyak library dan helper yang berguna di dalamnya dan tentunya mempermudah proses development.Ibarat ingin membangun rumah maka anda tidak perlu membuat semen,memotong kayu menjadi papan,mengubah batu menjadi porselen dan lain-lain.Anda cukup memilih komponen-komponen tersebut lalu dikombinasikan menjadi rumah yang indah.

Jadi keuntungan yang di dapat dalam penggunaan framework adalah :

  • Menghemat Waktu Pengembang - Dengan struktur dan library yang telah disediakan oleh framework maka tidak perlu lagi memikirkan hal tersebut,jadi anda hanya akan fokus ke proses bisnis yang akan dikerjakan
  • Reuse Of Code - Dengan menggunakan framework maka pekerjaan kita akan memiliki struktur yang baku,sehingga kita dapat menggunakannya kembali di proyek-proyek lainnya
  • Bantuan Komunitas - Ada komunitas-komunitas yang siap membantu jika ada permasalahan,selain itu juga bisa berbagi ilmu sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemrograman kita
  • Kumpulan Best Practice - Sebuah framework merupakan kumpulan best pratice yang sudah teruji. Jadi kita dapat meningkatkan kualitas kode kita

Sebelum mendalami Codeigniter lebih dalam ,sebaiknya dipahami terlebih dahulu apa itu framework. Framework adalah sebuah struktur konseptual dasar yang digunakan untuk memecahkan sebuah permasalahan,bahkan isu-isu kompleks yang ada.Sebuah framework telah berisi sekumpulan arsitektur yang dapat mempermudah dalam pemecahan suatu masalah.

Perlu diingat  framework bukanlah peralatan/tools untuk memecahkan sebuah masalah ,tetapi sebagai ALAT BANTU. Framework hanya menjadi sebuah  kontruksi dasar yang menopang sebuah konsep atau sistem yang bersifat "essential support" (penting tapi bukan komponen utama).

 

Kenapa Menggunakan Framework ?   

Salah satu alasan mengapa seseorang menggunakan framework terutama dalam membangun sebuah aplikasi adalah kemudahan yang ditawarkan.Dalam sebuah framework biasa nya sudah tersedia struktur aplikasi yang baik,Standard Coding(1), Best Practice(2),Design Pattern (3), dan Common function (4).Dengan menggunakan framework kita dapat langsung fokus kepada bussiness process yang dihadapi tanpa harus berfikir banyak masalah struktur aplikasi ,standar coding ,dan lain-lain.

Dengan memanfaaatkan design pattern dan common function yang telah ada di dalam framework maka hal tersebut dapat mempercepat proses pengembangan aplikasi. Kita tidak perlu membuat sesuatu fungsionalitas yang  bersifat umum.

Selain kemudahan dan kecepatan dalam membangun sistem. Dengan menggunakan framework tertentu kita juga dapat menyeragamkan cara kita mengimplementasikan kode program. 

 

Apa itu Codeigniter ?

Codeigniter adalah sebuah web application framework yang bersifat open source yang digunakan untuk membangun aplikasi php dinamis.Tujuan utama pengembangan codeigniter adalah untuk membantu developer untuk mengerjakan aplikasi lebih cepat dari pada menulis semua kode dari awal.

Codeigniter menyediakan berbagai macam library yang dapat mempermudah dalam membuat suatu aplikasi web.Framework ini diperkenalkan pada publik pada tanggal 28 februari 2008.

 

Apa sih Kelebihan Codeigniter ? 

  • Menggunakan metode MVC (Model,View,Controller) - Dengan menggunakan metode MVC struktur kode yang dihasilkan menjadi lebih terstruktur dan memiliki standard yang jelas.
  • URL Friendly - URL yang dihasilkan sangat bersabahat. Pada Codeigniter diminimalisi penggunaan $_GET dan digantikan dengan URL.
  • Kemudahan - Kemudahan dalam mempelajari,membuat library dan helper,memodifikasi serta meng-integrasikan Library dan Helper.
  •  

Jika kita membandingkan antara Codeigniter dengan Framework lainnya maka beberapa poin yang membuat Codeigniter unggul adalah :

  • Kecepatan - Berdasarkan hasil benchmark Codeigniter merupakan salah satu framework PHP tercepat yang ada saat ini.
  • Mudah di modifikasi dan Beradaptasi - Sangat mudah memodifikasi tingkah laku framework ini.Tidak membutuhkan server requirement yang macam-macam serta mudah mengadopsi library lainnya
  • Codeigniter sangat mudah dipelajari - Dalam pemilihan framework hal ini sangat penting diperhatikan karena kita juga harus memperhatikan skill dari seluruh anggota team. Jika sebuah framework sulit untuk dipelajari maka akan beresiko menghambat  team development anda untuk menyelesaikan pekerjaannya  

 

Apa itu MVC ?

MVC adalah konsep dasar yang harus diketahui sebelum mempelajari codeigniter karena kalian akan selalu berhubungan dengan konsep ini. MVC adalah singkatan dari Model,View, dan Controller .MVC sebenarnya adalah sebuah tekhnik pemrograman yang memisahkan alur pikir, penyimpanan data dan antar muka aplikasi atau secara sederhana adalah memisahkan  antara desain, data dan proses. Adapun komponen MVC antara lain :

1. Model

 Model berhubungan dengan data dan interaksi ke database.Biasanya di dalam model  akan berisi class atau fungsi untuk mengambil,melakukan update maupun delete (hapus data). Maka pada bagian Model biasanya akan berhubungan dengan perintah query SQL.

 

2. View

View berhubungan dengan segala sesuatu yang akan ditampilkan  ke end-user.Kita harus menghindari adanya logika atau pemrosesan data di View. Di dalam view hanya berisi data yang siap di tampilkan.

 

3. Controller

Controller bertindak sebagai penghubung antara Model dan View. Di dalam controlle inilah terdapat class-class dan fungsi-fungsi yang memproses permintaan dari View ke dalam struktur data di dalam Model. Controller juga sebenarnya tidak boleh berisi kode untuk mengakses basis data,karena tugas ini telah diserahkan kepada Model.

Tags

About The Author

Rafi johari 22
Pensil

Rafi johari

Programmer yang baik menggunakan otaknya, tapi kerangka kerja yang baik menghemat waktu untuk berpikir

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel