Cara Membuat Live Chat di WordPress

10 Jan 2019 14:28 220 Hits 0 Comments
Cara Mengaktifkan Live Chat.

Website korporat, atau situs yang dimiliki oleh perusahaan berskala besar, pada umumnya mempunyai fitur live chat agar dapat berkomunikasi secara langsung dengan para pengunjung atau para pelanggan. Kabar baiknya, fitur tersebut juga bisa Anda pasang dengan sangat mudah pada website WordPress Anda. Pada artikel kali ini saya akan membahas cara untuk membuat live chat pada WordPress dengan menggunakan fitur plugin WP Live Chat Support.

Apa saja yang Anda Perlukan?

Sebelum Anda memulai langkah pada tutorial kali ini pastikan jika Anda:

  • Mempunyai akses ke halaman dashboard WordPress

Cara Mengaktifkan Live Chat di WordPress:

Pada tutorial kali ini saya akan menggunakan plugin WP Live Chat Support yang merupakan salah satu plugin chat wordpress terbaik. Sebenarnya terdapat beberapa pilihan plugin lain untuk mengaktifkan live chat di WordPress. Kami menyarankan menggunakan plugin ini sebab lebih mudah untuk digunakan dan memiliki fitur lengkap.

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu melakukan instalasi dan mengaktifkan plugin WP Live Chat Support. Untuk melakukan instalasi plugin tersebut, silahkan Anda masuk ke halaman dashboard WordPress kemudian pilih opsi menu Plugins > Add New dan ketiklah WP Live Chat Support di kolom pencarian.

Langkah 1: Melakukan Konfigurasi Plugin WP Live Chat Support

Setelah Anda berhasil menginstal plugin WP Live Chat Support, selanjutnya pilihlah menu Live Chat > Settings. Kemudian Anda menuju ke halaman tab General Settings secara langsung.

Sampai di bagian ini Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur chat sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda juga dapat mengaktifkan fitur agar para pengguna harus memasukkan nama dan alamat email sebelum memulai chatting dengan customer service di situs web Anda.

Apabila terdapat pengunjung yang tak ingin melakukan login ke member area website sebelum membuka chat, Anda juga dapat melakukan konfigurasi plugin sehingga mereka tidak perlu lagi memasukkan nama atau email sebelum memulai chatting. Dengan pengaturan tersebut, Anda juga bisa mengaktifkan live chat kepada perangkat mobile, dan merekam alamat IP, serta mengaktifkan notifikasi suara saat ada pesan masuk pada perangkat mereka.

Pada umumnya Secara default plugin ini akan merekam alamat IP. Namun Anda juga bisa menonaktifkannya apabila ingin menjaga privasi para pengguna.

Anda juga bisa menghubungkan fitur live chat ini dengan plugin Google Analytics.

 

Fitur ini hanya bisa berfungsi apabila website Anda telah menginstal Google Analytics. Bagi Anda yang membutuhkan data para pengguna live chat pada website, melakukan integrasi dengan Google Analytics tentu saja akan bermanfaat banyak bagi Anda.

Langkah 2: Mengatur Live Chat Box

Mengenai masalah pengalaman para pengguna, WP Live Chat Support juga mempermudah Anda untuk melakukan perubahan tampilan yang ada. Silahkan Anda pilih opsi menu Live Chat > Settings selanjutnya pilih tab  Chat Box.

Anda juga bisa mengatur letak posisi chat box. Walaupun demikian, kami menyarankan Anda untuk menggunakan letak posisi default yang berada di sebelah kanan bawah. Terdapat juga pilihan untuk membuat pop up otomatis, Anda bisa mengaktifkannya dengan mencentang pada bagian Auto Pop-up.

Apabila Anda ingin terlihat memiliki website yang profesional, Anda juga bisa menunjukkan nama serta avatar yang nantinya dapat terlihat oleh para pengunjung yang melakukan chatting dengan Anda. Hal ini tentu saja bersifat optional, Anda bisa mengaktifkannya apabila ingin mendapatkan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Pada bagian Only show the chat window to users that are logged in bertujuan agar menampilkan chat hanya kepada user yang telah melakukan login.

Kami merekomendasikan Anda agar mengaktifkan fitur chat hanya untuk pengunjung yang telah melakukan login. Sebab jika ada pengunjung yang ingin berkomunikasi melalui live chat, mereka terlebih dahulu harus mendaftar di website Anda.

Usai Anda melakukan konfigurasi pengaturan pada tampilan, Kini selanjutnya Anda akan mengatur warna pada jendela chatbox. Silahkan Anda pilih menu Settings > Styling.

Kini Anda harus menentukan tema warna sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk memerika perubahan yang sudah Anda lakukan, Anda bisa melakukan pengecekan secara langsung dengan mengakses website Anda.

 

Langkah Selanjutnya Bisa Anda Lihat Selengkapnya Di Cara Membuat Live Chat di WordPress.

Tags

About The Author

SSTutorial 17
Pensil

SSTutorial

Just Sharing Artikel

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel