4 Jenis Investasi Yang Aman dan Pas Bagi Pemula

25 Feb 2019 18:49 614 Hits 0 Comments

Demikianlah bentuk-bentuk investasi aman yang bisa kalian pilih. Jangan lupa ingat selalu tujuan awal Anda berinvestasi agar keuntungannya dapat digunakan sesuai rencana awal.

Banyak orang yang masih bingung ketika mereka memiliki dana yang berlebih. Pada akhirnya mereka memilih hanya menyimpan kelebihan dana tersebut di rekening tabungan. Padahal mereka bisa melakukan pilihan lain yang lebih menguntungkan seperti melakukan investasi. Sayangnya, kebanyakan orang enggan menginvestasikan kelebihan dananya karena merasa takut akan mengalami kerugian dan mengalami risiko buruk lainnya. Padahal ada banyak bentuk investasi yang bisa dikatakan aman. Berikut adalah 4 bentuk investasinya:

1. Emas

Investasi emas merupakan yang banyak dipilih mayoritas orang karena harga emas cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. Contohnya, pada awal tahun 2015 harga emas per gramnya dihargai RP474 ribu. Bandingkan dengan sekarang yang harganya sudah mencapai Rp674 ribu.

Selain itu, emas juga sangat cocok bagi kalian yang memiliki dana yang terbatas. Kalian bisa membeli emas dalam bentuk koin atau batangan mulai dari berat 5 gram sampai dengan 25 gram tergantung keinginan kalian. Pembelian emas tentu harus dilakukan di tempat yang terpercaya untuk menghindari risiko penipuan.

Walau cenderung aman, investasi emas juga memiliki risiko yaitu terjadinya pencurian emas. Maka dengan itu, simpanlah emas kalian ditempat yang sangat aman.

2. Obligasi

Obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh suatu perusahaan ataupun pemerintah dan memiliki jangka waktu pelunasan tertentu (jatuh tempo). Singkatnya, ketika kalian membeli obligasi berarti kalian memberi pinjaman kepada pihak penerbit obligasi.

Untuk bisa melakukan investasi di obligasi, tentu harus memiliki dana yang relatif besar. Selain itu, jangka pengembaliannya pun cenderung lebih lama. Tapi jangan khawatir, kalian bisa mendapatkan pendapatan tetap (fixed income) berupa bunga setiap jangka waktu tertentu sesuai dengan skema obligasi dan sampai obligasi jatuh tempo.

Obligasi bisa dikatakan investasi yang aman karena bila penerbit obligasi dilikuidasi (bangkrut) maka pemegang obligasi mendapat hak prioritas terhadap kekayaan penerbit obligasi. Untuk meminimalisasi kerugian, alangkah baiknya kalian memilih obligasi yang memiliki peringkat yang layak minimal BB+. Semakin rendah nilai peringkat maka tingkat risiko semakin besar.

3. Properti

Harga tanah dan bangunan yang cenderung naik setiap tahun, membuat investasi di bidang properti sangat menarik. Tingkat pengembaliannya berkisar 8 – 15 persen per tahun. Ditambah lagi harga properti tidak terlalu terpengaruh dengan kenaikan inflasi. Tentu membuat investasi properti semakin menarik.

Hanya saja, untuk memulai investasi di bidang properti tentu memerlukan dana yang tidak sedikit. Contohnya, harga tanah di daerah Jakarta Pusat mencapai Rp 55 Juta per meter persegi. Belum lagi faktor lain seperti lokasi strategis yang mungkin membuat harga tanah bisa lebih mahal lagi. Selain itu, investasi properti juga merupakan investasi jangka panjang sehingga perlu kesabaran untuk menikmati hasilnya.

4. Reksadana

Investasi reksadana merupakan jenis investasi yang cocok bagi kalian yang masih pemula, modal minim, dan menginginkan keuntungan yang signifikan. Pada dasarnya, reksadana merupakan sekumpulan dana yang dikelola oleh manajer investasi untuk diinvestasikan dalam berbagai instrumen investasi yang tersedia di pasar (bisa berupa saham, obligasi, pasar uang atau efek). Sehingga kalian yang menginvestasikan dananya di reksadana tidak perlu pusing lagi untuk mengelola dana kalian.

Tentu untuk menghindari risiko buruk, kalian harus membeli reksadana di lembaga yang terpercaya dan memiliki izin dari otoritas terkait (dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan). Sehingga bila terjadi suatu hal yang tidak diinginkan hak-hak kalian tetap terlindungi.

Tags

About The Author

Pijar Sulthan Muhammad 10
Pensil

Pijar Sulthan Muhammad

Business Enthusiast and Investment Enthusiast IG: https://www.instagram.com/pijar_sulthan/

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Pijar Sulthan Muhammad