5 Hal ini Wajib Dilakukan untuk Menjaga Nilai Jual Smartphone Bekas Anda Tetap Tinggi

1 Jul 2019 08:25 611 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Suka gonta-ganti HP? Ingin tetap harga jualnya tinggi? Cek artikel berikut ini!

Mungkin sudah banyak dari Anda yang tahu kalau smartphone setiap tahun pasti muncul model-model baru. Hal itu juga yang menjadi alasan kenapa smartphone Anda harganya anjlok, bahkan sampai turun ke angka kurang dari 50 persen dari harga aslinya.

Namun tidak hanya itu, ternyata alasan turunnya harga smartphone juga dikarenakan keadaan smartphone yang kita miliki itu umumnya sudah tidak enak dipandang dan terasa “lemot” ketika digunakan.

Bagi Anda yang baru saja membeli smartphone baru namun ada niatan ingin menjualnya kembali kedepannya, maka 5 hal berikut ini wajib Anda lakukan untuk menjaga smartphone Anda tetap memiliki nilai jual yang tinggi.

 

 

1. Pastikan Semuanya lengkap dan Orisinil

Dengan keadaan semua kelengkapan mulai dari dus, earphones, charger, kabel data dan case tambahan (jika ada) masih dalam keadaan lengkap, calon pembeli biasanya akan menilai Anda sebagai orang yang “apik” terhadap barang. Sehingga dengan anggapan tersebut, calon pembeli tersebut biasanya tidak akan ragu untuk membeli smartphone bekas Anda.

Apalagi kalau earphones dan case tambahan belum disentuh sama sekali, atau dengan kata lain masih terbungkus rapi. Biasanya hal tersebut menjadi nilai plus bagi Anda.

 

 

2. Lindungi Bodi dan Layar Depan dengan Pelindung Tambahan

Smartphone zaman sekarang, apalagi yang kelas menengah ke atas, umumnya sudah dilindungi dengan layar anti gores. Namun pada kenyataannya, perlindungan tersebut tidaklah mutlak atau absolut. Goresan-goresan halus pastinya akan Anda temukan setelah beberapa bulan penggunaan, apalagi jika sering bermain game ataupun smartphone sering masuk saku. Goresan tersebut muncul biasanya akibat debu-debu halus yang memang tidak terproteksi oleh anti gores zaman sekarang.

Oleh karena itu, perlindungan tambahan seperti screen protector ataupun tempered glass sangatlah disarankan bagi Anda yang ingin tetap menjaga nilai jual smartphone Anda tetap tinggi. Selain menjaga dari goresan-goresan halus, screen protector ataupun tempered glass juga biasanya mampu untuk melindungi layar Anda ketika smartphone Anda jatuh sehingga terhindar dari layar pecah atau retak.

 

 

3. Gunakan Casing

Casing atau bungkus bodi smartphone adalah salah satu aksesoris wajib yang menurut penulis selain dapat mempercantik smartphone, juga dapat melindungi bodi smartphone dari goresan-goresan serta benturan.

Casing yang penulis rekomendasikan sendiri sebetulnya yang bulky atau yang besar-besar. Namun, banyak orang yang kurang suka karena membuat smartphone menjadi terlihat jelek. Solusinya, mungkin gunakan casing transparan yang memiliki ketebalan tipis. Walau tidak begitu melindungi dari benturan, setidaknya jenis case tersebut dapat melindungi smartphone Anda dari goresan-goresan halus.

 

 

4. Jangan Gunakan Smartphone Sambil Mengisi Daya

Salah satu kebiasaan banyak orang Indonesia dalam menggunakan smartphone adalah menggunakan smartphone sambil mengisi daya. Selain dapat membahayakan penggunanya, kebiasaan seperti itu juga ternyata dapat merusak baterai. Baterai yang rusak, selain membuat Anda mau tidak mau mengeluarkan dana tambahan, menyebabkan segel garansi karena habis ganti baterai.

Atau jika tidak ganti baterai pun, harga smartphone tersebut akan anjlok dikarenakan smartphone dengan baterai yang sudah drop membuat calon pembeli enggan untuk membelinya. Sedangkan beberapa calon pembeli biasanya memang mempermasalahkan smartphone yang sudah pernah di servis atau belum.

Mungkin bisa saja kita bilang smartphone tersebut belum diservis. Tapi apa mau Anda berdagang lewat kebohongan? Pasti tidak kan?

 

 

5. Selalu Lakukan Maintenance Rutin

Smartphone yang biasanya tidak terawat, biasanya akan cepat “lemot”. Perawatan berkala seperti pembersihan memori internal dari file atau aplikasi yang tidak digunakan sangatlah wajib dilakukan. Karena jika tidak dilakukan, file dan aplikasi yang tidak terpakai tersebut hanya akan menjadi beban di memori internal smartphone Anda.

Selain itu, factory reset setiap 6 bulan hingga 1 tahun sekali pun menurut penulis adalah hal yang dapat membuat smartphone Anda tetap dapat bekerja dengan prima. Seperti halnya smartphone dalam keadaan baru. Tapi mungkin untuk yang satu ini, orang-orang agak malas melakukannya karena sebagian menganggapnya terlalu ribet.

padahal menurut penulis sendiri langkahnya cukup mudah. Anda tinggal melakukan back up file ke hard disk eskternal ataupun ke MicroSD yang terpasang pada smartphone Anda. Setelah itu, barulah melakukan factory reset.

 

 

5 hal berikut ini wajib Anda lakukan untuk menjaga smartphone Anda tetap memiliki nilai jual yang tinggi. Perlu diketahui, 5 hal di atas itu tetap terpengaruhi oleh waktu. Karena semakin lama sebuah smartphone, tetap saja harganya akan semakin turun dikarenakan lompatan teknologi yang semakin canggih. Tapi setidaknya, apa yang sudah penulis rekomendasikan di atas akan membuat harga smartphone bekas Anda tetap berada di atas harga rata-rata smartphone bekas sejenis pada umumnya. -BB-

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 53
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel