Pengertian VPN fungsi Dan cara kerja

13 Jan 2019 21:30 594 Hits 0 Comments
VPN (virtual private network) adalah suatu program yang dapat merubah IP addres dari ip public menjadi ip private. Dengan menggunakan VPN INI kamu visa membuka Situs yg di blokir.

VPN  atau Virtual Private Network adalah solusi koneksi privat melalui jaringan publik. Dengan  VPN  maka kita dapat membuat jaringan lokal di dalam jaringan atau bisa disebut tunnel.

VPN merupakan koneksi virtual yang merupakan pribadi. Disebut pribadi karena pada jaringan ini merupakan jaringan yang sifatnya pribadi yang tidak semua orang bisa mengaksesnya. VPN menghubungkan PC dengan jaringan publik atau internet namun sifatnya pribadi, karena perlindungan pribadi maka tidak semua orang bisa terkoneksi ke jaringan ini dan mengaksesnya. Disetujui jaringan VPN dapat disetujui lebih aman dibandingkan dengan jaringan publik biasa.
Manfaat VPN  :

  1. Menghubungkan kantor-kantor cabang melalui jaringan publik. Dengan VPN maka perusahaan tidak perlu membangun jaringan sendiri. Cukup terhubung dengan jaringan publik contohnya internet. Saat ini hampir semua kantor perusahaan pasti memiliki akses internet. Dengan demikian dapat dihemat anggaran koneksi untuk cabang-cabang.  
  2. Mobile berfungsi, dengan VPN maka perusahaan dapat terhubung langsung dengan jaringan kantor pribadi. Maka karyawan dapat melakukan pekerjaan yang dapat dilakukan dari depan komputer tanpa harus berada di kantor. Hal ini menjadi solusi kantor virtual di jaman mobilitas tinggi seperti sekarang ini.  
  3. Mengamankan jaringan Anda. Saat ini beberapa vendor seperti Telkom memberikan solusi VPN juga untuk perusahaan-perusahaan. Namun solusi ini masih kurang aman, karena terhubung tidak meminta otentikasi. Terkait jika ada pengguna mengerti tentang VPN yang ditentukan perusahaan tersebut maka ia dapat terhubung ke jaringan perusahaan tetapi harus login. Contohnya pada telkomsel VPN hanya dengan mengganti nama APN pada jaringan penyelesaian maka dia dapat langsung terhubung dengan jarigan dengan nama APN tersebut. Dengan menginstal VPN lagi di jaringan VPN semi publik tersebut maka jaringan akan lebih aman karena sebelum masuk ke jaringan kantor maka pengguna harus membuat terowongan dulu dan masuk ke server VPN baru dapat terhubung dengan jaringan kantor
  4. Mengamankan jaringan nirkabel. Jaringan nirkabel merupakan jaringan publik yang dapat diakses oleh siapa saja yang ada dijangkauan nirkabel tersebut. Meskipun nirkabel juga memiliki perlindungan seperti WEP, WPA, WPA2 namun jarigan nirkabel masih bisa ditembus. Dengan menggunakan VPN maka pengguna yang terhubung ke nirkabel harus membuat terowongan dulu dengan login ke server VPN baru bisa menggunakan sumber daya jaringan seperti akses internet dan sebagainya

Cara Kerja VPN (Virtual Private Network)
Cara kerja VPN dapat dijabarkan melalui gambar di atas dengan penjelasan sebagai berikut:

  1. VPN memerlukan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC. Jadi, kamu harus menggunakan komputer yang telah menggunakan aplikasi VPN server. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan sebuah router seperti Mikro Tik RB 750.
  2. Komputer yang telah terpasang aplikasi VPN Client akan menghubungi Server VPN sebagai awal koneksinya. Setelah itu, VPN Server akan memverifikasi username serta password. Jika berhasil maka VPN Server akan memberikan IP Address baru kepada komputer client dan selanjutnya sebuah koneksi (tunnel) akan terbentuk.
  3. Setelah proses nomor 1 dan 2 selesai, komputer client sudah dapat digunakan untuk mengakses berbagai resources (komputer atau jaringan LAN) yang berada di belakang VPN Server, misalnya saja transfer data, print dokumen, browsing, dan lain sebagainya.
Tags

About The Author

sabdaadjie 8
Kapur Tulis

sabdaadjie

www.cariinkerja.net

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From sabdaadjie