Laptop Asus Pakai Prosessor Ryzen Terbaru? Siapa Takut?!

18 Jun 2019 18:55 23810 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pasti harganya mahal deh...

Di era teknologi yang semakin maju ini, laptop yang biasanya hanya digunakan sebagai pengganti PC untuk melakukan aktivitas-aktivitas ringan sudah mulai beralih fungsi.

Peralihan fungsi tersebut dari yang awalnya hanyalah sebagai sarana untuk mengetik, berbisnis, atau hanya sekedar membuka aplikasi-aplikasi ringan ke sebuah laptop untuk bermain game dirasa penulis menjadi sebuah revolusi besar di dunia gaming.

Kepopuleran laptop gaming mungkin dimulai sejak tahun 2013 lalu. Dimana mulai bermunculan laptop dengan segmen gaming mulai dari Asus dengan RoG-nya, MSI, dan Dell dengan Alienware-nya.

Didominasi oleh chip atau prosessor buatan intel, laptop gaming berkembang hingga bisa seperti sekarang ini. Ditengah dominasi tersebut, AMD sebagai produsen dari prosessor Ryzen juga sudah mulai tergiur dan mulai merilis laptop-laptop kelas menengah ke atas dengan prosessor Ryzen untuk laptop.

Beberapa diantaranya adalah laptop Acer Swift 3 dengan Ryzen 5 2500U dan Ryzen 7 2700U. Kemudian ada juga produk kelas menengah dari asus yang menggunakan Ryzen 5 2500U dan Ryzen R3 2200U. Selain itu, Asus juga mengeluarkan seri laptop kelas premium yang ditenagai Ryzen 7 1700 yaitu Asus ROG Strix GL702ZC.

Tidak berhenti disitu, Asus di tahun 2019 ini juga kabarnya akan merilis dua buah laptop gaming yang ditenagai oleh prosessor Ryzen Mobile 2nd Gen H-Series dengan harga yang pastinya bersaing. Kedua laptop tersebut adalah Asus ROG Zephyrus GA502 dan Asus TUF Gaming FX505.

 

 

Deskripsi dan Spesifikasi Singkat Laptop

1) ROG Zephyrus GA 502

Untuk seri Asus ROG Zephyrus GA502, laptop tersebut akan hadir dengan ditenagai oleh prosessor AMD Ryzen 3750H @2.3GHz dengan max boost clock  4GHz yang kemudian ditopang oleh RAM berkapasitas 8GB dengan kecepatan 2400MHz.

Untuk VGA dari laptop ini sendiri sudah menggunakan VGA dari Nvidia Geforce, yaitu seri GTX 1660Ti dengan boost clock 1435 MHz.

Zaman sekarang ini, sudah tidak zaman yang namanya harddisk. Asus ROG Zephyrus GA502, sekarang ini sudah menggunakan SSD bertipe M.2 NVMe 3.0 yang jika ditanya soal kecepatan write dan read, tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Berhubung ini adalah laptop yang fungsi utamanya adalah untuk bermain game, layar berukuran 15.6 inch dari laptop ini sudah menggunakan layar yang tidak glossy atau biasa disebut dengan layar non-glare dengan resolusi 1920 x 1080 pixels dengan refresh rate mencapain 60 / 120 Hz.

Seperti kebanyakan laptop gaming zaman now, ROG Zephyrus GA502 juga sudah dipersenjatai keyboard anti-ghosting yang memiliki backlight

Tidak lupa Asus juga sudah memasang Windows ori pada laptop ini, sehingga ketika Anda membeli laptop ini, Anda tidak perlu banyak melakukan hal yang biasa dilakukan ketika memiliki laptop baru

 

 

2. Asus TUF Gaming FX505

Mungkin banyak yang sudah tahu kalau Asus TUF Gaming FX505 itu sudah lama dirilis. Tapi sesuai judul artikel ini, laptop TUF Gaming FX505 yang ditulis pada artikel ini adalah laptop yang ditenagai prosessor dari AMD, yaitu seri Ryzen 5 3550H yang ditopang oleh RAM DDR4 berkapasitas 8GB serta HDD sebesar 1GB.

Sama seperti saudara seangkatannya, ASUS TUF Gaming FX505 seri Ryzen ini dipersenjatai VGA Nvidia GeFore GTX1050 GDDR5 dengan Vram sebesar 3GB.

Tidak hanya satu variasi, Asus TUF Gaming FX505 ini juga dirilis dalam variasi lain. Yaitu Asus TUF Gaming FX505 yang sudah ditenagai Ryzen 7 3750H dengan dipersenjatai VGA Nvidia GeForce GTX 1650  dan GTX 1660.

 

Bagaimana? Apa Anda penasaran dengan kedua laptop di atas? Bagi yang penasaran soal harganya harap bersabar ya, soalnya Asus baru akan merilis harganya minggu depan, tepatnya pada tanggal 25 Juni 2019. -BB-

 

 

 

 

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 53
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel