7 Makanan Sahur Murah Andalan Anak Kost

15 May 2019 19:05 2193 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menu makanan untuk kaum people kere hore.

Hidup dengan menyewa rumah atau kamar dimana lebih akrab lagi disebut dengan kost, adalah sebuah gaya hidup yang biasanya dijalankan oleh mereka yang merantau baik itu merantau demi meniti karir atau sedang dalam proses mengejar ijazah.

Hidup kost adalah sebuah gaya hidup yang bisa dibilang semuanya serba mandiri, kecuali jika yang kost adalah anak sultan pengusaha batu bara atau anak sultan pejabat. Tapi masa iya anak sultan kost? Beli dong rumahnya!

Aduh, jadi keluar topik…

Balik lagi ke soal kost; di bulan Ramadhan ini, banyak anak kost yang menjalani Ramadhan tentunya jauh dari keluarga. Sehingga dengan uang makan yang biasanya pas-pasan, anak kost harus memilih antara makan enak ketika buka puasa, atau makan enak ketika sahur.

Dan kebanyakan dari teman-teman penulis yang juga merupakan anak kost lebih memilih buka puasa makan enak, dan makan sahurnya “gimana nanti aja”.

Klausa “gimana nanti aja” ini sebenarnya memiliki makna kalau makan sahur itu 99% kemungkinan makan ala kadarnya.

Ingin tahu makanan yang biasa dimakan anak kost “gimana nanti aja” ketika sahur di tahun 2019 ini?

Check this out!

 

 

1. Nasi Goreng

Masakan khas Indonesia yang bisa dibilang GGWP. Karena selain membuatnya tidak membutuhkan banyak bumbu, cara membuatnya pun sangat mudah. Hanya tinggal menggoreng nasi dan telor, kemudian diberi bumbu kecap serta penyedap rasa dan sedikit rempah untuk memperkaya rasa nasi goreng tersebut.

 

 

2. Telur Dadar / Ceplok

Seperti halnya nasi goreng, telur dadar dan telur ceplok sangat mudah dibuat dan memang kaya akan protein yang pastinya bisa membuat anak kost bertahan dari subuh sampai maghrib tiba.

Caranya ya hanya tinggal menggoreng telor di api besar atau api setengah tergantung selera. Sedangkan untuk telor dadar sendiri bisa digoreng gaya biasa atau gaya crispy dimana minyak goreng yang dibutuhkan lebih banyak dari telur dadar pada umumnya.

 

 

3. Sereal

Sereal adalah pilihan lain anak kost yang memang ingin makan sahur murah namun memiliki gaya sedikit kebarat-baratan. Sereal sendiri menurut penulis tidak begitu mengenyangkan. Tapi gizi dan nutrisi dari semangkok sereal itu lebih dari nutrisi dan gizi dari sepiring nasi goreng.

 

 

4. Mie Goreng / Mie Instan

Mendengar frase “anak kost” pasti tidak akan jauh dari yang namanya mie instan ataupun mie goreng. Ya kenapa tidak, mie goreng / mie instan itu kan salah satu menu andalan dan favorit anak kost.

Selain mudah dibuat, harganya pun sangat murah. Selain itu bisa membuat perut kenyang dan bertahan sampai waktu berbuka tiba.

 

 

5. Chicken Nugget

Ayam goreng instan tanpa tulang ini adalah salah satu makanan yang mulai populer di tahun 2005-an (tolong koreksi kalau penulis salah). Makanan ini adalah salah satu menu favorit anak kost yang di rumah kost-nya memiliki kulkas.

Kenapa harus punya kulkas? Ya karena jika tidak dimasukkan ke dalam freezer, nugget akan cepat basi, yang artinya tidak layak makan lagi.

Hitung-hitungan anak kost soal nugget ini beraneka ragam. Ada yang bilang bahwa satu kilo nugget itu jauh lebih murah ketimbang makan mie instan setiap hari. Tapi ada juga yang beranggapan sebaliknya. Kalau itu sih sepertinya balik lagi ke masing-masing anak kost seberapa banyak makan nugget sehari.

 

 

6. Abon

Siapa sih yang gak kenal abon?

Makanan yang biasanya terbuat dari serat daging sapi ini sangat populer di kalangan anak kost. Dengan harganya yang super murah, penyajian abon bisa dibilang yang paling mudah dari makanan anak kost. Dikatakan seperti itu, karena abon biasanya sudah siap makan. Anda tinggal menyiapkan nasi putih saja untuk membuatnya siap santap.

 

7. Nasi Kecap Kerupuk

Menu yang satu ini merupakan yang menurut penulis paling tidak bergizi diantara semua menu yang ada. Tapi dari segi budget, nasi kecap kerupuk ini adalah menu paling murah diantara ketujuh menu yang sudah penulis sebutkan pada artikel ini.

Cara penyajiannya pun sangat mudah. Tinggal tuangkan kecap pada sepiring nasi yang sudah ditaburi kerupuk yang sudah dibubukkan oleh tangan.

 

Gimana nih kawan-kawan anak kost disini atau yang pernah menjadi anak kost, apa ada menu andalan kalian dari ketujuh menu makan sahur anak kost di atas? Kalau tidak ada mungkin bisa membagikan menu favoritnya ketika sahur di kolom komentar. -BB-

About The Author

Buricak Burinyai 50
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel