5 Aksesoris ini Paling Sering Diganti di Motor Matic

13 May 2019 16:05 298 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
5 aksesoris motor matic yang biasa diganti beserta alasannya.

Ada yang tahu apa kendaraan roda dua sejuta umat di zaman sekarang?

Ya, apalagi kalau bukan Motor.

Motor adalah sebuah kendaraan roda dua praktis yang ditenagai oleh mesin berbahan bakar bensin dan sebagian ada yang sudah menggunakan listrik.

Dari sekian banyak jenis motor, trend menggunakan motor pun berubah-ubah. Dari mulai kepopuleran motor bebek hingga sekarang didominasi oleh motor transmisi otomatis atau yang biasa kita sebut dengan motor matic.

Dengan banyaknya motor matic beredar dijalanan, tentunya banyak perusahaan-perusahaan pembuat aksesoris dan barang-barang modifikasi ramai berbondong-bondong memproduksi suku cadang aksesoris untuk motor matic.

Di bawah ini adalah 5 jenis aksesoris yang umum dijadikan pengganti aksesoris orisinil untuk motor matic karena membuat penampilan motor lebih keren serta katanya, meningkatkan performa motor.

 

 

1. Knalpot

Banyak orang berpikir, knalpot bawaan pabrik itu rata-rata terlalu mainstream, suaranya kurang “nendang” atau penampilannya kurang keren.

Dengan alasan-alasan di atas, banyak orang yang lantas membeli knalpot aftermarket.

Beberapa merek yang sudah menjadi kepercayaan para pengguna knalpot aftermarket antara lain:

• Yoshimura

• Racing R9

• AHRS

• Akrapovic

• DBS

Knalpot aftermarket memiliki harga yang lumayan. Tapi ya setidaknya penampilan motor berubah lebih tampat serta memiliki suara yang lebih maknyos. Satu hal yang perlu diperhatikan ketika membeli knalpot adalah desibel dari knalpot yang dibeli. Karena demi keamanan berkendara, dan anti tilang-tilang club, belilah knalpot yang di tingkat kebisingannya di bawah 90db.

 

 

2. Spion

Kaca spion bawaan pabrik adalah kaca spion yang menurut penulis paling aman untuk dipasang di motor matic kesayangan. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa spion bawaan pada motor itu kurang nyaman ketika motor memasuki lingkungan tertentu seperti kemacetan atau jalan sempit.

Kaca spion yang tingginya setinggi mobil-mobil atau lebih panjang dari ujung stang, biasanya menjadi sebuah beban tersendiri bagi pengendara motor dimana biasanya pengendara kesulitan untuk berkendara dengan lebih leluasa.

Ada beberapa jenis spion motor yang dijual di Indonesia, seperti spion dengan kaca cembung yang memiliki range of view lebih luas ketimbang spion kaca biasa. Spion jenis ini biasanya banyak digunakan orang-orang yang tidak ingin menggunakan spion bawaan pabrik.

Kemudian ada juga jenis pig spotter yang lebih banyak dipakai untuk motor sport. Serta yang terakhir yang penulis tahu adalah jenis polarized yang terbuat dari kaca anti silau. Maksudnya, kaca polarized ini akan mengurangi pantulan cahaya sehingga cahaya dari matahari atau dari kendaraan belakang tidak akan begitu menyilaukan pengemudi.

 

 

 

 

3. Mangkok CVT

Bagi pengendara motor matic yang sudah sering ngoprek atau sering riset soal motor matic pasti tahu yang namanya CVT.

Pernah merasakan motor bergetar di tarikan awal sampai ada niat ingin menjual motornya?

Masalah tersebut sangat umum di motor matic. Banyak yang bolak-balik ke bengkel untuk membersihkan CVT demi menghilangkan getaran yang biasanya disebut dengan “gredek” tersebut.

Namun solusi pembersihan tersebut tidak bertahan lama, paling hanya 5-7 hari, pemilik motor matic gredek harus kembali ke tempat servis untuk kembali membersihkan CVT. Masih mending kalau tempat servis dekat dan pembersihannya pun tidak dipungut biaya.

Kalau jauh atau kena biaya 50rb sekali pembersihan bagaimana? Tekor yang ada kakak.

Oleh karena itu banyak cara yang dilakukan hingga akhirnya mendapatkan solusi terbaik yaitu dengan melubangi mangkok CVT. Dengan menggunakan mangkok CVT yang sudah dimodifikasi (dilubangi), kotoran dari kampas yang terdapat pada CVT akan dapat terbuang dari lubang tersebut.

Masalah getaran pada motor matic tersebut ternyata berasal dari mangkok CVT yang tidak memiliki pembuangan sehingga debu bertumpuk di mangkok CVT dan membuat kampas sering slip ketika tarikan awal.

 

 

 

4. Pelindung angin / Windshield

Suka penasaran dulu kalau melihat motor didepannya ada seperti kaca yang setinggi dada orang dewasa. Dalam hati suka bertanya-tanya “itu apa ya?”

Setelah dewasa, penulis akhirnya tahu kalau itu disebut windshield atau dalam bahasa Indonesia disebut pelindung angin. Adalah salah satu aksesoris yang banyak digunakan pada motor besar atau motor sport. Pada matic sendiri windshield ini penulis temukan pada motor Nmax, PCX, Xmax, dan Forza.

Belum tahu ya kalau untuk motor Forza, tapi untuk Nmax, PCX dan Xmax, penulis sudah sering menemukannya di marketplace atau toko suku cadang daerah penulis.

Sesuai dengan namanya, windshield atau pelindung angin memiliki fungsi untuk memecah angin yang datang dari depan sehingga pengendara tidak akan merasa kedinginan dengan tentunya mengurangi resiko terkena masuk angin atau penyakit yang lebih kronis dari itu.

Varian atau jenis dari windshield pun banyak ragamnya. Seperti ukurannya ada yang small (pendek), medium (tinggi sedang) dan high (tinggi). Kemudian ada warnanya yang putih transparan, serta warna smoked black.

 

 

 

5. Roller

Roller adalah salah satu komponen yang terdapat pada CVT. Fungsi dari Roller sendiri adalah penentu dari top speed atau akselerasi motor.

Semakin berat roller yang terpasang, maka semakin tinggi top speed yang dicapai. Biasanya roller berat ini digunakan untuk mereka yang suka touring atau berkendara jarak jauh setiap harinya.

Sedangkan semakin roller yang terpasang, makan semakin cepat akselerasi motor matic. Biasanya roller ringan ini digunakan bagi mereka yang suka tarikan awal enteng sehingga lebih cepat gerak di tengah kemacetan.

Penggunaan roller berat dan ringan tentunya memiliki kekurangan masing-masing. Contohnya jika menggunakan roller yang berat, maka tarikan awal akan berat. Sedangkan jika menggunakan roller ringan, maka top speed yang dicapai tidak akan setinggi yang menggunakan roller berat.

Disini tinggal sesuaikan dengan kebutuhan, butuh tarikan awal ringan? Atau butuh top speed yang tinggi?

Ingat, modifikasi motor itu hak masing-masing. Tapi tolong jangan sampai dengan memodifikasi motor, kawan-kawan melanggar peraturan perundang-undangan atau sampai mengabaikan keselamatan pribadi dan penumpang.

Sebenarnya masih ada lagi seperti Shockbreaker, klakson, dan volt meter. Tapi takutnya artikelnya kepanjangan membuat pembaca terlalu kenyang. -BB-

 

Tags Otomotif

About The Author

Buricak Burinyai 50
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel