iPhone Terbaru Tahun 2019?

17 Jun 2019 19:05 4422 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Rangkuman rumor dari berbagai narasumber terpercaya.

Kurang lebih tiga bulan lagi mendekati bulan September.

Bagi Anda fans Apple, bulan kesepuluh setiap tahun ini ini selalu menjadi sebuah bulan yang ditunggu-tunggu. Ya apalagi karena bukan kemunculan iPhone dan Apple’s Watch terbaru.

Berbicara soal iPhone terbaru, di bawah ini penulis telah berhasil merangkum berbagai rumor dari berbagai sumber tentang bagaimana iPhone tahun 2019 nanti yang mungkin akan menjadi iPhone XI atau iPhone 11, baik dari desainnya, harganya, hingga perubahan-perubahan dari iPhone generasi sebelumnya.

 

 

Launching & Pricing

Jika tidak ada kendala yang membuat Apple membatalkan event peluncuran iPhone terbaru di bulan September 2019 nanti, maka iPhone terbaru tahun 2019 akan dirilis bulan September 2019 seperti yang sudah-sudah di tahun-tahun sebelumnya.

 

“Apakah ini masih rumor?”

Jawabannya adalah “bukan rumor lagi”; karena menurut berbagai sumber, Apple sudah dipastikan akan merilis iPhone terbaru untuk tahun 2019 ini di bulan September. Sebagai tambahannya, iPhone yang akan dirilis nantinya akan memiliki tiga ukuran layar. Ukuran layar tersebut yaitu, 5.8 inch, 6.1 inch, dan 6.5 inch.

 

“bagaimana dengan harganya iPhone 2019 ini? Apakah lebih mahal daripada iPhone generasi sebelumnya?”

Satu hal yang pasti soal harga ini, kalau tidak setara dengan harga iPhone generasi lama, iPhone generasi terbaru ini akan sedikit lebih mahal. Dan menurut kebanyakan sumber harga iPhone 2019 ini nantinya diprediksi akan sama dengan harga iPhone generasi XS yakni mulai dari harga 999 Dollar Amerika untuk versi 64GB, 1.149 dollar untuk versi 256GB, dan 1.349 dollar untuk versi 512GB.

 

 

Desain & Mesin

Banyak yang berharap perubahan dari segi kamera untuk iPhone tahun 2019. Dan berdasarkan rumor yang beredar, iPhone tahun 2019 ini nantinya akan mengusung triple-lens camera seperti kebanyakan smartphone Android.

Salah satu yang membocorkan gambar soal triple-lens camera tersebut adalah akun jejaring media sosial Twitter bernama “OnLeaks” yang sejak dulu selalu membocorkan berbagai perangkat terbaru Apple pra-rilis.

Ada yang berharap iPhone tahun 2019 ini akan mengeluarkan seri foldable atau smartphone yang bisa dilipat. Namun sayangnya, rumor tentang smartphone lipat iPhone itu sangat sedikit. Apalagi, hampir tidak ada bocoran yang bisa dikatakan “legit” soal iPhone lipat. Walaupun sebelumnya, pihak Apple sendiri sudah pernah mengklaim hak paten soal smartphone fleksibel yang bisa dilipat pada bulan Oktober 2018 kemarin.

Hal lain yang menjadi ciri khas dari iPhone seri X ke atas adalah notch atau cekukan yang berada pada jidat iPhone. Pada tahun 2018 lalu, Apple dikabarkan berhasil menemukan sebuah metode untuk menggabungkan modul kamera dengan modul face recognition sehingga notch atau jidat pada iPhone akan dapat diperkecil lagi dari ukurannya yang sekarang.

Bahkan menurut situs Digital Trends, notch pada iPhone 2019 tidak akan ada lagi, karena Apple sebelumnya sudah pernah mengajukan hak paten soal kamera yang tersembunyi dibalik layar smartphone.

Dari segi spesifikasi mesin, iPhone 2019 ini dikabarkan akan menggunakan chipset terbaru dari Apple yaitu A13 yang sudah mengalami peningkatan secara performa dan juga efisiensi daya baterai.

 

 

Port Lightning? USB-C Anti Air?

Jika Anda mengikuti perkembangan iPhone dari tahun ke tahun, pasti sudah tahu kalau port iPhone generasi sekarang itu sudah water-resistant atau tahan terhadap air dengan ukuran tertentu.

Dan dilansir dari situs The Verge, Apple dikabarkan sudah mendapatkan hak paten soal port yang tertutup rapat dengan cairan yang terbuat dari material yang dapat mencair dan mengeras dengan menggunakan software pada smartphone.

“Tapi apa iPhone 2019 masih menggunakan port Lightning?”

iPad generasi terbaru sekarang ini sudah menggunakan port USB tipe C sebagai port utamanya. Pada iPhone di tahun 2019 pun tidak menutup kemungkinan akan menggunakan port yang sama. Bahkan jika digabungkan dengan hak paten di atas, berarti ada kemungkinan port pada iPhone 2019 nanti akan menggunakan port USB tipe C yang sudah anti air.

 

 

Kesimpulan

iPhone 2019 nanti memiliki kemungkinan akan memiliki nama iPhone XI atau iPhone 11. Hadir dengan tiga ukuran layar, smartphone andalan Apple untuk tahun 2019 ini diprediksi akan memiliki harga setara dengan generasi iPhone XS.

Dari segi desain, perubahan yang paling berarti kemungkinan besar ada pada notch yang akan semakin mengecil (atau bahkan hilang sama sekali), dan kameranya yang katanya akan bertambah menjadi tiga lensa kamera.

Untuk jeroannya sendiri, iPhone 2019 ini akan ditenagai prosessor A13 yang dari segi performa dan efisiensi baterai tentunya akan lebih baik dari seri-seri sebelumnya termasuk A12.

Hal lain yang mungkin berubah adalah port USB dari iPhone yang tidak lagi menggunakan port Lightning dan beralih menggunakan port USB tipe C. Untuk masalah port ini, sepertinya ada 50:50 akan ada penggantian port karena dari segi cost port Lightning jauh lebih murah dibandingkan dengan port USB tipe C. Tapi, dengan menggunakan port USB tipe C, Apple akan banyak mendapatkan kemudahan dalam memproses teknologi iPhone kedepannya.

Bagaimana menurut Anda, seperti apa iPhone tahun 2019 ini nantinya? -BB-

 

 

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 53
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel