Keuntungan & Kerugian Menggunakan Printer Monokrom

11 Jan 2019 20:33 735 Hits 0 Comments
Artikel ini mengulas beberapa keuntungan dan kerugian dari membeli printer monokrom.

Printer hadir dalam berbagai jenis, ukuran, mekanisme, dan spesifikasi lain yang membuat masing-masing dari setiap model printer menjadi unik. Ada beberapa printer yang dikenal karena mekanismenya, sementara beberapa printer lainnya dinamai sesuai spesifikasiyang dibawanya.  Nah, Satu pertanyaan umum adalah: Apa itu printer monokrom???

Nah anda bisa menemukan informasi mengenai printer tersebut dibawah ini 

Apa itu printer monokrom?

Printer monokrom adalah perangkat printer yang sangat sederhana - Printer jenis ini tidak dapat mencetak dokumen berwarna. Printer inkjet bukan monokrom karena mereka selalu mampu mencetak warna. Sebagian besar printer monokrom memanfaatkan sistem mekanisme Laser dan mekanisme Thermal

Printer monokrom jenis apa yang ada di pasaran saat ini ??

Dua jenis utama printer monokrom yang laris di pasaran adalah printer laser dan printer thermal. Printer laser menggunakan drum dan toner, dan sinar laser digunakan untuk menarik cetakan ke media untuk menghasilkan cetakan. 

Di sisi lain, printer thermal tidak menggunakan tinta, hanya pita. Printer termal menggunakan pemanasan langsung untuk menghasilkan output, dan perangkat ini biasanya digunakan untuk mencetak tanda terima, barcode, label, dan media serupa lainnya.

Apa manfaat dari perangkat ini?

Printer monokrom bagus karena anda tidak perlu membeli tinta berwarna. Untuk printer laser, Anda hanya perlu mengganti toner yang mampu mencetak dalam jumlah yang banyak dan cepat, jadi Anda tidak perlu sering menggantinya. Drumnya juga mungkin perlu diganti sesekali, tetapi perlu beberapa saat sebelum ada kebutuhan untuk melakukannya. 

Untuk printer thermal, tidak ada tinta yang perlu diganti, hanya pita. Dan pita juga memiliki hasil yang sangat banyak sehingga anda tidak harus sering menggantinya.

Manfaat lain dari perangkat ini adalah mereka sangat cepat dalam mencetak dokumen teks monokrom. Dengan demikian, printer ini sangat cocok untuk keperluan kantor, dimana para pegawai harus mencetak dokumen dalam jumlah banyak dan cepat.

Apa kerugian dari perangkat ini?

Kerugian utama dari printer monokrom ini adalah bahwa mereka tidak mampu mencetak dokumen  berwarna sehingga membuat pencetakan menjadi sangat terbatas. Anda hanya dapat mencetak dokumen teks dengan tinta hitam dan tidak ada yang lain. Jika Anda mencoba menggunakan printer ini untuk mencetak gambar, hasilnya akan berkualitas sangat rendah, karena printer ini tidak dirancang untuk pencetakan gambar.

Harga juga dapat dianggap sebagai kerugian karena sebagian besar printer laser harganya lebih mahal daripada printer inkjet, dan printer thermal juga harganya cukup mahal. Namun demikian, untuk tujuan khusus pencetakan, printer ini sangat bagus.

Berapa harga printer monokrom ??

Untuk printer laser berkualitas, harganya sekitar 2 juta hingga puluhan juta rupiah. tergantung pada merek, ukuran, kecepatan, fitur, dan fungsi perangkat. Untuk printer thermal, minimal Rp.500.000 hingga 4 jutaan.. lagi-lagi tergantung fitur yang ditawarkan.

Kesimpulan

Jika Anda hanya perlu mencetak dokumen hitam putih (tanpa warna), maka printer laser monokrom adalah yang terbaik yang harus Anda dapatkan,. 

Kami harap artikel ini dapat menjawab pertanyaan Anda tentang printer monokrom!

Jika anda mencari printer terbaik yang memiliki harga cartridge yang murah, anda bisa click untuk mendapatkan informasinya. Ada beberapa printer yang dapat memenuhi kebutuhan anda mencetak dokumen berkualitas, meski dengan cartridge yang murah.

Tags

About The Author

Permana 12
Pensil

Permana

Seorang yang hobi menulis, hobi otak atik OS android saat waktu luang

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel