4 Fakta yang Perlu Kamu Tahu Seputar Sirkuit Mandalika, Sirkuit Jalanan Pertama di MotoGP

27 Feb 2019 12:09 1363 Hits 0 Comments
sirkuit Mandalika yang digadang menjadi tuan rumah Moto GP pertama di Indonesia. Simak 4 Fakta yang Harus Kamu Tahu tentang Sirkut Mandalika, Sirkut Jalan Raya Pertama Moto GP

Kabar gembira datang dari dunia olahraga Indonesia. Namun ini bukan tentang prestasi atletnya. Tapi tidak kalah membanggakan kok.

Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah balapan Moto GP pada 2021. Belakangan juga balapan WSBK ikut diselenggarakan di negara kita.

Dorna, sebagai induk dari Moto GP mengumumkan bahwa Indonesia dipercaya menyelenggarakan Moto GP dengan kontrak 3 tahun. Nah, dimanakah tepatnya Marquez dkk mengaspal?

Bukan Sentul, Jakabaring maupun disekitar Jakarta, melainkan di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Kita mungkin jarang mendengar nama Mandalika.

Nah nha nah,, penasarankan dengan sirkuit Mandalika yang digadang menjadi tuan rumah Moto GP pertama di Indonesia. Simak 4 Fakta yang Harus Kamu Tahu tentang Sirkut Mandalika, Sirkut Jalan Raya Pertama Moto GP

Mulai dibangun akhir 2019

Sirkut Mandalika akan mulai dibangun Oktober 2019 nanti. Kontrak dengan penyelenggara MotoGP juga sudah didapat dari Dorna, oleh PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC.

Proses pembangunan jalur sirkuit MotoGP ini mulanya menggunakan kontruksi infrastruktur dasar seperti jalan. Kemudian untuk pengembangan , ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) akan bekerja sama dengan perusahaan asal Prancis, Vinci Contruction Grand Project. Untuk melapisi jalur, fasilitas dan pengembangan kawasan sirkuit.

Dan ditargetkan proses pembangunan Sirkuit Mandalika ini akan selesai sekitar 6 hingga 9 bulan masa pekerjaan.

Sirkuit jalan raya pertama di MotoGP

Sirkuit Mandalika akan dibangun dari nol. Konsepnya menggunakan sirkuit jalan raya. Dimana nantinya setelah balapan selesai, jalur sirkuit berporasi seperti jalan raya.

Hal ini menjadi yang pertama ada di MotoGP. Di Singapura sebenarnya juga ada trek jalan raya dan Monte Carlo, Monaco. Namun bukan sirkut MotoGP, melainkan lintasan Formula 1.

Potensi meningkatkan daya tarik wisata

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika pada dasarnya merupakan lokasi wisata favorit selain didekatnya ada Bali dan Lombok. Nah, disini sudah kebayangkan gimana potensi tempat wisata yang memiliki pemandanga alam yang indah dipadukan dengan event sekelas MotoGP. Inisih seperti sambil berenang, minum air.

Rincian hitungannya, satu hari penyelenggaraan MotoGP sekitar 100 ribu orang yang hadir. Sementara setiap seri balapan MotoGP biasanya berlangsung 4 hari. Hitung sendiri.

Belum lagi potensi kunjungan ke lokasi wisatanya. Sirkuit Mandalika ini memang didesain memanfaatkan keindahan alam Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Sirkuit Mandalika akan menyajikan pemandangan Gunung sekaligus pantai nan indah. Selain itu, akan dibangun resort mewah di sekitar sirkuit untuk menunjang pariwisata, Paramount Lombok Resort & Residence. Targetnya, resort ini sudah bisa mengoperasikan lebih dari 400 kamar. Sebelumnya hotel Royal Pullman dan Royal Tulip juga sudah dibangun di Mandalika.

Membuka lowongan kerja hingga 1.800 loker

Ini yang mungkin paling diharapkan. Namanya juga event internasional yang menyedot perhatian dan meningkatkan kunjungan ratusan ribu orang.

Tentu akan menciptakan banyak lapangan pekerjaan. Digadang akan ada 1.800 pekerja yang dibutuhkan dari bagian perhotelan. Belum lagi sektor lainnya. Dan masyarakat sekitar juga bisa menjual souvenir.

Jadi seperti itu sejumlah hal yang perlu kamu ketahui terkait Sirkuit Mandalika sebagai arena lintasan MotoGP. Mari kita dukung dan doain agar Marquez dkk, semoga Rossi juga kesampaian balapan di Indonesia.

Gambar: Kompas.com/Fitri R

Tags

About The Author

Rianda Prayoga 33
Pena

Rianda Prayoga

Gak banyak bicara, sedikit cuek tapi lumayan ramah

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel