AptX, Teknologi yang Mengubah Opini Negatif Soal True Wireless Earphones

4 Jul 2019 12:26 398 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Yuk mengenal teknologi aptX!

Kembali lagi dengan Buricak Burinyai!

Karena penulis saat ini sedang mencari true wireless earphones, maka pada artikel kali ini kita bahas lagi soal TWS earphones ya?!

Pada TWS earphones, mungkin sudah banyak yang tahu kalau kelemahan dari perangkat ini adalah kualitas suara serta delay suara ketika kita mendengarkan musik, menonton video atau bahkan bermain game.

Tapi jangan khawatir karena masalah tersebut sekarang ini sudah terpecahkan dengan sebuah teknologi dari perusahaan Qualcomm bernama aptX.

Sebelumnya mari kita simak terlebih dahulu bagaimana sebuah lagu itu bisa didengar tanpa adanya perantara kabel. Bagi yang belum tahu, koneksi dari bluetooth itu ibarat sebuah sambungan pipa air yang menghubungkan mesin pompa dengan bak. Setiap pipa pasti punya diameternya masing-masing, begitu pula dengan koneksi bluetooth.

Artinya, file yang bisa ditransfer atau disalurkan lewat bluetooth itu terbatas. Contohnya mudahnya, ada sebuah lagu dengan ukuran 25MB dan ukuran lagu 100MB disalurkan lewat koneksi bluetooth ke sebuah perangkat TWS earphones. Maka lagu yang terdengar oleh kita melalui earphones tersebut akan sama saja atau malah lebih bagus yang 5MB. Hal tersebut dikarenakan koneksi bluetooth memiliki batas penyaluran maksimal dikarenakan diameter “pipa” yang dimiliki koneksi bluetooth tersebut.

Akibatnya, lagu yang harusnya kaya akan detil menjadi lagu yang biasa saja ketika didengar menggunakan TWS earphones, atau video yang ditonton mengalami delay suara sehingga mengurangi kenyamanan dalam menonton video tersebut.

 

 

Cara Kerja aptX

Cara kerja aptX secara umum sangatlah mudah untuk dipahami. Ketika sebuah file audio dikirim melalui koneksi bluetooth, teknologi aptX akan bekerja dengan melakukan kompresi pada file audio tersebut sehingga ukurannya lebih kecil dari ukuran aslinya tanpa mengurangi kualitas audio yang dikirimkan tersebut.

Dengan ukuran audio yang lebih kecil daripada ukuran aslinya, file audio tersebut akan lebih mudah tersalurkan sehingga kualitas yang kita dengarkan tidak akan berbeda jauh dengan aslinya atau bahkan mendekati aslinya jika dibandingkan dengan menyalurkan audio tersebut tanpa bantuan teknologi aptX.

Selain itu, codec aptX juga membuat file audio yang disalurkan ke telinga kita terminimalisir dari yang namanya delay.

 

 

Jenis aptX

Tidak hanya aptX biasa, teknologi aptX dari Qualcomm juga memiliki spesifikasi masing-masing yang tentunya memiliki kelebihan tersendiri.

Yang pertama adalah aptX HD. Yaitu teknologi aptX yang mampu atau lebih berfokus penyaluran audio berkualitas HD. Yang disalurkan tentunya bukanlah audio berkualitas HD original, melainkan audio HD yang sudah disesuaikan oleh teknologi aptX HD.

Yang kedua adalah aptX Low Latency. Teknologi aptX ini lebih berfokus ke pengurangan delay dari audio yang disalurkan. Sehingga audio yang didengarkan ketika menonton video atau bermain game akan terasa sama dengan ketika kita menggunakan earphones yang menggunakan kabel.

Yang terakhir adalah aptX Adaptive. Dari sumber yang penulis telusuri, teknologi aptX ini adalah kombinasi antara kualitas audio premium yang kuat, transmisi audio dengan bit rate yang kecil serta teknologi yang membuat audio memiliki low latency atau tingkat delay yang juga rendah. Dengan kata lain, codec aptX Adaptive ini memungkinkan sebuah file audio disalurkan sesuai dengan kebutuhannya secara optimal. Ketika butuh audio dengan kualitas setara HD, maka teknologi ini akan menyalurkannya dengan kualitas tersebut; atau ketika butuh audio dengan low latency, maka teknologi ini juga akan menyalurkannya dengan kebutuhan tersebut.

Akhir kata, teknologi aptX ini adalah sebuah teknologi yang dapat mengubah persepsi miring atau negatif soal TWS earphones. Seperti opini soal kualitas suara yang tidak sebagus aslinya, ataupun suara yang mengalami delay ketika mendengarkan sebuah video atau bermain games menggunakan TWS earphones ataupun gadget sebagai media penyalur suara yang menggunakan koneksi bluetooth.

Untuk artikel berikutnya, penulis akan menuliskan beberapa True Wireless Earphones yang sudah menggunakan teknologi tersebut. Agar Anda yang sekarang ini sedang bingung mencari pengalaman mendengarkan musik nirkabel namun masih bimbang akibat suara delay ataupun suara yang kualitasnya rendah dapat membulatkan tekad Anda untuk mulai menggunakan True Wireless Earphones. Let’s embrace the future! -BB-

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 53
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel