Ada di “Kuadran Kiri atau Kuadran Kanan” itu Sama Saja

7 Dec 2018 10:02 270 Hits 0 Comments
“Jika ingin menjadi sukses maka jangan terus berada di kuadran kiri tapi berpindahlah ke kuadran kanan”, ini sebuah kalimat yang saya baca di sebuah grup whatsapp yang secara tiba-tiba meng-invite saya masuk ke dalamnya. Saya coba baca-baca postingan dari akun yang sebagai admin di grup whatsapp itu, semuanya banyak menggunakan istilah kuadran kiri dan kuadran kanan.

“Jika ingin menjadi sukses maka jangan terus berada di kuadran kiri tapi berpindahlah ke kuadran kanan”, ini sebuah kalimat yang saya baca di sebuah grup whatsapp yang secara tiba-tiba meng-invite saya masuk ke dalamnya. Saya coba baca-baca postingan dari akun yang sebagai admin di grup whatsapp itu, semuanya banyak menggunakan istilah kuadran kiri dan kuadran kanan.

sumber-kekayaan

Dijelaskan bahwa kuadran kiri adalah menukar waktu dengan uang, bekerja dari pagi sampai sore dan semua yang digambarkan negatif saja. Lalu diberi penjelasan bahwa jika kuadran kanan itu  berbeda karena tidak perlu bekerja dari pagi sampai sore. Dibuat ada dua kubu yaitu kuadran kiri dan kuadran kanan padahal itu semua sama.

Saya tahu dari mana istilah kuadran kiri dan kuadran kanan itu muncul, yaitu dari cashflow quadrant yang ada dibuku nya robert kiyosaki. Digambarkan seperti gambar dibawah ini, bahwa bagian kuadran kiri adalah Employee dan Self Employee (Karyawan dan Profesional), sedangkan di kuadran kanan adalah Business Owner dan Investor (Pemilik Bisnis dan Investor). Dari keempat bidang itu sesungguhnya tidak ada yang jelek, tidak ada yang lebih bagus. Semua sama. Yang membuat seseorang itu sukses dan bisa menikmati hidup bukan karena ada di kuadran kiri atau kuadran kanan, tapi tergantung Pikirannya.

Siapa bilang bahwa karyawan tidak bisa kaya?siapa bilang profesional tidak bisa kaya ?. Banyak kan yang statusnya karyawan tapi bisa hidup nyaman juga, para profesional juga sangat banyak yang rezekinya bagus. Dan disisi kanan juga tidak semua pemilik bisnis hidupnya untung, tidak semua investor jadi kaya. Banyak juga pemilik bisnis dan investor yang bangkrut. Betul?. Saya sangat gemesss saja ketika ada tulisan-tulisan, perkataan2 yang seolah-olah menggambarkan perbedaan antara kuadran kiri dan kuadran kanan. Sebaiknya yang suka menulis dan membahas kuadran kiri dan kanan itu membaca dulu buku 10 Keajaiban Pikiran ya.

Kuadran kiri digambarkan susah, jelek sedangkan kuadran kanan digambarkan senang dan baik. Padahal mau anda ada dikuadran kiri atau kuadran kanan jika pikiran anda memang tidak mau kaya maka ya tetap saja miskin.

Dikelas AMC, saya bertemu banyak orang dari berbagai latar belakang. Ada yang seorang buruh, ada yang seorang karyawan, ada yang manager, ada yang dokter, pengacara, pemilik bisnis (dari semua kuadran). Dan ketika mengisi kuis bakat kaya terlihat bahwa ada yang memang suka uang, ada yang tidak suka dengan uang. Yang memang suka uang maka hidupnya sudah bagus meskipun karyawan. Ada yang pemilik bisnis tapi hidupnya tidak nyaman karena memang tidak suka dengan uang.

kelas reguler amc bandung 2018

Nah, berarti salah besar jika membuat kesimpulan bahwa jika ingin hidup sukses harus berpindah dari kuadran kiri ke kuadran kanan sesuai gambar cashflow quadrant itu. Saya ingin memberikan sebuah pencerahan bahwa tidak usah memusingkan anda dikuadran kiri atau kanan karena itu percuma saja, saya mencontohkan di diri saya. Saat ini masih sebagai karyawan dengan reputasi bagus di salah satu perusahaan telekomunikasi, saya juga dosen rajin di perguruan tinggi surabaya, saya juga konsultan IT. saya juga sebagai pakar pikiran memberikan kelas AMC kepada banyak orang. Saya juga investor di bisnis pengepulan kertas bekas dan batako, saya pemilik dari majalah sugesti (www.kekuatansugesti.com). Apakah saya hanya ada dikuadran kiri atau kanan saja? Tidak. Karena saya memang tidak memikirkan kuadran2 itu.

Baca ini juga : Tahun baru tidak perlu ganti Bisnis, Tapi Hal Ini yang Perlu Diganti

Jadi buat anda yang sekarang sudah terlanjur terkontaminasi virus kuadran kiri dan kuadran kanan itu, sebaiknya abaikan saja. Buang pemahaman itu, karena justru itu yang mengkotak kehidupan anda dan membatasi aliran rejeki anda sendiri. Meskipun anda saat ini sebagai karyawan, maka anda tetap bisa hidup sukses dan bebas waktu jika memang Pikiran anda mendukung itu. Saya sudah membuktikan itu.

Silahkan bagikan artikel ini ke ke teman-teman lainnya ya

Tags

About The Author

Pakar Sugesti 23
Pensil

Pakar Sugesti

Pakar Sugesti di www.kekuatansugesti.com

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel