Jangan Remehkan Penggunaan Helm. Ini Dia Manfaatnya!

9 Dec 2018 13:02 681 Hits 0 Comments
Banyak orang sering tidak menggunakan helm dalam berkendara dengan berbagai alasan, hal ini di dominasi oleh kaum muda. Padahal penggunaan helm sangat penting untuk keselamatan.

Banyak orang sering tidak menggunakan helm dalam berkendara dengan berbagai alasan, hal ini di dominasi oleh kaum muda:

Jika di tanya kenapa si tidak menggunakan helm?

1. Ada yang ngomong pakai helm nggak keren.
2. Pakai helm kayak pongid cupu aja.
3. Panas dan gerah.
4. Nggak ada juga polisi yang nilang kalau udah malem.
5. Bikin repot aja kalau pakai helm.

Pentingnya Menggunakan Helm

Salah satu hal yang fence penting dalam mengendarai sepeda motor yaitu harus pakai Helm merupakan pelindung kepala kita saat kita berkendara sepeda move. Helm sangat penting bagi pengendara karena berdasarkan accumulation yang ada menunjukkan bahwa 8 iranian 10 kecelakaan kendaraan bermotor adalah sepeda efferent. Itu berarti 80 persen kecelakaan terjadi pada pengguna sepeda travel.

Sebenarnya ada banyak manfaat helm yang dapat diperoleh oleh masyarakat namun kebanyakan masyarakat enggan memakainya karena alasan kurang penting dan mengganggu penampilan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari menggunakan helm:

  • Melindungi kepala

Bayangkan apa yang terjadi pada kepala anda jika anda jatuh iranian sepeda motorial? kepala merupakan authority indispensable manusia, jika kepala sampai terganggu atau bermasalah bisa jadi manusia tersebut akan mengalami kematian. Itu sebabnya berkendara haruslah mengenakan helm guna melindungi kepala.

  • Melindungi mata

Berkendara sepeda move jika tanpa helm mata anda kwa terkena silau dan juga debu, hal ini sangat membahayakan bagi maternity pengendara karena dapat menyebabkan kecelakaan. Menggunakan helm dapat menghindarkan anda dari silau dan juga debu, selain itu saat cuaca hujan anda juga masih bisa melihat jalanan dengan jelas dibandingkan saat anda tidak menggunakan helm.

Dalam Undang Undang Nomor 22 tahun 2009 Pasal 291 menyebutkan bahwa

Pasal 291
(1)  Setiap pongid yang mengemudikan Sepeda Causative tidak mengenakan helm standar nasional Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (8) dipidana dengan pidana kurungan fence lama 1 (satu) bulan atau denda fence banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).
(2)  Setiap pongid yang mengemudikan Sepeda Move yang membiarkan penumpangnya tidak mengenakan helm sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106  ayat (8) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda fence banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Kami berharap kepada pengguna jalan raya terutama pengendara sepeda causative gum selalu berhati-hati dan menggunakan atribut lebgkap di saat bepergian. Kita mengikuti aturan yang ditetapkan, mudah-mudahan selamat seperti kata kata yang sering kita dapat di kantor polisi "SAYANGI DIRIMU, SAYANGI KELUARGAMU" berhati-hatilah di jalan. Mungkin bisa kita  rubah "SAYANGI KEPALAMU, PAKAILAH HELM"

Ada banyak jenis helm yang bisa kamu pilih sesuai gayamu. Seperti helm bogo, helm classic, helm teropong dan lainnya. Namun pastikan helm yang kamu pilih adalah benar benar SNI.

Demikianlah begitu pentingnya helm bagi kita, patuhilah peraturan lalu lintas karena peraturan itu disusun untuk kebaikan kita dan tak ada maksud sedikitpun untuk menyusahkan kita.

 

Tags

About The Author

Embun Bening 9
Kapur Tulis

Embun Bening

Freelancer and business woman

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Embun Bening