KSEI ICON! FEB UNUD Hadirkan Semnas SELF XVI 2019

9 Apr 2019 11:26 22430 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

KSEI ICON! FEB UNUD Hadirkan Semnas SELF XVI 2019

Mangupura (Badung) – Kelompok Studi Ekonomi Islam Islamic Economy Society Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (KSEI ICON! FEB UNUD) kembali mengadakan kegiatan akbar tahunan yakni Seminar Nasional Sharia Economy Learning Forum (SELF) XVI pada hari Minggu (07/04/2019) pagi. Kegiatan ini diadakan di Auditorium Widyasabha Universitas Udayana di Jalan Kampus Udayana . Seminar Nasional SELF XVI mengahdirkan pembicara-pembicara Nasional dan lokal yang berkompeten dibidangnya seperti Adhi Warman karim (Founder Bank Syariah), Haji Mardi Soemitro (Founder dan CEO Hawa Gym), serta Bapak Ahmad (Perwakilan Otoritas Jasa Keuangan Bali). Tema yang diangkat dalam Seminar SELF tahun ini adalah ‘Peran Pemuda  dalam Era Digital untuk Mendukung Suistanable Development  Goals 2030”. Peserta Seminar SELF XVI didominasi mahasiswa-mahasiswi dari Universitas Udayana, Universitas Warmadewa, Universitas Mahendradata, STAI Denpasar, dan lembaga ekstra kampus.

Adhi Warman Karim dalam pemaparannya mengatakan bahwa  dengan pesatnya perkembangan tekhnologi seseorang dapat memasarkan barangya tidak lagi harus membuka sebuah toko dan gerai untuk didatangi. Cukup dengan membuka  laptop seseorang dapat berjualan layaknya penjual dan pembeli yang bertatap muka.Sekat-sekat dalam berjualan (Entry to Barrier) menjadi lebih rendah.

“Dengan kemajuan tekhnologi akses antara si kaya dan si miskin dalam memperoleh informasi menjadi setara. Anak saya yang kuliah diluar negeri tanpa harus memiliki toko bisa memasarkan produknya di Indonesia tanpa mengganggu aktifitasnya” ungkapnya.

Sedangkan Haji Mardi Soemitro yang didaulat menjadi pembicara dalam agenda SELF XVI memotivasi dan “membakar” peserta seminar untuk berani berwirausaha.Menurut Haji Mardi Soemitro seseorang yang ingin benar-benar berwirausaha harus siap gagal dan menang.

“Yakin bahwa manajemen Bumi tidak sebanding dengan manajemen langit. Maksudnya adalah jika kita berwirausaha jangan lupakan Tuhan dalam setiap usaha yang kita kejar” tuturnya dihadapan mahasiswa.

Haji Mardi Soemitro juga berbagi pengalaman saat merintis usaha gym yang gini sudah banyak tersebar di Bali dengan omset milyaran. Awalnya Haji Mardi Soemitro hanya memyewa lokasiusaha yang begitu kecil dan ia hanya mampu membayar bulanan. Karena tekun dan yakin akhirnya usahanya kini berkembang semakin pesat.

Bapak Ahmad dari OJK Bali menyampaikan mengenai peran OJK dalam mendukung UKM-UKM yang ada di Indonesia serta  perang teknologi digital dalam mendukung perekonomian di Indonesia.

Selain Semnas SELF, KSEI ICON! FEB UNUD juga mengadakan lomba karya tulis ilmiah SE-Indonesia yang diikuti oleh universitas negeri dan swasta di Indonesia. Untuk Tahun ini Juara umum LKTI diboyong Universitas Brawijaya dari Kota Malang.

Ketua Umum KSEI ICON! FEB UNUD , Angga Dwikayana itemui disela-sela kegiatan Semnas SELF XVI mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan Semnas SELDF adalah bagian dari perjuangan untuk mengenalkan konsep Ekonomi Syariah ke Masyarakat sehingga konsep Ekonomi Syariah bisa lebih dikenal

“Ekonomi Syariah adalah Ekonomi berkeadilan, melalui semnas ini diharapakan masyarakat dan mahasiswa yang belum mengenal Ekonomi Syariah bisa lebih paham bahwa konsep Ekonomi Syariah tidak hanya untuk umat muslim melainkan universal” jelasnya. (HAD)

 

Tags

About The Author

Herdian Armandhani 37
Pena

Herdian Armandhani

Blogger, Citizen Journalist, Traveller

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel