7 Aktivitas Waji Pagi Hari Demi Hari yang Lebih Produktif

21 Jun 2019 07:35 1139 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Hayo, siapa yang setiap harinya melakukan ketujuh aktivitas ini?

Pagi hari adalah sebuah awal dimana sebagian besar orang melakukan aktivitas hariannya. Mengawali pagi hari dengan aktivitas-aktivitas yang positif tentunya akan berpengaruh ke sisa-sisa waktu pada hari tersebut.

Bahkan mengutip seorang psikologis luar negeri bernama Goel, pagi hari itu adalah hari yang sangat penting yang dapat menentukan pola tentang seperti apa hari yang akan kita jalani.

 

Untuk mengawali pagi hari yang berkualitas, di bawah ini adalah 7 hal yang direkomendasikan oleh beberapa psikologis, yaitu Goodwin dan Goel.

 

 

1. Bangun jika sudah waktunya bangun pagi

Kebanyakan orang yang bangun pagi biasanya tidak bisa menahan waktu untuk tidur kembali. Pemikiran seperti “tanggung ah tidur 10 menit lagi” itu biasanya adalah tidur yang kualitasnya rendah. Itu karena tubuh kita tidak istirahat sepenuhnya seperti tidur yang kita jalani biasanya.

Yang lebih bahaya itu jika berpikir mau tidur 10 menit lagi, tapi pada kenyataannya tidurnya malah lebih dari yang diinginkan.

 

 

2. Minum Air Putih

Semalaman kita tidur itu tentunya membuat tubuh kita kekurangan cairan, apalagi jika kita kebelet buang air kecil di malam hari. Dan disini, air putih menjadi satu-satunya jalan untuk merehidrasi tubuh. Selain itu, air putih juga membantu metabolisme kita di pagi hari. Hal tersebut dikarenakan tubuh kita membutuhkan air untuk menjaga fungsi proses pencernaan kita berjalan dengan baik

 

 

3. Berolahraga

Ini mungkin adalah salah satu hal yang paling malas kita lakukan. Apalagi ketika kita masih muda. Jangankan berolahraga, melakukan pemanasan untuk melenturkan tubuh saja pasti malas atau malah tidak pernah terpikirkan di benak kita.

Padahal dengan berolahraga di pagi hari, tubuh kita akan mengeluarkan hormon endorfin, yaitu sebuah zat kimia yang diproduksi oleh tubuh dimana fungsinya sendiri dapat mengurangi rasa sakit yang ada pada tubuh kita serta memicu perasaan positif pada diri kita seperti rasa senang dan bahagia. Selain itu, stress yang kita alami pun akan berkurang dengan berolahraga dikarenakan hormon endorfin tersebut.\

 

 

4. Minum Kopi

Jika fungsi air putih adalah untuk merehidrasi tubuh sehingga kebutuhan cairan tubuh di pagi hari terpenuhi, maka kopi disini memiliki fungsi yang berbeda walaupun sama-sama berupa cairan.

Kandungan kafein pada kopi jika dikonsumsi berlebihan memang dapat mengakibatkan hal yang negatif pada tubuh yang mengkonsumsinya. Namun, meminum kopi dengan kadar secukupnya setiap pagi hari ternyata memberikan keuntungan bagi kesehatan tubuh kita.

Di internet, sudah banyak informasi mengenai keuntungan minum kopi khususnya di pagi hari. Contoh manfaat yang paling banyak ditemukan dari minum kopi di pagi hari adalah membuat orang lebih awas terhadap lingkungannya serta mengurangi rasa grogi yang biasa dialami sebagian orang.

 

 

5. Meditasi

Sekilas, kegiatan bermeditasi di Indonesia masih dianggap sebagai hal yang tidak lumrah, atau bahkan aneh. Padahal dengan bermeditasi, seseorang dapat lebih produktif dalam menjalani harinya. Hal tersebut dikarenakan meditasi membantu kita untuk dapat berpikir lebih efektif dan efisien.

Tidak percaya? Coba lakukan meditasi. Untuk caranya sendiri, di internet banyak metode meditasi yang benar.

 

 

6. Sarapan Pagi

Sumber energi bagi tubuh kita adalah makanan. Jadi sudah jelas bagi kita seberapa pentingnya itu sarapan pagi. Dengan sarapan pagi, energi pada tubuh kita akan terisi, seperti smartphone yang terisi daya baterainya.

Dan sebagai informasi tambahan, proses metabolisme pada tubuh kita itu bekerja lebih baik di pagi hari sehingga sarapan yang banyak pada pagi hari itu lebih efisien membakar kalori dari makanan yang kita konsumsi. Artinya, kita tidak perlu takut gemuk hanya karena sarapan pagi.

 

 

7. Membuat Rencana untuk Hari Tersebut

Ini adalah salah satu hal yang wajib dilakukan untuk membuat hari kita semakin produktif. Apa yang kita rencanakan tentunya tidak perlu sedetil mungkin. Mulailah dari merencanakan aktivitas penting yang akan kita lakukan di hari tersebut.

Contohnya, di pagi hari kita sarapan pagi, dilanjutkan dengan menyiram tanaman dan mengepel rumah. Setelah itu kita menyiapkan perlengkapan pergi ke kantor, termasuk kendaraan yang akan kita gunakan. Kemudian di kantor kita melakukan aktivitas A, B, C. Semuanya harus sudah kita rencanakan di pagi hari. -BB-

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 53
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel