Milenial Smart Nabungnya di Reksa Dana Pasar Uang

24 Jan 2019 13:54 1413 Hits 0 Comments
Smart modern people save the money in mutual fund. Simpan uang yang ada di reksa dana pasar uang.

Milenial yang baru masuk dunia kerja tentu pingin punya simpanan atau tabungan, meski gaji masih UMP. Maklum, baru kerja, gaji tentu masih standar. Meski demikian, pendapatan standar tentu tak boleh jadi penghalang untuk menabung.

Nabung deposito? Bisa saja sih. Akan tetapi, smart modern people save the money in mutual fund.

Kalau milenial mau nabung di deposito, tentu ada ketentuan dan syarat yang berlaku, seperti musti punya dana minimal 8 juta atau di beberapa bank 10 juta. Bisa sih buat milenial, tapi harus nunggu duit terkumpul dulu. Sabar dan ngumpulin dulu sampai banyak.

Selain itu, jangka waktu deposito juga nggak bisa kapan saja alias sudah ditentukan. Deposito memang beda dengan menabung. Menabung bisa ambil kapan saja, sementara deposito ada jangka waktunya. Deposito pun cairnya sesuai jangka waktu yang dipilih. Kalau nekat diambil tidak sesuai jangka waktu yang ditentukan, so pasti bakal kena penalti.

Bunga deposito pun sebenarnya tiering. Kita nabung 10 juta beda bunganya dengan yang 1 M. Plus, potongan pajak 20%. Potongan pajak 20% itu besar lho.

"Misal kita punya duit 10 juta dengan bunga 5% gross per tahun, jadi nettnya per tahun itu 4%. Per bulan bunga yang didapat sekitar 33.000. Ada juga biaya materai 6.000," tegas Business Partnership Manager MNC Asset Management, Frima Nikijuluw.

Nabung deposito harus ada dana besar, sementara gaji kebanyakan milenial masih UMP. Tapi tak perlu khawatir, nabung kini tidak harus langsung besar langsung 8 juta, 10 juta. Hari ini nabung sudah bisa mulai dari berapa pun alias tidak jutaan.

"Misalkan milenial sisihkan uang 1 juta per bulan dari gaji. Tapi 1 juta itu tentu tidak bisa disimpan di deposito. Bisanya di tabungan konvensional, tapi bunga cuma 1 % per tahun, belum dikurangi biaya bulanan."

Yang ada, nominal tabungan makin berkurang. Saldo justru minus. Solusinya, smart modern people save the money in mutual fund. Simpan uang yang ada di reksa dana pasar uang.

Milenial Smart Nabungnya di Reksa Dana Pasar Uang

"MNC Asset Management bergerak di bidang investasi reksa dana. Kita bekerjasama dengan agen penjual, salah satunya IndoPremier dengan produknya yang milenial banget yakni IPOTPAY. Di IPOTPAY ini milenial bisa menabung di reksa dana pasar uang, salah satunya, MNC Dana Lancar."

MNC Dana Lancar adalah produk reksa dana milik MNC Asset Management yang memberikan tingkat pengembalian menarik dengan risiko serendah mungkin, serta tetap mempertahankan nilai modal investasi dan menjaga kestabilan likuiditas.

Berikut ini 3 alasan kenapa milenial sebaiknya nabung di reksa dana pasar uang seperti MNC Dana Lancar di IPOTPAY:

1. Tidak ada jangka waktu. Nggak ada yang namanya dilock-lock. Yang namanya nabung, masuk kapan pun, keluar kapan pun bisa. Silakan. Bebas.

2. Kalau di bank ada bunga, kalau di reksa dana ada return. Return (imbal hasil) di reksa dana harian. Jadi, tidak perlu menunggu sebulan atau 12 bulan kayak deposito. Berbeda dengan bank yang bunganya dibayarkan di akhir bulan, reksa dana pasar uang bisa dinikmati setiap harinya.

3. Bebas biaya. Kalau nabung di reksa dana pasar uang, bunganya optimal. Nggak dipotong ini-itu. Kalau tadi deposito 10 juta per bulannya dapat 33.000, di MNC Dana Lancar returnnya 0,0166% nett dan reksa dananya bukan wajib pajak. Jadi tidak ada potongan lagi. 10 juta x 0,0166 x 30: Rp. 49.800/ bulan. Enaknya, kapan pun bisa diambil dan kapan pun bisa ditarik.

Startnya pun sangat terjangkau yakni Rp. 100.000 tanpa pilih kasih. Mau 100 ribu, 1 juta, 10 juta, 1 M sama returnnya. Milenial pintar nabung uangnya tentu di reksa dana pasar uang di aplikasi tabungan online IPOTPAY dengan cepat, mudah, dan ora susah.

Tags

About The Author

Johanes Sutanto 35
Ordinary

Johanes Sutanto

Pemula
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel