Cara Migrasi Joomla ke WordPress

6 Dec 2018 17:54 183 Hits 0 Comments
Cara Migrasi Joomla ke WordPress

Joomla adalah sebuah platform yang powerful. Sayangnya, sebagian besar orang lebih menyukai WordPress untuk mengonlinekan proyek mereka sebab platform ini menawarkan kemudahan dan fleksibilitas dalam layanannya. Masalahnya, Apabila Anda sudah terlebih dulu mengonlinekan website pada suatu platform dan ingin memindahkannya menuju WordPress, proses pemindahan atau migrasi tersebut tentu saja sedikit membingungkan. Karena itulah, Dengan tutorial ini, kami akan mencoba membantu Anda untuk memindahkan website milik Anda, terutama migrasi dari Joomla ke WordPress.

Mengapa Anda Ingin Migrasi Joomla ke WordPress?

Kita semua tahu jika Joomla adalah salah satu CMS yang terbaik. Platfrom ini juga menyediakan opsi Optimasi Mesin Pencari (SEO) bawaan, sistem keamanan yang cukup canggih, dan berbagai fitur lainnya. Namun, Migrasi dari satu platform ke platform lain bukanlah sebuah alasan tentang memilih CMS mana yang lebih bagus ketimbang CMS lainnya, tapi ini lebih ditujukan kepada kebutuhan website Anda.

WordPress adalah CMS yang paling banyak digunakan oleh sejumlah pengguna ketimbang CMS lainnya. Platform ini juga menawarkan beberapa fitur dan keunggulan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan Joomla. Misalnya:

  • WordPress lebih mudah dipahami oleh pemula. Tentu Anda memerlukan waktu lebih ketika membuat dan mengembangkan website yang dikarenakan oleh kemampuan dan pengetahuan soal CMS dan website belum profesional. Karena itulah, untuk pemula, disarankan menggunakan WordPress ketimbang Joomla.
  • Memiliki banyak kesempatan untuk kostumisasi website. Tersedia juga berbagai plugin dan tema untuk user WordPress ketika menggunakannya. Apa pun tipenya, website Anda dapat dimaksimalkan dengan beberapa tool-tool tersebut.
  • Komunitas WordPress yang sangat besar. Dengan jumlah pengguna yang cukup banyak, maka itu berarti Anda berada pada tempat yang tepat sebab terdapat komunitas yang cukup besar. Jika nantinya terdapat masalah mengenai WordPress, jangan khawatir sebab Anda dapat menemukan berbagai panduan dan tutorial untuk mengatasi permasalahannya.

Sejauh ini, WordPress adalah sebuah CMS terbaik, terlebih apabila Anda belum memiliki pengalaman di bidang web development. Dengan CMS ini, Anda dapat membuat sebuah website yang menarik, profesional serta kaya dengan berbagai fitur canggih tanpa harus berkutat dengan bermacam-macam kode pemograman. Bahkan misalnya Anda sudah cukup mahir dalam pengembangan web, Anda masih bisa memaksimalkan WordPress untuk menjadikan website miliki Anda semakin handal dan cepat. Jadi, tak ada alasan untuk tidak menggunakan layanan WordPress.

Anggap saja Anda sudah cukup berkenalan tentang WordPress sehingga kami tak perlu lagi menjelaskannya lebih lanjut, misalnya kenapa Anda harus memakai WordPress dan lain sebagainya. Kini saatnya untuk Anda belajar mengenai migrasi Joomla ke WordPress.

Yang Anda Perlukan Untuk Migrasi Joomla Ke WordPress

Sebelum anda memulai proses migrasi, sebaiknya Anda mempersiapkan ketiga hal ini:

  1. Web hosting yang mendukung website milik Anda. Jika sampai saat ini Anda belum menemukan web hosting yang layak atau Anda masih merasa ragu untuk memakai web host yang mana, tak ada salahnya Anda untuk melihat-lihat paket hosting yang ditawarkan beberapa penyedia layanan hosting. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda.
  2. Instalasi dan setup WordPress dengan cukup mudah. Jika Anda tak tahu cara menginstall WordPress, maka Anda bisa mencari artikel mengenai penginstalan WordPress.
  3. Akses ke domain yang saat ini digunakan pada website Joomla. Usai Anda memindahkan website, maka langkah selanjutnya yaitu update domain sehingga dapat diarahkan ke WordPress secara langsung.

Perlu Anda ketahui jika pemilihan web host yang tepat merupakan sebuah kunci bagus atau tidaknya performa website milik Anda. Biasanya, beberapa pengguna akan memilih web hosting yang menawarkan harga cukup murah,performa terbaik, dan terdapat fitur-fitur WordPress.

Langkah Proses Migrasi Dapat Anda Lihat Selanjutnya Di Cara Migrasi Joomla ke WordPress

Tags

About The Author

SSTutorial 12
Pensil

SSTutorial

Just Sharing Artikel

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel