Sisi lain Kehidupan A.Hassan

31 Mar 2019 23:50 1063 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sisi lain kehidupan A Hassan yang tidak semua orang tahu adalah Kebiasaan memanggil setiap orang muda atau tua dengan sebutan Tuan sehingga Ia juga senang dipanggil Tuan.A.Hassan.Sisi lain dari kehidupan A Hassan tak kalah menarik adalah gemar berdebat. Tak sedikit tokoh, ulama yang diajak berdebat baik di forum terbuka maupun media massa. Forum debat ini pula membuat Pemikiran A Hassan identik dengan Persis dan Persis identik dengan A Hassan

     A.Hassan adalah ulama besar asal India  yang kemudian menjadi guru utama Persis.Dibalik itu semua A.Hassan ternyata memiliki sisi lain dari kehidupan pribadinya yang belum banyak diketahui banyak orang selama ini         
       Sisi lain dari kehidupan pribadi A.Hassan tersebut antara lain A.Hassan ternyata pandai dan gemar berdebat.A.Hassan dikenal gemar berdebat dan pemikirannya yang tegas membuat A.Hassan identik dengan Persis .Arena takblig debat yang mengundan ribuan orang adalah arena yang paling disenangi oleh A.Hassan .
     Arena debat bagi A.Hassan adalah dialog terbuka  langsung saling berhadap hadapan membahas masalah tertentu yang terjadi di masyarakat saat itu.Tak sedikit tokoh Islam ,golongan Atheis ,Ahmadiyah ,kaum komunis diajak berdebat dialog terbuka secara langsung .
     Arena debat tersebut juga mampu memunculkan isu-isu yang kontroversial dan meluruskan ajaran Islam yang tidak sesuai al Quran dan Sunnah.Sisi lain dari debat dialog terbuka meski berlangsung sengit dan keras adalah munculnya pemikiran kritis dalam menghancurkan taklid dan kejumudan di kalangan masyarakat.
      Segi kehidupan A.Hassan yang tak kalah menarik adalah saat menjalankan ibadah haji.Suatu ketika  diriwayatkan pada tahun 1956 berkesempatan naik haji bersama Isa Anshary ,E.Abdurrahman ,Tamar Djaya ,Tamim  dan beberapa ulama lainnya .Ketika A.Hassan diriwayatkan sebagaimana dilansir Tamar Djaya dalam bukunya berjudul Riwayat Hidup A.Hassan 1980 menulis surat pernyataan bagi jamaah Persis menyatakan kegagalan hajinya.Dalam surat tersebut A.Hassan mengaku gagal dalam menjalankan ibadah haji.
     Pernyataan ini mengejutkan semua orang dan dimana suatu pengakuan yang jarang dilakukan oleh jamaah lainnya .Dalam pengakuan tersebut A.Hassan menganggap tidak syah ibadah hajinya atau hajinya gagal ,karena tidak melakukan melempar jumroh  di Mina akibat sakit dirawat di rumah sakit  menuaikan ibadah haji.Hal itu dibantah oleh E.Abdurrahman yang mengatakan A.Hassan tetap syah hajinya sebab telah melakukan waqah di Arafah.Semenjak ituA.Hassan pernah menyebut dirinya Haji A.Hassan.
     Sisi lain dari kehidupan A.Hassan yang menarik  adalah kebiasaan A.Hassan memanggil setiap orang dengan sebutan Tuan. A.Hassan adalah sosok tokoh Islam yang sederhana ,meski sudah dikenal masyarakat luas .Ia malah senang memanggil orang  dengan sebutan Tuan .Ia sejak muda terbiasa memanggil seseorang baik muda ,tua maupun lawan ataupun teman atau siapapun Ia selalu memanggilnya dengan sebutan Tuan .
      Kebiasaan A.Hasaan yang memanggil orang dengan sebutan Tuan membuatnya A.Hassan juga lebih senang dipanggil Tuan daripada disebut Bapak ,sehingga Ia terkenal dengan panggilan Tuan Hassan. 

Tags

About The Author

Ningsih 29
Pena

Ningsih

seorang penulis yang lagi belajar menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel