4 Prinsip Jadi Istri Pintar Biar Disayang Suami

13 Dec 2018 16:04 2060 Hits 0 Comments
Secara prinsip seorang istri wajib memiliki sikap-sikap yang perlu dikedepankan, yakni transparan (jujur), tidak egois, disiplin dan berpikir jauh ke depan.

Banyak suami pintar mencari duit, tapi hanya sedikit yang memiliki kemampuan pengelolaan keuangan yang baik. Kehadiran istri yang mampu mengelola dan mengatur adalah dambaan banyak suami.

Karena itulah, salah satu ciri para istri yang disayang dan dicintai suami adalah mereka yang memiliki kemampuan mengatur keuangan keluarga dengan baik.

Memang, istri itu tak sekedar sosok pengasuh dan pendidik anak-anak serta urus suami dan rumah, tetapi juga pengelola keuangan keluarga selayak manajer keuangan pada sebuah perusahaan.

Dan lebih dari sekadar manajer keuangan, di dalam keluarga biasanya ia juga memiliki kepekaaan yang tinggi terkait cash flow sehingga lebih teliti dan bertanggung jawab terhadap tugas mengelola keuangan.

Nah, menjadi istri yang pintar dan bijak dalam keuangan itu memang tidak bimsalabim. Proses pembelajaran perlu dilakukan.

Setidaknya ada 5 domain literasi keuangan yang harus dimiliki dan dipelajari oleh seorang istri seperti digagas Remund (2010).

Kelima literasi keuangan tersebut, yaitu pengetahuan tentang konsep keuangan, kemampuan untuk berkomunikasi tentang konsep keuangan, kemampuan untuk mengelola keuangan pribadi, kemampuan dalam membuat keputusan keuangan, dan keyakinan untuk membuat perencanaan keuangan masa depan.

5 domain literasi ini dalam koridor teoritis. Dalam praktek keseharian, secara prinsip seorang istri biar makin disayang suami wajib memiliki soft skill yang perlu dikedepankan, yakni transparan (jujur), tidak egois, disiplin dan berpikir jauh ke depan.

1. Transparan (jujur)
Kejujuran adalah kunci utama dalam mengelola keuangan. Kejujuran memunculkan harmoni rumah tangga. Kejujuran dalam pengeluaran juga akan membuat pengelolaan keuangan menjadi lebih baik.

2. Tidak egois
Egoisme termasuk faktor yang dapat merusak rencana keuangan atau bahkan membahayakan manajemen keuangan rumah tangga. Oleh sebab itu, sebaiknya pasangan suami-istri menentukan target bersama tanpa mengacuhkan kebutuhan pasangan atau anak.

3. Disiplin
Pengelolaan keuangan yang baik biasanya dimulai dengan perencanaan yang baik. Selanjutnya, perencanaan keuangan yang baik memerlukan komitmen disiplin yang tinggi. Ketidakdisiplinan dengan rencana akan menghacurkan rancangan keuangan.

4. Berpikir jauh ke depan
Istri yang baik dan dicintai seluruh anggota keluarga adalah mereka yang mampun berpikir jauh ke depan dalam pengelolaan keuangannya. Karena itu, istri yang baik tentunya wajib mengalokasikan dana yang dimiliki di instrumen investasi. Biasanya, mereka memilih platform yang mudah.

Satu-satunya platform investasi reksa dana online yang mudah dan lengkap bak supermarket saat ini adalah IPOTFUND dari PT Indo Premier Sekuritas. IPOTFUND hadir dengan 37 manajer investasi terpercaya dan 215 reksa dana pilihan. Jumlah ini terlengkap dan terbanyak dibanding milik sekuritas di Indonesia lainnya. Reksa dana menawarkan imbal hasil yang tinggi di atas bunga atau tabungan online biasa.

Tags

About The Author

Johanes Sutanto 40
Ordinary

Johanes Sutanto

Pembelajar dalam menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel