5 Pertanyaan ini Dapat Memperlihatkan Sifat atau Pribadi Seseorang

1 Jul 2019 12:25 690 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Baru pertama kali bertemu namun ingin tahu pribadinya? Coba tanyakan 5 pertanyaan berikut ini.

Bertemu seseorang yang baru setiap harinya adalah sebuah pengalaman yang unik bagi kita. Apalagi karena setiap orang itu memiliki pribadi atau personality yang berbeda-beda.

Cocok atau tidaknya seseorang dengan pribadi kita, biasanya kita rasakan setelah mengenalnya selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Namun, bagi sebuah perusahaan yang sedang mencari pegawai yang cocok untuk perusahaannya, tentu proses berbulan-bulan hingga bertahun-tahun tersebut tidak mungkin dilakukan.

Oleh karena itu, ditemukanlah sebuah metode untuk mengenali sifat atau pribadi seseorang hanya lewat 5 pertanyaan berikut ini.

 

 

1. Pertanyaan, “Bagaimana Anda menggambarkan diri Anda?”

Pertanyaan yang satu ini mungkin bisa dibilang terlalu straightforward. Namun, selain maknanya bisa saja “Seperti apa pribadi atau sifat Anda?”, bisa juga makna dari pertanyaan untuk nomor satu ini adalah “Bagaimana orang-orang menilai Anda?”.

Tapi poin pentingnya disini itu bukan makna-makna di atas. Melainkan, bagaimana individu yang kita lempar pertanyaan tersebut menjawab pertanyaan yang sudah kita berikan tadi. Orang yang memiliki sifat pemalu ataupun lembut biasanya menggunakan kata-kata yang merendah, sedangkan orang-orang yang terbuka biasanya menggunakan kata-kata yang memperlihatkan kualitas dari dirinya.

 

 

2. Pertanyaan, “Apa pencapaian tertinggi Anda?”

Menanyakan soal prestasi atau pencapaian dapat memperlihatkan bagian penting dari masa lalu seseorang. Selain itu juga pertanyaan ini dapat memperlihatkan sifat atau pribadi yang dimiliki orang tersebut.

Salah satumnya adalah Anda dapat menemukan dimana minat orang tersebut. Kemudian, dari pertanyaan tersebut juga Anda akan mendapatkan jawaban, apakah seseorang yang Anda berikan pertanyaan tersebut menjawab dengan pencapaian personal, atau pencapaian sebagai seorang professional.

Dengan pertanyaan ini juga, Anda akan dapat mengetahui sifat seseorang dari bagaimana ia mengungkapkan pencapaiannya tersebut.

 

 

3. Pertanyaan, “Apa Anda membaca buku yang bagus belakangan ini?”

Jawaban dari pertanyaan ini pastinya cukup bervariasi. Umumnya, Anda akan menemukan mereka yang memang tidak membaca buku sama sekali. Namun, ada juga mereka yang sebenarnya membaca buku tapi agak ragu untuk mengungkapkannya dikarenakan konten dari buku tersebut yang mungkin tidak begitu menarik bagi khalayak umum. Namun, ada juga yang terpaksa mengucapkan buku-buku pada zaman mereka kuliah atau sekolah.

Namun, ada juga mereka yang memang seorang pembaca. Sifat atau pribadi mereka akan dapat Anda lihat dari buku yang mereka baca. Apakah itu buku soal literatur, soal teknologi, politik, ataupun entertainmen seperti K-Pop.

 

 

4. Pertanyaan, “Apa pekerjaan impian Anda?”

Dengan pertanyaan ini, Anda akan dapat mengetahui pekerjaan apa yang sebenarnya diinginkan oleh orang yang Anda wawancara. Apakah pekerjaan tersebut memang berkorelasi dengan posisi yang memang Anda butuhkan. Ataukah memang tidak sesuai?

Dengan pertanyaan ini pula, Anda akan dapat menemukan sifat seseorang itu orang yang memang suka “menjilat” ataukah memang orang yang benar-benar memang memiliki passion pada jabatan tersebut.

 

 

5. Pertanyaan, “Siapa idola favorit Anda?”

Pertanyaan ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang lebih sedikit spesifik atas orang yang Anda wawancara. Mungkin ada beberapa orang yang menjawabnya dengan idola-idola berupa aktor ataupun penyanyi terkenal.

Selain itu ada juga mereka yang mengagumi anggota keluarganya (biasanya ayah atau ibunya). Dan ada juga mereka yang mengagumi para entrepeneur atau pengusaha sukses.

Disini Anda akan dapat melihat seberapa tinggi tingkat kecerdasan seseorang dari orang yang mereka kagumi begitu pula dengan umur mereka.

 

 

Pertanyaan-pertanyaan di atas tentunya bukan pertanyaan yang bisa sembarangan ditanyakan kepada orang yang baru saja bertemu pertama kalinya. Namun, dalam lingkungan pekerjaan, khususnya ketika Anda disini berposisi sebagai pewawancara, pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa jadi bahan acuan untuk mengetahui sifat atau pribadi orang yang akan Anda wawancara. -BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 53
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel