Kenapa harus belajar bahasa arab?

7 Dec 2018 13:30 275 Hits 0 Comments
mempelajari bahasa arab sangatlah penting bagi orang islam hususnya karena alquran berbahasa arab jadi mau tidak mau kita harus bisa berbahasa arab.

Kenapa harus belajar bahasa arab?

Sebagai seorang muslim bahasa arab tidak bisa terlepas dalam kehidupan kita sehari hari, misalnya seperti sholat dan membaca alquran, jadi belajar bahasa arab sangatlah penting, berikut alasan kenapa harus belajar bahasa arab

  1. Keutamaan bahasa arab

Keutamaan bahasa Arab sangatlah jelas karena bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur’an Al-Karim. Cukup alasan inilah yang jadi alasan paling besar kenapa kita harus mempelajari bahasa Arab. Keistimewaan bahasa Arab disebutkan dalam Al-Qur’an lebih dari sepuluh ayat, 

“Sesungguhnya telah Kami buatkan bagi manusia dalam Al Quran ini setiap macam perumpamaan supaya mereka dapat pelajaran. (Ialah) Al Quran dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.” (QS. Az-Zumar: 27-28)

 

  1. Mempermudah mempelajari alquran dan hadist

Dengan mempelajari bahasa Arab maka akan lebih mudah dalam menghafalkan, memahami, mengajarkan dan mengamalkan isi Al-Qur’an. Dan Dengan modal bahasa Arab akan mudah pula dalam memahami hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, menghafalkan, menjelaskan serta mengamalkannya.

 

  1. Lebih paham terhadap agama

Orang yang paham bahasa Arab, terutama dalam kaedah-kaedah ilmu nahwu dan shorrof akan semakin mudah memahami Islam daripada yang tidak mempelajarinya sama sekali. Apalagi jika tugas seseorang sebagai da`i, kyai atau ustadz, tentu lebih urgent lagi mempelajari bahasa arab agar mudah memberikan pemahaman agama yang benar kepada orang banyak

 

  1. Mempermudah mempelajari ilmu karangan ulama` terdahulu

Orang yang paham bahasa Arab akan mudah menggali ilmu dari ulama secara langsung atau membaca berbagai karangan ulama yang sudah banyak tersebar hingga saat ini. Sedangkan orang yang tidak paham bahasa Arab hanya bisa mengandalkan kitab terjemahan dan itu sifatnya terbatas.

 

  1. Bahasa yang lembut

Bahasa Arab merupakan bahasa yang lembut dan lebih mengenakkan hati, serta menentramkan jiwa.

Ibnu Katsir saat menjelaskan surat Yusuf ayat kedua menyatakan,

“Karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, paling jelas, paling luas (kosakatanya), dan paling banyak mengandung makna yang menentramkan jiwa.”

  1. Bahasa Arab adalah bahasa yang paling mulia.

Ibnu Katsir rahimahullah juga menyatakan,

“Karena Al-Qur’an adalah kitab yang paling mulia, diturunkan dengan bahasa yang paling mulia, diajarkan pada Rasul yang paling mulia, disampaikan oleh malaikat yang paling mulia, diturunkan di tempat yang paling mulia di muka bumi, diturunkan pula di bulan yang mulia yaitu bulan Ramadhan. Dari berbagai sisi itu, kita bisa menilai bagaimanakah mulianya kitab suci Al-Qur’an.”

Oleh karena itu Allah nyatakan tentang bahasa Arab,

“Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.” (QS. Yusuf: 2)

 

  1. Bahasa yang paling mudah untuk dipahami

Bahasa Arab merupakan bahasa yang lurus, mudah dipahami dan mudah digunakan sebagai hukum bagi manusia.

Allah menyatakan sendiri yang artinya

“(Ialah) Al-Qur’an dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.” (QS. Az-Zumar: 28)

Dalam ayat lain disebutkan,

 

“Dan sesungguhnya Al Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril), ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan, dengan bahasa Arab yang jelas.” (QS. Asy-Syu’ara: 192-195). Sebagaimana disebutkan dalam Zaad Al-Masiir karya Ibnul Jauzi, Al-Qur’an diturunkan dengan bahasa Arab yaitu bahasanya orang Quraisy yang setiap orang mudah memahaminya.

Juga dalam ayat lain disebutkan,

“Dan demikianlah, Kami telah menurunkan Al Quran itu sebagai peraturan (yang benar) dalam bahasa Arab.” (QS. Ar-Ra’du: 37). Disebutkan dalam Tafsir Al-Jalalain, bahasa Arab digunakan sebagai hukum di tengah-tengah manusia. Dalam Zaad Al-Masiir disebutkan bahwa bahasa Arab bisa digunakan untuk menerangkan hukum-hukum yang wajib.

 

 

 

 

Tags

About The Author

mulyadi hidayat 13
Pensil

mulyadi hidayat

jaga badan jaga alam

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel