Kuliah Swasta Tak Seburuk Ekspektasi CAMABA

30 Dec 2018 14:40 710 Hits 0 Comments
Menuntut ilmu itu sebenarnya sama saja kalo kamu mau kuliah dimanapun, tinggal diri sendiri yang menentukan kedepannya inginnya gimana . Mau kuliah di negeri yang bergengsi sekalipun kalau niatnya gak buat belajar ya sama saja.

        CAMABA atau Calon Mahasiswa Baru adalah kondisi dimana siswa akan memasuki bangku perkuliahan. Bangku yang menjadi rebutan para pejuang generasi Z. Masa sedang bingung-bingungnya ingin melanjutkan kemana. Kebanyakan memilih untuk melanjutkan di Perguruan tinggi dan sebagian dari mereka tidak berkuliah.Mungkin banyak factor x yang mempengaruhi daya fikir mereka. Keterbatasan biaya menjadi penghambat utama. Kuliah tak semudah yang kamu kira.

          Mereka memilih bekerja untuk membantu meringankan beban orangtua.Tetapi bangsa tidak hanya butuh tenaga,pemikiran mereka akan menjadi salah satu pendorong kemajuan bangsa. Generasi muda berfikirlah untuk kedua kalinya demi bangsa.

           Kuliah swasta atau negeri sebenarnya sama saja. Perbedaannya terletak pada bagaimana orang memandang keduanya. Sesungguhnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara Universitas Negeri atau Universitas Swasta. Hanya berbeda nama, beda status, beda rangking, beda reputasi. Sisanya? Tergantung kualitas anda. Kuliah di swasta tidak kalah saing dengan negeri. Kuliah di swasta juga sama sama terfasilitasi dan akses yang memadahi. Hanya saja, Univesitas Negeri di lingkup pemerintah, Universitas Swasta lingkupnya mandiri. Mungkin, menurut kalian calon mahasiswa baru tidak mau di swasta dengan alasan yang bermacam-macam ada yang gengsi dan biaya mahal. Sebenarnya biaya itu relatif, negeri juga ada yang mahal loh. Swasta juga ada beasiswa hehe.

            Kadang kita terbelenggu dengan pemikiran sendiri dan cara pandang orang lain tentang kuliah swasta. Kita biasanya ikut-ikutan teman sendiri mau kuliah dimana,sebenarnya ini pengalaman pribadi. Dulu waktu SMA juga begitu saking banyaknya Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia saya kebingungan memilih kemana. Semua bagus dan berakreditasi,giliran ketemu Perguruan Tingginya bingung lagi nentukin fakultas sama jurusan. Begini banget ya mau kuliah haha. Kuliah di swasta kamu lebih bisa ngembangin kreatifitas bakat kamu karena disini terfasilitasi dan akses sangat bagus. Banyak bekerjasama dengan pihak asing. Sebaiknya kamu dari sekarang mulai berfikir melanjutkan kemana,apa saja yang bisa didapatkan dan yang bisa kamu berikan kepada Universitasmu nanti. Ubahlah pola fikirmu terhadap swasta, mereka tidak seperti yang kamu fikirkan. Kamu hanya belum tau bagaimana nyamannya disini . Swasta dipandang remeh oleh orang-orang yang belum tau bagaimana enaknya dan terfasilitasinya menuntut ilmu. Swasta lebih mengapresiasi disetiap prestasi yang dicapai dan tidak ada pelanggaran yang tidak diberi sanksi.

About The Author

Ridhaas 9
Kapur Tulis

Ridhaas

Menulis semua

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Ridhaas