Google Family Link, Aplikasi Asisten bagi Orang Tua

2 Jul 2019 12:05 561 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jangan biarkan anak Anda kecanduan produk-produk digital!

Di zaman dimana teknologi kian canggih, kebutuhan Anda akan produk-produk digital juga semakin bertambah. Khususnya anak-anak yang memiliki rasa ingin tahu sangat tinggi terhadap sesuatu, akan jauh memiliki kebutuhan digital mungkin jauh diluar perkiraan Anda sebagai orang tua.

Pada dasarnya, rasa ingin tahu tersebut memang akan menimbulkan positif karena anak-anak disini akan belajar sesuatu yang baru setiap saatnya dengan mereka mengeksplorasi dunia digital lewat perangkat smartphone atau tablet mereka.

Tapi sayangnya, ketagihan atau addiction terhadap produk-produk digital juga adalah sebuah hal yang tidak baik jika dilakukan dengan berlebihan. Contohnya saja, seorang anak yang suka menonton video di YouTube akan banyak belajar tentang hal-hal yang menyangkut ilmu, tren, dan teknologi yang bisa mengembangkan atau memunculkan bakat terpendamnya. Namun, video di YouTube tidak selalu memiliki pengaruh yang baik bagi anak. Ada video-video atau konten-konten yang tidak bermanfaat bahkan memberikan pengaruh negatif bagi anak.

Selain itu, terlalu lama menonton YouTube juga tidak baik bagi anak. Selain karena akan mengisolir kehidupannya dari masyarakat sosial, anak yang terlalu lama menonton video di YouTube juga akan tumbuh menjadi seorang pribadi yang tidak cocok dengan lingkungan sekitarnya.

 

Disinilah aplikasi bernama “Google Family Link” Menunjukkan kehebatannya.

 

Aplikasi besutan Google bernama “Google Family Link” adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu para orang tua untuk mengatur anak-anaknya para pengguna smartphone ataupun tablet yang dapat membantu menuntun mereka ketika mereka bermain, belajar ataupun mengeksplorasi dunia digital menggunakan perangkat kesayangannya tersebut.

Lalu apa saja kelebihan dari Google Family Link ini?

Untuk lebih detilnya, mari saksikan penjelasan di bawah ini.

 

Tentukan aplikasi apa yang baik dan tidak baik bagi anak Anda.

Seperti halnya ketika orang tua memberikan jam malam pada anaknya, ataupun memberikan batasan waktu ketika bermain game konsol, Google Family Link juga dapat menjadi media untuk Anda mengawasi dan mengatur anak Anda.

Mengawasi disini memiliki arti bahwa Anda sebagai orang tua akan memiliki hak untuk melihat hal apa saja yang anak Anda lakukan dengan smartphone-nya. Selain itu juga, Anda akan dapat melihat berapa lama anak Anda menggunakan sebuah aplikasi. Jika memang anak Anda menggunakan aplikasi tersebut terlalu lama, maka Anda dapat membatasinya menggunakan salah satu fitur dari Google Family Link.

Google Family Link juga memiliki fitur yang memungkinkan Anda sebagai orang tua untuk memblokir aplikasi yang anak Anda ingin download. Dengan begitu, Anda akan dapat menentukan mana aplikasi yang memang layak atau baik bagi buah hati Anda, dan mana aplikasi yang tidak layak atau tidak baik bagi mereka.

Bagi Anda yang takut anak Anda membeli sembarang aplikasi dengan menggunakan kartu kredit ataupun saldo Google Play yang ada pada smartphone-nya, disini juga Anda akan dapat mengatur otoritas mereka dalam mengakses tampilan jual beli tersebut.

Anda mungkin bertanya-tanya, “Bagaimana kalau setiap aplikasi yang diunduh anak saya itu tidak baik semua?”. Jawabannya sangatlah mudah; dengan Google Family Link, Anda juga akan mendapatkan rekomendasi aplikasi-aplikasi apa saja yang layak atau baik untuk mereka.

 

 

Atur waktu mereka menggunakan smartphone atau tabletnya.

Seperti yang sudah dicontohkan di atas, terlalu lama menggunakan smartphone ataupun tablet dapat membuat anak terisolir dari kehidupan sosialnya di masyarakat. Selain itu juga anak tersebut mungkin akan tumbuh menjadi pribadi yang tidak cocok dengan lingkungan tempat hidupnya sekarang.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk mencegah hal tersebut terjadi pada anak Anda adalah dengan membatasi seberapa lama mereka dapat bermain dengan gadget kesayangannya tersebut.

Dengan menggunakan Google Family Link, Anda sebagai orang tua akan dapat mengunci gadget mereka hingga batasan waktu tertentu. Hal tersebut membuat mereka akan dapat melakukan aktivitas lainnya seperti menghabiskan waktu bersama, belajar, ataupun bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya di luar rumah.

 

 

Lacak keberadaan Anak Anda

Fitur lainnya yang ada pada aplikasi Google Family Link adalah fitur untuk melacak keberadaan anak Anda, tentunya selama nak Anda membawa perangkat smartphone atau tablet bersamanya. Dengan Anda tahu dimana anak Anda berada pada waktu-waktu tertentu, Anda juga akan dapat menebak apa saja yang anak Anda lakukan di lokasi tersebut.

Sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Anda setidaknya dapat melacaknya lewat gadget milik anak-anak Anda. -BB-

 

 

About The Author

Buricak Burinyai 53
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel