Bakal Jadi Arena MotoGP 2021, Begini Bentuk Detail Sirkuit Mandalika

11 Mar 2019 09:22 775 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
sirkuit Mandalika akan memiliki panjang 4,32 km. Juga nantinya akan ada satu lintasan lurus, yang sepertinya akan menjadi garis start/lurus pada sirkuit Mandalika.

Sudah tahukah kamu bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP? Sejumlah media mainstream dan pihak terkait, sudah mengkonfirmasi kebenaran kabar Indonesia akan menyelenggarakan salah satu seri Moto GP 2021 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Kita harapkan rencana baik ini benar-benar terealisasi. Karena tentunya fans MotoGP di Indonesia ini uda gak sabar melihat Rossi, Marquez dkk mengaspal di Indonesia.

Kabarnya kepastian Indonesia menggelar MotoGP sudah mendekati kenyataan. Karena sudah dikonfirmasi langsung oleh Dorna, penyelenggara balapan Moto GP. Tinggal tunggu realisasinya.

Mandalika, sebuah lokasi wisata unggulan di Nusa Tenggara Barat dipilih menjadi arena. Sirkuit Mandalika disebut-sebut akan menjadi sirkuit Moto GP yang beda dari sirkuit Moto GP yang sudah ada.

Diungkapkan Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M. Mansoer, Sirkuit Mandalika akan didesain menjadi sikuit jalan raya. Sampai saat ini belum ada arena balapan Moto GP yang menggunakan sirkuit jalan raya.

Sesuai informasi yang dihimpun dari Detikcom, sirkuit Mandalika akan memiliki panjang 4,32 km. Juga nantinya akan ada satu lintasan lurus, yang sepertinya akan menjadi garis start/lurus pada sirkuit Mandalika.

Sirkuit akan terdiri dari 18 tikungan. Belum diketahui apakah arah putaran sama dengan jarum jam atau justru berkebalikan. Beberapa sirkuit MotoGP yang arah putarannya berkebalikan dengan jarum jam adalah Austin, Aragon, dan Phillip Island.

Untuk sarana penunjang, area paddock akan memiliki 40 garasi untuk operasional tim balap. Sementara kapasitas grand stand mencapai 93.200 tempat duduk. Itu belum termasuk 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites yang mampu menampung 7.700 penonton.

Sirkuit Mandalika memang akan menjadi sirkuit jalan raya pertama pada balapan MotoGP. Namun untuk Sirkuit jalan raya sendiri sebenarnya sudah ada. Semisal sirkuit jalan raya Marina Bay, Singapura dan Monte Carlo, Monaco.

Kedua Sirkuit tersebut sejauh ini sudah sering dijadikan arena balapan Formula One. Bahkan, Rio Haryanto pernah membalap di Sirkuit Monte Carlo pada ajang Formula One.

Seperti apa perbandingan Sirkuit Mandalika nantinya bila dibandingkan dengan Sirkuit Monte Carlo dan Marina Bay.

Sirkuit Mandalika
Lokasi: Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Panjang: 4,32 km
Tikungan: 18
Permukaan: Aspal
Kapasitas Grand Stand: 93,2 ribu kursi
Biaya: Rp 3,6 triliun (menurut Indonesia Touris Development Corporation)
Dibangun: Oktober 2019
Dipakai untuk MotoGP 2021-2023 (punya opsi diperpanjang)

Marina Bay Street Circuit
Lokasi: Marina Bay, Singapura
Panjang: 5,3 km
Tikungan: 23
Permukaan: Aspal
Biaya pembangunan: 3,3 juta dolar singapura
Kapasitas grand stand: 90 ribu penonton
Dipakai untuk Formula 1 sejak 2008 hingga sekarang.

Dengan begini semoga kita mendapat gambaran awal Sirkuit Mandalika yang akan menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia.

Tags

About The Author

Rianda Prayoga 35
Pena

Rianda Prayoga

Gak banyak bicara, sedikit cuek tapi lumayan ramah

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel