Cari Mechanical Keyboard Tahun 2019 Termurah? Rekomendasi ini Perlu Dipertimbangkan Gan!

7 May 2019 14:03 1378 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
5 rekomendasi keyboard mekanikal dengan harga di bawah 500rb rupiah. Ada yang sudah RGB juga loh!

Keyboard adalah salah satu bagian penting dari komputer, yang tanpa perangkat tersebut bisa diibaratkan seperti manusia tanpa mulut.

Bagi seorang penulis yang menulis konten atau karyanya lewat komputer, keyboard, yang juga menjadi salah satu perangkat inti dalam menuangkan ide ke dalam tulisan pun tentunya juga tidak boleh sembarang pilih. Kenapa? Karena ini menyangkut mood dan kenyamanan dalam mengetik.

Oleh karena itu, mereka yang memang butuh kenyamanan dan kecepatan dalam mengetik serta mengatur mood agar tetap positif adalah dengan menggunakan mechanical keyboard.

Selain bagi penulis, bagi mereka para profesional di dunia gaming, keyboard juga sama pentingnya dengan spesifikasi komputer. Clicky atau tidaknya keyboard, jenis tombol dari keyboard, ukuran keyboard, feedback dari tombol ketika ditekan, travel distance dari keyboard ketika ditekan, hingga backlight keyboard yang dari satu warna hingga warna RGB pun adalah beberapa faktor penting yang harus dipertimbangkan sebelum akhirnya membeli keyboard mekanikal.

Di negara China, keyboard dengan tombol membran atau karet standar tidak dipergunakan lagi oleh kebanyakan orang untuk bermain game atau melakukan aktivitas mengetik lainnya. Disana rata-rata sudah menggunakan keyboard mekanikal atau mechanical keyboard. Kebanyakan keyboard dengan membran sendiri diproduksi di China, tapi untuk kemudian di import ke negara-negara luar China.

Bagi kita rakyat negara ber-flower, mechanical keyboard itu masih dianggap sesuatu yang agak sedikit luxury atau mewah. Karena memang harga mechanical keyboard yang "bermerek" itu berada di kisaran 1 juta ke atas. Dan rata-rata kita pasti tidak ingin mengeluarkan uang sebanyak itu hanya untuk membeli sebuah keyboard yang secara umum bisa kita temukan dengan harga di bawah 100 ribu rupiah untuk versi membrannya.

Dengan alasan tersebut, penulis disini ingin sedikit sharing tentang 5 mechanical keyboard berkualitas yang hingga tahun 2019 ini masih dicari dengan harga yang cukup terjangkau, yakni di bawah 500 ribu rupiah.

 

1. Vortex Series RGB

Adalah sebuah keyboard buatan China yang punya garansi resmi 1 tahun di Indonesia. Dengan mengusung nama mechanical keyboard for gaming, keyboard dari Vortex Series ini dipasarkan dengan target gamers enthusiasts.

Meskipun targetnya kebanyakan adalah gamers, Vortex Series juga terbilang sangat cocok untuk Anda yang hobi mengetik dikarenakan banyak pilihan switch-nya mulai dari blue, brown dan red.

Tidak hanya switch keyboard yang tersedia dalam beragam pilihan, vortex series pun memiliki tiga seri dengan masing-masingnya memiliki perbedaan dari ukurannya yakni VX10, VX7 dan VX5. VX10 memiliki ukuran full size atau biasa disebut dengan keyboard dengan numpad, VX7 adalah TKL (Tenkeyless) atau full size minus 10 key. Sedangkan VX5 adalah 61-keys keyboard.

Sebagai informasi tambahan, switch yang digunakan dalam Vortex Series adalah switch Outemu, yaitu jenis switch dengan karakter mirip Cherry MX namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Salah satu kelebihan Vortex Series menurut penulis adalah fitur RGB yang memang jarang ditemukan pada keyboard Mechanical di bawah 500 ribu.

Sampai artikel ini dibuat, harga untuk masing-masing keyboard tersebut berkisar 480-500 ribuan untuk VX10, 430-450 ribuan untuk VX7 dan 350-390 ribuan untuk VX5.

 

 

2. Ajazz AK33

Jika vortex menggunakan switch Outemu yang memiliki karakteristik mirip dengan Cherry MX, maka Ajazz AK33 disini menggunakan switch yang mirip dengan Gateron yang biasa kita lihat juga di seri-seri mechanical keyboard kelas premium.

Berasal juga dari negeri tirai bambu, Ajazz AK33 ini juga merupakan salah satu keyboard di bawah harga 500 ribu yang penulis rekomendasikan untuk menulis atau bermain game.

Satu kekurangan dari keyboard ini adalah varian switch-nya yang hanya tersedia untuk blue switch saja. Sedangkan untuk warna keyboard sendiri ada dua pilihan yaitu hitam dan putih.

Sampai artikel ini dibuat, harga untuk keyboard Ajazz AK33 ini berkisar antara 420 – 450 ribuan saja dengan garansi distributor beragam mulai dari 1 bulan hingga 1 tahun.

 

 

3. Digital Alliance Meca Sport

Adalah sebuah keyboard yang juga merupakan produksi negara tempat Panda umumnya berdomisili. Terkenal dengan build quality yang sangat baik selama belasan tahun di Indonesia, Digital Alliance atau yang biasa disingkat “DA” adalah sebuah brand yang memang cukup berpengaruh di dunia gaming tanah air.

Ikut memasarkan gaming peripheral, salah satu produk dari Digital Alliance yang selalu berhasil memikat hati konsumen adalah mechanical keyboard.

Sukses memasarkan K1 Mecha dan Meca Z, Digital Alliance kemudian menghadirkan keyboard berukuran kecil, atau lebih akuratnya berukuran 60% dari size normal keyboard pada umumnya bernama Meca Sport.

Sama seperti Vortex Series, Meca Sport ini juga menggunakan switch Outemu yang memiliki karakteristik mirip dengan switch Cherry MX.

Tersedia dalam dua varian switch, blue dan red, mechanical keyboard Meca Sport ini siap menemani Anda bermain game ataupun sebagai media penyalur ide karya Anda ke dalam sebuah tulisan.

Hingga artikel ini dibuat, harga keyboard Digital Alliance Meca Sport berada di kisaran 425 hingga 470 ribu rupiah dengan garansi resmi dari Digital Alliance selama satu tahun.

 

 

4. Rexus MX2

Siapa gamer yang tidak kenal Rexus? Mungkin gamer sultan hehehe…

Rexus adalah salah satu perusahaan untuk brand atau merek gaming peripheral terkemuka di Indonesia. Target pasar dari produk Rexus sendiri adalah mereka kaum gamer kere hore yang cenderung ingin memiliki perlengkapan komputer yang menunjukkan identitas penggunanya sebagai gamer. Oleh karena itu, produk dari Rexus dari segi desainnya selalu menonjolkan kesan-kesan gaming yang kental.

Salah satu produk Rexus yang juga merupakan andalannya di kategori mechanical keyboard adalah Rexus MX2. Yaitu sebuah mechanical keyboard blue switch berukuran full size yang memiliki desain khas gaming keyboard.

Hingga saat dibuatnya artikel ini, harga dari keyboard Rexus MX2 ini berada di kisaran 450-470 ribuan.

 

 

5. Red Dragon Kumara RGB TKL

Mechanical Keyboard yang juga made in China. Jika Anda baru mendengar nama keyboard ini. Anda bukan berarti kuper atau kurang main. Akan tetapi memang brand atau merek ini tidak begitu dikenal di Indonesia lantaran masih baru.

Red Dragon Kumara tersedia dalam dua varian yakni red dan blue switch. Dengan switch-nya sendiri menggunakan switch dari Outemu.

Jika Anda adalah orang yang pernah dikecewakan oleh merek-merek di atas sebelumnya, atau Anda adalah orang yang suka mencoba hal-hal baru, mungkin keyboard ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Hingga artikel ini dibuat, harga dari keyboard Red Dragon ini berada di kisaran 480-495 ribuan.

 

Bagi Anda yang masih menggunakan keyboard membran dan baru sekedar minat untuk berganti ke mechanical keyboard, ayo segera ganti, dan rasakan sensasi mengetik yang beda dari biasanya. -BB-

 

About The Author

Buricak Burinyai 50
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel